Tradisi Menyambut Idul Fitri Di Kota Saya

in STEEM INDONESIAlast year (edited)

png_20230414_022833_0000.png

~ Assalamu'alaikum 🙋‍♂️ ~

Berjumpa kembali dengan saya dihalaman komunitas Steem Indonesia yang kita banggakan.
Dan pada kesempatan ini dengan penuh kegembiraan - saya ingin menuliskan sepucuk cerita tentang tradisi penyambutan lebaran Idul Fitri ditempat atau kota saya.

Pengantar :

Idul Fitri adalah lebaran yang begitu dinanti-nantikan oleh umat Islam sedunia - setelah melewati perjalanan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh, maka dimalam lebaranlah mereka akan merasakan kemenangannya dari peribadatannya sebulan.

Sebab demikian, maka sangat pantas dan wajarnya umat Islam memeriahkan satu malam yang sudah dinantikan dan ini hanya terjadi sekali dalam setahun.

Alangkah bahagianya umat Islam saat hendak menyambut hari lebaran Idul Fitri, dan kiranya mereka telah mempersiapkan berbagai bentuk upaya untuk menyambut lebaran Idul Fitri yang begitu indah.

Lalu, berbicara tentang persiapan penyambutan Idul Fitri ini tentu saja sangat tergantung atau terbatasi pada adat istiadat masing-masing daerah. Upaya-upaya yang dilakukan untuk memeriahkan penyambutan lebaran Idul Fitri dengan cara yang berbeda-beda.

Dan untuk kota saya serta seputaran daerah tempat tinggal saya akan melaksanakannya dengan cara sebagai berikut. 👇

20230414_141941_0000.png
Editing By Canva

Tradisi Pertama

Tradisi unik dan menarik pada saat menyambut lebaran Idul Fitri di kota saya yaitu dengan mengadakan kegiatan takbiran bersama dimesjid atau dibalai desa - disetiap masing-masing desa.
Hal ini terus dikomandankan berawal pada saat setelah shalat maghrib hingga keesokan harinya setelah pelaksanaan ibadah shalat 'Aid sekitar pukul 08:00 pagi hari.

Jadi ini merupakan sebuah upaya memeriahkan penyambutan lebaran Idul Fitri dan sekaligus ini merupakan sebuah bentuk ibadah yang disunnahkan dalam agama Islam, dan merupakan suatu ibadah yang sangat besar fahalanya untuk siapa saja umat Islam yang melaksanakannya dengan hati yang tulus serta gembira.

20230414_142258_0000.png
Editing By Canva

Tradisi Kedua

Selanjutnya kami memiliki sebuah tradisi yang sangat meriah untuk penyambutan lebaran Idul Fitri yaitu dengan melakukan kegiatan Pawai Takbiran hingga mengelilingi setiap desa yang berada dikota saya.

Kegiatan pawai ini sudah dibentuk pada tahun 2002 oleh tim ikatan pelajar pesantren (IPPES) kecamatan Syamtalira Aron - Aceh Utara.

IPPES adalah sebuah organisasi yang terdiri dari semua anak-anak pesantren dalam kecamatan kami, maka tim inilah yang bergerah untuk melaksanakan kegiatan meriah ini dan hal ini hanya dilakukan sekali dalam satu tahun - hanya dilebaran Idul Fitri.

Kegiatan pawai takbiran ini disertakan oleh peserta yang begitu ramai dengan menggunakan mobil-mobil yang sudah dihiasi dengan berbagai bentuk perhiasan secara Islami, dilengkapi dengan beduk serta alat pengeras suara, dan juga dipersiapkan para anak-anak yang memiliki suara bagus untuk melantunkan takbiran disetiap masing-masing mobil.

Kegiatan ini terus diikuti oleh kebanyakan warga dan serta dipandu oleh pihak keamanan negara (POLISI) hingga selesainya kegiatan.

20230414_142542_0000.png
Editing By Canva

Alasan

Sebuah alasan tentang mengapa tradisi tersebut merupakan sesuatu yang menarik bagi saya serta penduduk kota saya dihari Idul Fitri adalah :

  • Lantaran Idul Fitri adalah lebaran yang dinantikan oleh setiap individu umat Islam.
  • Takbiran merupakan suatu ibadah yang mendapat fahala berlimpah.
  • Lantunan takbiran pasti akan menggetarkan hati umat manusia.
  • Lantaran kegiatan pawai dilakukan dengan sangat formal yang dilengkapi dengan berbagai upaya perhiasan demi menimbulkan bentuk kemeriahan.
  • Lantunan takbir yang dilakukan saat aksi pawai adalah secara serentak serta diiringi oleh masyarakat lainnya yang juga turut menyaksikan momen setahun sekali ini.

Sebenarnya ada begitu banyak alasan yang menjadikan sebab tradisi tersebut dapat memberikan kemeriahan bagi kami saat hendak menyambut lebaran Idul Fitri.

Alasan-alasan tersebut pasti dirasakan oleh hati nurani setiap umat Islam dikota saya dan hal tersebut tidak mampu saya ungkapkan semuanya dalam konteks tulisan postingan ini.

Saya rasa bahwa siapa saja yang melihat serta turut menyaksikan kegiatan takbiran dan pawai takbiran ini - pasti hatinya merasakan kegembiraan yang luar bisa dengan tanpa mengetahui landasan apa hingga hatinya bergetar.
Tetapi ketahuilah bahwa : Begitulah rahasi Allah yang membuat hati manusia tersentuh saat mendengar suara takbiran dan serta saat mengikuti kegiatan pawai takbiran.

Begitulah kiranya kegembiraan yang dirasakan oleh hati umat Islam setiap mereka mendengar suara-suara takbiran tersebut dan hal ini saya rasa tidak terkecuali dengan hati manusia yang keras pasti dapat menjadi luluh.

*****

png_20230220_012812_0000.png

Demikian yang dapat saya kupas dipostingan ini sebagai bentuk keterlibatan saya sebagai peserta kontes yang diselenggarakan oleh Mr. @ridwant

Terima kasih khususnya kepada Mr. @ridwant atas kontes betopik menarik yang diselenggarakan. Dan terima kasih juga kepada semua teman-teman yang membaca postingan sederhana ini.

Cc : @afrizalbinalka @ridwant @steem.indonesia

Saya ingin mengundang teman: @mahyulmaulana @izzatulmaula @shiftitamanna @jannatmou @aril.hatake agar bisa bergabung dikompetisi meriah ini.

klik Disini Menuju Kontes

Best Regards


Author ✍🏻

@elrazi
Aceh - Indonesia

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 last year 

Thank you @steem.history

 last year 

Terima kasih teman sudah meluangkan waktu untuk mengundang saya mengikuti kontes yang bagus ini. Insha Allah Saya akan berpartisipasi di kontes bagus ini. Sukses teman untuk kontes nya.☺️🙏

 last year 

Terima kasih @izzatulmaula

Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 60944.89
ETH 2608.11
USDT 1.00
SBD 2.67