"Makna Rumah Untukmu: Rasa Aman"steemCreated with Sketch.

in STEEM INDONESIAlast year
Hai semuanya!

Berikut ini adalah artikel partisipasi saya pada kontes yang diadakan @afrizalbinalka. Terima kasih telah mengangkat tema kontes yang hebat ini. Sehingga saya bia lebih menghargai rumah dan seisinya yang saya tempati saat ini.

Saya juga berterima kasih pada @ratubarat karena telah mengundang saya untuk bergabung di kontes ini. Senang rasanya bisa menghadiri undangannya langsung. Bisa ikut berpartisipasi dan meramaikan seperti yang lainnya.

Menurutmu, apa makna rumah?

pexels-pixabay-259593.jpg

Source: Pexels


Bagi saya makna rumah adalah tempat yang memberikan rasa aman. Karena tidak semua tempat mampu memberikan rasa aman. Ada tempat lain yang membuat saya merasa takut. Ada tempat lainnya lagi yang bahkan membahayakan hidup saya. Akan tetapi rumah mampu membuat diri saya merasa aman ketika berada di sana.

Rasa aman yang saya maksud terdiri dari dua aspek yang mendasari. Pertama adalah aspek fisik, atau yang saya sebut dengan keamanan fisik. Dengan berada di rumah, maka saya akan merasa aman karena terhindar dari gangguan-gangguan seperti berikut:

  1. Gangguan alam. Kehujanan, kepanasan, kedinginan, polusi, ancaman digigit ular, dan lain sebagainya.
  2. Gangguan tindakan kejahatan. Preman liar yang mencoba memeras uang, penjahat yang mengancam nyawa, hingga kejahatan an yang disebabkan manusia.

Dengan berada di rumah, maka gangguan dari aspek fisik tersebut akan tereduksi secara drastis. Bahkan ancaman-ancaman yang mengganggu itu hampir hilang sepenuhnya.

Keamanan kedua datang dari aspek psikologis, atau yang saya sebut dengan keamanan emosi. Dengan berada di rumah, maka saya bisa mendapatkan ketenangan batin sehingga memberikan peluang bagi saya untuk menjadi orang yang lebih baik. Karena ketika di rumah saya akan mendapatkan:

  1. Kasih sayang keluarga.
  2. Kepedulian antar tetangga.
  3. Pendidikan informal.

Apa yang membuat Anda merasa nyaman dengan rumah Anda, Jelaskan?

pexels-emre-can-acer-2079249.jpg

Source: Pexels


Setidaknya ada tiga hal yang membuat saya merasa nyaman berada di rumah. pertama adalah bangunan fisiknya, kedua adalah keberadaan anggota keluarga lainnya. Ketiga adalah keberadaan tetangga.

  1. Bangunan fisik akan memberikan kenyamanan. Baik itu instalasi ruangan yang mengatur arah udara bergerak sehingga ruangan yang saya pakai cukup nyaman. Keberadaan atau posisi furniture yang menunjang aktivitas saya lebih nyaman. Juga hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan fisik atau barang.

  2. Keluarga sangat penting bagi kenyamanan saya. Karena keluarga adalah orang-orang yang mendukung saya sepenuh hati. Bahkan berkali-kali keluarga akan mengorbankan kepentingannya agar saya bisa mencapai tujuan.

  3. Tetangga juga menjadi faktor yang membuat saya nyaman. Keberadaan mereka yang dekat dengan rumah juga memiliki dampak yang kuat. Misalnya ketika saya membutuhkan pinjaman kendaraan, mereka akan membantu. Ketika saya memiliki salah, mereka akan mengingatkan. Dan lain sebagainya.



Tuliskan kata bijak tentang rumah Anda, yang mengingatkan mu makna Rumah Untukmu?

pexels-pixabay-210553.jpg

Source: Pexels


Rumah adalah tempat terbaik di dunia ini yang akan membuat kita merasa aman. Selama berada di rumah, maka kita tidak pernah takut lagi. Bahkan rumah juga menjadi tempat yang akan melindungi kita dari gangguan-gangguan alam hingga kejahatan manusia.

Selama berada di rumah, ada banyak orang yang dengan senang hati mendukung kita untuk mencapai tujuan. Mereka akan senang ketika kita senang. Mereka juga akan sedih ketika kita mendapatkan kesedihan. Mereka akan menolong apabila kita butuh pertolongan. Dengan berada di rumah maka kita akan merasa aman.

Rumah memang terlihat hanya seperti bangunan fisik saja. Namun isinya bukan hanya furnitur yang membuat kita bisa duduk nyaman tanpa kehujanan. Karena lebih dari itu, rumah juga akan memberikan rasa aman pada jiwa dan batin kita.


Saya juga mengundang @ahmadrosyid, @fatoni, dan @hidayattaufik untuk mengikutinya kontes ini dengan mengunjungi artikel ketentuan di sini: Contest Part II: "Makna Rumah Untukmu" | "The Meaning of Home for You". Barangkali tema yang diangkat sesuai dengan tema yang kamu sukai.

Sort:  

Thank you, friend!
I'm @steem.history, who is steem witness.
Thank you for witnessvoting for me.
image.png
please click it!
image.png
(Go to https://steemit.com/~witnesses and type fbslo at the bottom of the page)

The weight is reduced because of the lack of Voting Power. If you vote for me as a witness, you can get my little vote.

 last year 

Selamat datang di halaman komunitas Steem Indonesia:@bukutaqin

Terima kasih sudah berpartisipasi dalam kontes kami yang anda uraikan dengan baik dari poin di atas. sukses untuk Anda.

Team verification results :
Post informationStatus
Verified UserYES
Tag #steemexlusiveYES
Plagiarism - FreeYES
Bot - FreeYES
Steem Indonesia 10% (Opsional)
Support #burnsteem25
Club Status#club100
Voting CSI15.8 ( 0.00 % self, 95 upvotes, 75 accounts, last 7d )
Discord Dereksi Steem Indonesia
afrizalbinalka#8136

Kind regards,
TIM STEEM INDONESIA

png_20230225_075727_0000.png

support @pennsif.witness
Klik disini

 last year 

Terima kasih atas kerja kerasnya menyelenggarakan kontes dan kurasinya 👍👍

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 68228.72
ETH 3279.36
USDT 1.00
SBD 2.67