Apakah, Koin STEEM Adalah Koin Investasi Masa Depan? Mari Kita Ulas Lebih Jauh!

in STEEM INDONESIA11 months ago

1000124973.png

Edit with Canva

Salah satu hal yang saya suka dari komunitas Steemit adalah dengan adanya penyelenggaraan kontes yang berkelanjutan.

Pada kontes kali ini saya menyempatkan diri untuk mengikuti kontes yang di selenggarakan pada komunitas @steem.indonesia, mengingat tema kontes yang di usung sangat sesuai dengan niche blog yang saya post selalu pada platform Steemit. Yaitu Blockchain dan Cryptocurrency.

Saya juga mengajak teman-teman saya @bukutaqin @abialfatih @fantvwiki @ikwal dan pak @zainalbakri untuk berpartisipasi dan juga mencurahkan ide-ide mereka pada kontes kali ini.

Apa Itu Steem? Mari Mengenal Steem Lebih Dekat.

1000124974.png

Edit with Canva

Steem adalah native token yang berjalan pada blockchain yang bernama Steem Blockchain. Blokchain ini unik, karena yang pertama kali mengusung konsensus Delegate Proof of Stake.

Jika teman-teman sadari validator di blockchain Steem tidak terlalu banyak, dikarenakan adanya konsensus ini. Dan para validator benar-benar di pilih karena kontribusi positifnya terhadap komunitas.

Berapakah Jumlah Supply Token Steem?

Jika melansir dari data CoinMarketCap total total token Steem secara keseluruhan adalah tak terbatas.

1000124976.jpg

screenshot from coinmarketcap

Namun, ini bukan menjadikan masalah krusial karena komunitas Steemit setuju untuk melakukan burning reward sebesar 25% dari setiap reward yang mereka terima.

Selain itu, dengan mekanisme DPOS atau Delegate Proof of Stake, menjadikan setiap penarikan token Steem ke market bisa di kontrol dengan durasi 25% dari total saldo perminggu nya.

Sejauh ini, cara paling baik digunakan untuk mengontrol supply token Steem di market sehingga tidak terlalu fluktuatif, dan metode ini juga banyak di adopsi oleh blockchain DPOS lainnya, seperti Cosmos.

Bagaimana Sirkulasi Steem Token di Cetak?

Karena supply yang tidak terbatas, maka setiap token Steem dihasilkan dari aktifitas di platform Steemit selain itu juga di hasilkan dari block reward oleh witness.

Namun, supply Steem dicetak dari delegasi vote pada setiap postingan pengguna Steemit. Semakin besar voting power yang dimiliki, maka semakin besar pula jumlah token yang akan di berikan kepada pengguna lainnya dalam memberikan suara pada suatu postingan.

Mekanisme ini juga di tiru oleh, platform berbasi DAO yang memilih pemungutan suara berdasarkan jumlah voting terbesar. Namun mereka tidak mencetak token, hanya pengaplikasian untuk mekanisme pemungutan suara saja.

Apakah Token Steem Layak di Jadikan Aset Investasi Jangka Panjang?

Jika berbicara mengenai aset investasi dalam jangka panjang, tentu saja banyak parameter yang di gunakan.

Untuk kali ini saya akan membahas parameter sederhana yang saya gunakan.

Sudah Melewati Fase Bullrun dan Bear Market

1000124917.jpg

screenshot rentang waktu token steem

Jika dilihat dari durasi waktu dari gambar diatas, maka bisa disimpulkan bahwa token Steem sudah melewati yang namanya fase bull market dan bear market.

Sampai saat ini token Steem juga masih di perdagangkan di salah satu bursa crypto terbesar di dunia Binance. Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa token ini masih mendapatkan kepercayaan dari publik crypto secara luas.

Adanya Integrasi Dengan Project Blockchain Lain

1000124983.png

Edit with Canva

Tentu saja kita sebagai Steemians tahu bahwa Steem blockchain terintegrasi dengan salah satu blockchain populer yaitu Tron. Hal ini menunjukkan bahwa project blockchain ini terus berkembang secara organik.

Parameter ini menjadi penting, mengigat setiap blockchain punya keunikan dan cirikhas masing-masing. Apalagi sebuah blockchain yang bekerja sama satu sama lain, kedepannya diharapkan akan menghasilkan improvement yang baik kepada kedua belah pihak.

Harga Cenderung Tidak Fluktuatif

Bagi saya ini penting, mengingat aset crypto sangat amat rawan dijadikan aset investasi apabila memiliki fluktuasi harga yang tinggi.

Hal ini bisa menjadi suatu masalah, yaitu menyebabkan sebagaian investor merugi, apabila tidak terlalu faham dengan yang namanya Value Investing .

Saya melihat token Steem masih cukup baik di harga sekarang, tidak terlalu under value maupun high value.

1000124939.jpg

harga token steem pada analisa mingguan saya

Jika kita menggunakan metode analisa teknikal maka, dapat dilihat dari gambar diatas bahwa harga token Steem berada pada area level penting dan juga harga yang wajar untuk saat ini.

Maka, saya pribadi memilih untuk mengakumulasinya apabila mempunyai uang lebih yang saya alokasikan untuk investasi pada portofolio saya.

Karena sisi teknikal saya melihat juga ada peluang bagus dari pergerakan harga token Steem.

Apakah Saya Menyimpan Token Steem di Market Crypto?

Untuk saat ini saya belum memiliki token Steem di market crypto yang saya gunakan.

Hal ini di pengaruhi oleh beberapa faktor.

Saya Hanya Trader Derivatif Market

Sebagai soerang trader derivatif market, saya cenderung memegang stable token seperti USDT.

Karena saya hal tersebut, portofolio saya tidak memiliki token native selain USDT saja.

Namun, saya percaya pada token Steem dan keberlangsungan ekosistemnya. Dan saya sudah berkomitmen untuk menyimpan token ini pada Steem Wallet saja.

Bagaimana Dengan Proyeksi Harga Steem 5 Tahun Kedepan?

Jujur, bagi saya pribadi untuk membahas jangka panjang adalah hal yang sulit dan parameter yang di gunakan juga sangat rasional.

Banyak paramater ekonomi konvensional yang digunakan, seperti kestabilan ekonomi negara di seluruh dunia, tingkat konsumtif masyarakat dan juga sentimen positif lainnya yang memiliki durasi jangka panjang.

Maka dari itu saya tidak bisa meramal untuk peningkatan harga yang signifikan untuk jangka durasi 5 tahun kedepan.

Namun berkaca pada bull market 3 tahun lalu saya bisa memproyeksikan.

1000124953.jpg

pergerakan 750% pada bull market 3 tahun lalu

Jika melihat pergerakan 2,5 tahun lalu token Steem meroket hingga 750%. Maka, saya bisa berasumsi apabila ada sentimen positif secara keseluruhan.

Maka harga token Steem bisa kembali lagi ke harga 1,5$ atau bisa grow hingga 1000% di kisaran 2$ yang mana merupakan angka sikologis.

Dan saya rasa hal itu bisa saja terjadi dalam 5 tahun kedepan dengan berbagai sentimen positif dan juga berkembangnya ekosistem Steem menjadi lebih besar kembali.

Apalagi mengingat token steem masuk dalam top 300-200 token dalam kapitalisasi dalam trafik Coin MarketCap.

Sekian ulasan saya untuk partisipasi pada contest kali ini semoga menjadi insight bagi kita semua.

baner steemit.png

If you are interested in the world of cryptocurrency and blockchain in general, you can follow my account.

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 11 months ago 

Makasih analisanya. Bukan opini asal bicara sih ini. Tapi beneran analisa 😍

Jadi minder mau ikut haha.

Sukses buat kontesnya!

 11 months ago 

Wah pujiannya ngadi ngadi ini bro kim 😅

Bisa saja saya salah juga

Semangat bro kim, ikutan saja sama-sama kita belajar dari perspektif masing-masing anggota komunitas steemit 🤗

 11 months ago 

Ulasan yang sangat bagus mengenai pergerakan harga steem, semoga saja harga steem bisa terus meroket hingga $2 agar kita semua bisa bahagia bang😁😁😁

 11 months ago 

😅

Semoga saja sesuai harapan kita bersama.

Tapi setidaknya ada harapan di platform steemit untuk waktu mendatang melihat dari fundamentalnya.

Selebihnya Wallahu'alam. 😁

 11 months ago 

Hehe🚀🚀🚀🚀

 11 months ago 

Menarik melihat ulasan seperti ini, bukan kaleng kaleng bahasanya.. Sukses terus bang gitshock.trading, memberikan informasi yang dapat menambah wawasan saya sebagai pembaca.

 11 months ago 

Terimakasih bng telah membaca dan memberikan ulasan positifnya 😅

Saya hanya berbagi sepengetahuan saya saja bang, semoga saja sesuai dengan proyeksi yg kita harapkan dan bisa bermanfaat untuk semua 🤗

 11 months ago 

Jujur, sangat bermanfaat untuk referensi saya secara pribadi.

 11 months ago 

Terimakasih bang feedback positifnya

Semoga kita semua bisa memberikan hal positif terus di platform steemit ini 🤗

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 62274.69
ETH 3366.73
USDT 1.00
SBD 2.43