Saya suka berkebun: Inilah Kebun KecilkusteemCreated with Sketch.

in STEEM INDONESIA2 years ago

PhotoCollage_20221023_225639035.jpg

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh...

Selamat malam sahabat semuanya di mana pun berada......

Semoga di hari Minggu akhir pekan ini kita semua dalam keadaan sehat walafiat, anda semua dapat menikmati akhir pekan bersama keluarga, berliburan bersantai atau kegiatan apa saja yang menyenangkan Nikmatilah hidup ini, hindari stres dan jaga kesehatan anda dengan baik

Postingan saya Berikut ini merupakan keikutsertaan saya dalam kontes yang digagas oleh sahabat kita stemian senior @sofian88, yang bertema tentang berkebun. Kebetulan saya tinggal di Desa dan sudah lama menyukai berkebun bahkan berkebun dalam menjadi semacam Lifestyle bagi saya

Banyak sekali tentu manfaat yang kita dapatkan dari berkebun, apalagi bagi Anda yang sibuk Mungkin dengan banyak pekerjaan, tekanan hidup stres berkebun sangat bermanfaat misalnya Ketika anda pulang kerja dapat menghilangkan stres dan membuat mood anda kembali meningkat dan merefresh pikiran anda yang kelelahan seharian

Saya tinggal di Desa Kanot Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara, Location, sebuah pedesaan yang didominasi oleh persawahan dan juga ada area kebun, kebetulan rumah saya ada lahan kosong walaupun ukurannya Tidak besar, namun saya manfaatkan secara maksimal untuk menanam beberapa batang pohon yang bermanfaat seperti pohon mangga, pohon jambu,buah naga dan juga beberapa jenis tanaman sayur-sayuran seperti sawi, cabe dan tomat

IMG_20221023_100152.jpg

Tomat yang Mulai Berbuah

Biasanya saya berkebun di hari Sabtu atau hari minggu atau Ketika pulang kerja, sebenarnya aktivitas berkebun sangat menyenangkan bisa juga sebagai pengganti olahraga dan tidak ribet, untuk beberapa pohon yang saya Sebutkan yang telah saya tenang tersebut bibitnya saya beli di kawasan Simpang Rangkaya pada penjual tanaman yang sudah terbukti kualitasnya, bahkan untuk pohon mangga dan pohon jambu sudah berbuah Ketika saya membelinya dan langsung saya pindahkan dengan menanam kembali pohon mangga tersebut di samping rumah saya

IMG_20221023_100138.jpg

Buah Mangga yang Hampir Masak

Untuk jenis sayur-sayuran seperti cabe dan tomat serta sawi memang harus kita semai dari bijinya karena tidak ada yang menjual langsung yang telah siap berbuah, namun hal tersebut tidak merepotkan setelah kita semai kita biarkan beberapa hari akan berkecambah dan tumbuh dan dalam beberapa bulan semakin besar

Untuk perawatannya sangat mudah apalagi sekarang musim hujan tidak perlu kita menyiramnya bahkan sebaliknya harus kita perhatikan drainase harus baik sehingga tidak tergenang air hujan, karena kalau tergenang bisa menyebabkan sayur-sayuran tersebut mati

IMG_20221023_102701.jpg

Kebun Kecil Tomat dan Cabe

Ada satu lagi kebun yang sedang saya Rintis tetapi sebenarnya ini lebih banyak pekerjaan istri saya yaitu kebun anggur yang memang sedikit lebih memerlukan usaha ekstra atau perawatan yang lebih, khususnya untuk membuat semacam Kanopi yang menutupi beberapa pohon anggur yang telah saya tanam tersebut agar tidak terlalu panas karena cuacanya tidak cocok dengan pohon anggur yang berasal dari negara sub tropis beriklim sejuk.

IMG_20221023_100230.jpg

IMG_20221023_100213.jpg

Kebun Kecil Anggur

Bibit pohon anggur tersebut saya beli di Bireuen di perkebunan anggur yang terkenal di sana ada beberapa perkebunan anggur yang sudah berbuah dan banyak dikunjungi oleh warga yang ingin menyaksikan sendiri Langsung kebun anggur dan bisa membeli dan memetik langsung anggur di kebun tersebut, harga per bibit pohon anggur siap tanam yang saya beli berkisar Rp. 100.000 atau setara 30 STEEM, mungkin sahabat bisa mendapatkan harga yang lebih murah atau lebih mahal tergantung dari kualitas bibit anggur itu sendiri

IMG_20221023_100220.jpg

Bibit Anggur yang Belum Ditanam

Untuk beberapa tanaman yang telah saya Sebutkan di atas sebenarnya sudah berapa kali panen seperti mangga yang rutin berbuah ketika musimnya tiba,
demikian juga buah naga namun saat ini sedang tidak berbuah, demikian juga buah jambu jadi untuk saya ini hanya bisa saya Tampilkan beberapa foto dari Mangga dan tomat yang hampir berbuah

IMG_20221020_161744.jpg

Menikmati Mangga dari Kebun Kecilku

Saya yakin tidak perlu saya jelaskan panjang lebar tentang manfaat dari buah-buahan atau sayur-sayuran yang telah saya Sebutkan di atas kita semua tahu kalau buah-buahan dan sayur sayuran seperti mangga jambu dan buah naga, sawi, merupakan sumber vitamin yang sangat penting untuk kesehatan kita demikian juga tomat yang merupakan sumber vitamin C dan cabe menjadi bumbu masakan kita setiap hari, semuanya tentu saja mempunyai harga jual dan nilai ekonomi yang akan membantu kesejahteraan kita.

Pesan saya kepada sahabat semuanya Mari kita berkebun, bertani, menanam apa saja, memanfaatkan setiap ruang yang tersedia di pekarangan di rumah kita, di kebun kita, jangan kita sia-siakan karena akan sangat banyak manfaatnya baik untuk menopang ekonomi, bisa kita makan, kita gunakan sehari-hari dan juga bermanfaat menghilangkan stres membuat kita mempunyai kegiatan yang produktif daripada kita menganggur dan berbuat hal yang sia-sia

Demikian Sekilas kegiatan saya Berkebun, semoga bermanfaat untuk semuanya, terima kasih kepada sahabat semuanya yang berkenan membaca dan memberikan dukungan untuk saya

Best Regard,

@abialfatih

Aboutme

Saya Mengajak Sahabat Semua untuk mendukung @pennsif dengan memilih @pennsif.witness di Link berikut : https://steemlogin.com/sign/account-witness-vote?witness=pennsif.witness&approve=1

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg


Sort:  
 2 years ago 

Terimakasih sudah berpartisipasi dalam kontes [Contest Growyourown] Apakah anda suka berkebun?

Kami mengapresiasi setiap usaha pengguna dalam menciptakan konten berkualitas dan semoga beruntung...

 2 years ago 

Thanks bro @sofian88

 2 years ago 

memang abi na saja peu geupula. lon pike na gupost kebun lengkuas yang panen barosa. haha

 2 years ago 

Saya orang kampung, ya bertani dan berkebun jadi pilihan hidup, mengisi waktu dengan hal produktif, mau trading juga ga ada modal dan ga ada ilmu

 2 years ago 

Screenshot_20221024_214423.png

estimasi kekayan abi 70 juta

nyoe lon peu amin beuh bak neukhuen hana modal.

hahah

 2 years ago 

Kalau kita PD dipecatlah kita boss...

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @sofian88


commnt1.jpg

 2 years ago 

Thanks SC04 and @sofian88

TEAM MILLIONAIRE

Your post has been successfully curated by @irawandedy at 50%.

Thank you for your committed efforts, we urge you to do more and keep posting high quality contests for a chance to earn valuable upvotes from our team of curators and why not be selected for an additional upvote in the weekly list of Top Contests.

 2 years ago 

Thanks SC03 and @irawandedy

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 67633.57
ETH 2605.69
USDT 1.00
SBD 2.71