Saya Suka Berkebun : Kebun Kecil di Pekarangan Rumah

in STEEM INDONESIA2 years ago

Assalamualaikum wr. wb.

Halo Steemians Komunitas Steem Indonesia....

Bagaimana kabarnya hari...? Mudah-mudahan sehat selalu ya...

20221026_163244_0000.png

Jika ada yang bertanya Apakah anda suka berkebun...? Jawabannya tentu saya suka. Terlahir dari seorang petani membuat saya banyak menghabiskan waktu kecil di kebun. Mama sering membawa saya ke kebun-kebun tetangga saat saya masih kecil. Baik di saat mencangkul tanah maupun di saat panen. Walaupun bukan kebun sendiri, saya selalu membantu mama dan tetangga menanam, merawat dan memanen di kebun. Karena dulu mata pencarian utama penduduk di desa saya tinggal yaitu di sektor pertanian. Keterbatasan waktu dan lahan membuat saya harus meninggalkan pekerjaan ini dalam waktu yang lama.

IMG20221026074513.jpg
Kebun kecilku di pekarangan rumah

Setahun terakhir ini saya berusaha memulai kembali menanam sesuatu di pekarangan rumah yang saya tempati. Walaupun pekarangan rumah agak sempit, saya berusaha memaksimalkan penggunaan lahan tersebut. Saya menanam beberapa tanaman palawija dan tanaman yang bisa di gunakan untuk memasak. Seperti cabai rawit, cabai merah, seledri, bawang merah, kunyit, serai, koja pandan, terong dan lain-lain.

Untuk bawang merah baru beberapa minggu yang lalu saya tanam. Bibitnya saya ambil di dalam belanjaan istri di awal bulan kemarin. Saat pulang belanja, istri saya membawa pulang bawang merah yang sudah memiliki tunas. Saya langsung mengambilnya dan menanam di salah satu polibag kosong yang ada di kebun Kecilku. Dan juga kemarin saat kegiatan perkemahan Pramuka saya menemukan bawang bombai yang di bawa oleh adik-adik Pramuka. Bawang tersebut sudah tumbuh sekitar 10 cm. Saya mengambil dan membawa pulang untuk saya tanam.

Hari ini saya hanya merapikan (merawat) beberapa tanaman saja. Seperti merapikan daun serai yang mulai berantakan kembali. Padahal belum sampai seminggu lalu saya merapikannya. Untuk serai ini, saya hanya membersihkan bagian bawah(peureude) dan memangkas daun di bagian atasnya yang mulia memanjang kembali.

IMG20221026074327.jpg
Saat merapikan daun serai

Saat ingin merapikan pot tanaman seledri, saya tidak sengaja mencabut tunasnya. Ketika saya amati lebih lanjut, ternyata ada beberapa tunas yang mulai mengelilingi batang seledri tersebut. Saya langsung memindahkan beberapa tunas seledri tersebut ke dalam pot yang lainnya. Agar tanaman seledri ini bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

IMG20221026074851.jpg
Memindahkan tunas seledri ke dalam pot lain

Terakhir saya merapikan tanaman pandan, namun saat mau memotong bagian-bagian yang tidak di perlukan, ternyata di bawahnya juga terdapat beberapa tunas muda yang baru tumbuh. Ini membuat saya kaget. Perasaan pandan ini baru saya tenam saat awal-awal menyewakan rumah ini. Itu pun yang saya tanam tersebut merupakan tunas yang sangat kecil. Harapan hidup saat itu hanya 30 % saja. Namun Alhamdulillah sekarang bisa tumbuh begitu lebat. Mengingat pekarangan rumah yang begitu sempit dan tunas pandan yang tumbuh lumayan banyak, saya tidak jadi memindahkan tunas pandan tersebut.

IMG20221026075310.jpg
Tanaman pandan yang sudah memiliki tunas di bawahnya

Untuk hasilnya saya sudah melakukan beberapa kali panen. Seperti terong ungu dan tomat yang sempat kami nikmati beberapa bulan yang lalu. Namun sekarang kedua tanaman tersebut sudah mati. Selain itu, istri saya juga sering mengambil beberapa di antaranya untuk bumbu masak (hampir setiap hari). Seperti seledri, cabai rawit, serai, daun kari (Koja) dan pandan merupakan tanaman favorit istri saya saat masak.

IMG20221026075114.jpg
IMG20221026075019.jpg
Cabai rawit dan cabai keriting yang sudah bisa dimanfaatkan untuk keperluan dapur

Pada umumnya tanaman yang saya tanam tersebut bermanfaat sebagai kebutuhan dapur. Terutama sebagai pelengkap bumbu-bumbu masak. Seperti cabai merah, cabai merah, terong, tomat, pandan dan salam koja. Namun selain untuk memasak, ada beberapa tanaman yang saya tanam tersebut bermanfaat untuk kebugaran tubuh, seperti serai dan kunyit. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa serai mengandung manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satunya seperti dilansir di halaman Klikdokter, yaitu serai dapat memelihara daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena di dalam serai terdapat antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Begitu juga dengan kunyit. Salah satu manfaat dari kunyit yaitu mengatasi gangguan saluran pencernaan (Alodokter).

IMG20221026090944.jpg
Tanaman kunyit yang sangat bermanfaat kesehatan
IMG20221026075341.jpg
Tanaman serai yang sudah saya rapikan daunnya
IMG20221026075133.jpg
Saat merawat kebun Kecilku di pekarangan rumah

Sekian ulasan saya tentang perkebunan kecilan yang saya giatkan di pekarangan rumah. Semoga bermanfaat bagi Steemians yang telah membacanya. Saya mengajak @teukuipul87, @dederanggayoni dan @sailawana untuk ikut berpartisipasi dalam kontes Contest Growyourown.

Terima kasih kepada senior kami bg @sofian88 selaku penggagas kontes ini. Dan terima kasih juga kepada senior-senior yang selalu menebarkan kebaikan di dunia Steemit: @ridwant, @heriadi @afrizalbinalka, @harferri, @radjasalman, @alee75, @moer @waterjoe, @muzack1, @anroja, dan lain-lain.

Garuda di dadaku: Salam dari hatiku

@sabarman

Myself
Facebook
Instagram

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 2 years ago 

Terima kasih pak @sabarman telah berpartisipasi dalam kontes yang diselenggarakan di komunitas Steem Indonesia. Sukses selalu!

Tim Komunitas Steem Indonesia mengucapkan terima kasih kepada semua pelanggan dan pengguna platform yang telah mendukung Pertumbuhan Steem dan Platform dengan memilih @pennsif.witnees sebagai saksi.
IMG_20221023_152307.jpg.

 2 years ago 

Sama-sama, pak @ridwant.

TEAM 3 CURATORS

Congratulations!
This post has been upvoted through steemcurator06.
We support quality posts anywhere and any tags.
Curated by : @harferri

 2 years ago 

Terimakasih sudah berpartisipasi dalam [Contest Growyourown] Apakah anda suka berkebun?

Kami mengapresiasi setiap usaha pengguna dalam menciptakan konten berkualitas dan semoga beruntung...

TEAM MILLIONAIRE

Your post has been successfully curated by @irawandedy at 50%.

Thank you for your committed efforts, we urge you to do more and keep posting high quality contests for a chance to earn valuable upvotes from our team of curators and why not be selected for an additional upvote in the weekly list of Top Contests.

 2 years ago (edited)

You're welcome

Terima kasih juga atas dukungannya.

 2 years ago 

rindang sekali pekarangan rumah abg :)

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 67633.57
ETH 2605.69
USDT 1.00
SBD 2.71