The Diary Game [Jum'at, 09 Februari 2024: Hari Jum'at dengan Kesibukannya]

in STEEM INDONESIA6 months ago

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam hangat Steemian semua
Hari Jum'at tanggal 9 Februari yang teramat sibuk. Rutinitas pagi hari yang diawali dengan kegiatan mencuci pakaian kotor. Rutinitas yang menyenangkan untuk dijalani di pagi hari. Aktivitas yang menciptakan kebersihan di hari Jum'at haruslah dinikmati. Kegiatan mencuci pakaian tergolong lama dilakukan karena pakaian kotor yang menumpuk. Apalagi yang paling banyak berupa sarung. Rutinitas selanjutnya ialah menjemur pakaian apalagi cuaca sedang terik.

IMG_20240209_082452.jpg
Jemuran pakaian

Kegiatan mencuci pakaian telah selesai dilakukan. Saya memutuskan untuk pergi ke kebun. Rutinitas yang bertujuan memotong ranting dan dahan. Pemotongan yang bertujuan mempercepat proses pertumbuhan cabang stek batang. Saya teramat antusias dengan mengerahkan tenaga ekstra. Hal ini dikarenakan beberapa dahan berukuran besar. Proses pemotongan beberapa ranting dan dahan tidak saya lanjutkan karena rasa lelah.

IMG_20240209_103843.jpg
Perolehan buah coklat

Proses pemotongan ranting dan dahan yang diurungkan. Saya melanjutkan mencari buah coklat yang telah matang. Rasa syukur tercipta disaat melihat buah coklat yang berbuah lebat. Perolehan coklat hari ini tergolong banyak. Aktivitas memanen buah coklat telah selesai dilakukan. Saya memutuskan untuk membawa pulang perolehan buah coklat.

IMG_20240209_152429.jpg
Kulit coklat cincang

Sesampainya di rumah, saya melanjutkan mengupas buah coklat. Dikarenakan waktu yang mendekati sholat Jum'at. Saya memutuskan mandi dan berias diri. Rutinitas selanjutnya berangkat ke masjid dan menjalankan tuntunan dan tatacara sholat Jum'at. Selepas sholat Jum'at, saya istirahat sejenak dan melanjutkan aktivitas membelah buah coklat. Aktivitas membelah buah coklat telah selesai. Saya melanjutkan aktivitas mencincang kulit coklat untuk makanan kambing. Kambing tampak menikmati cincangan kulit coklat yang saya berikan.

IMG_20240209_160040.jpg
Perolehan dedaunan

Kulit coklat yang telah saya cincang di rasa tidak cukup. Saya memutuskan untuk mencari dedaunan untuk makanan kambing. Perolehan dedaunan yang tidak tergolong banyak. Namun di rasa cukup untuk memenuhi kebutuhan makanan kambing. Hal inilah yang membuat saya pribadi memutuskan untuk mandi. Tubuh yang telah bersih, memberikan semangat untuk beraktivitas lanjutan.

IMG_20240209_170103.jpg
Saudara sedang membersihkan kolam ikan

Saya memutuskan pergi ke pasar untuk melihat proses membersihkan pasar yang dilakukan oleh petugas kebersihan. Namun tidak menghasilkan kepuasan karena telah selesai dilakukan. Pada akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke rumah saudara. Sesampainya di rumah saudara, ternyata dia sedang sibuk membersihkan kotoran ikan gurami yang mengendap di dasar kolam. Pada saat saudara saya telah selesai membersihkan kotoran ikan. Kami berbincang akan peluang bisnis di dunia ternak ikan gurami. Berbicara soal pakan, perawatan dan pemasaran hasil panen. Jika di hitung bersih dengan harga ikan gurami terendah masih memperoleh pembagian rata-rata penghasilan bulanan sebesar Rp. 2.000.000,- an. Bagi saya sendiri itu tidak terlalu besar dengan usaha yang diberikan selama satu tahun pembesaran ikan gurami. Namun akan lain cerita jika harganya sedang bagus, penghasilannya berkisar Rp. 4.000.000,- an.

Itulah tulisan yang dapat saya bagikan. Semoga tulisan saya menghadirkan manfaat kepada steemian semua. Terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada saya...

Sort:  
 6 months ago 

Saludos cordiales gran amigo ahmadrosyid, un placer para mi saludarte y leer tu diario.

Un gran día para recoger tu cosecha de cacao y hacer tus labores en tu tierra, Dios bendiga y haga productiva aun mas.

Feliz y bendecido día.

Selamat datang di halaman komunitas Steem Indonesia:@ahmadrosyid

Team verification results :
Post informationStatus
Verified UserYES
Tag #steemexlusiveYES
Plagiarism - FreeYES
Bot - FreeYES
steem.indonesia 10% (Opsional)
Support #burnsteem25
Club Status#club5050
Voting CSI9.0
Discord Dereksi Steem Indonesia
afrizalbinalka#8136

Kind regards,
TIM STEEM INDONESIA

png_20230225_075727_0000.png

support @pennsif.witness
Klik disini

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.034
BTC 64116.01
ETH 2758.41
USDT 1.00
SBD 2.65