Aktifitas Berkebun di Pekarangan Rumah: Tomat, Cabe Rawit dan Kembang KolsteemCreated with Sketch.

in STEEM INDONESIA2 years ago

PhotoCollage_20221116_122440761.jpg

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg

Assalamualaikum ...

Selamat pagi dan selamat beraktifitas saya ucapkan kepada sahabat semuanya dimanapun berada......

di pagi hari ini Kamis, 17 November 2022, doa tulus dari saya semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat tidak kurang satu apapun sukses dengan berbagai aktivitas yang telah kita rencanakan, Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan nikmati hidup anda bersama keluarga dan tingkatkan produktivitas dengan memanfaatkan lahan yang ada

Hari ini kita berjumpa kembali dalam postingan saya dalam rangka mengikuti kontes yang diadakan oleh rekan kita, sahabat senior @sofian88, dalam rangka mempromosikan aktivitas berkebun memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan di mana saja yang anda miliki yang penting jangan terbengkalai

Kebetulan saya memiliki lahan yang tidak luas di samping rumah dan juga ada sedikit lahan di depan rumah almarhum orang tua saya yang letaknya bersebelahan dengan rumah saya yang kami manfaatkan untuk menanam beberapa jenis sayur-sayuran seperti tomat kembang kol dan juga cabai

IMG_20221116_070817.jpg

Memetik Tomat

Memanfaatkan pekarangan atau lahan yang tersedia untuk berbagai sayur-sayuran menurut saya sangat mudah asalkan ada kemauan dan jangan anda katakan anda tidak punya waktu karena saya juga bekerja dari pagi sampai sore namun ketika pulang kantor atau di hari libur saya menyempatkan diri untuk berkebun menanam sayur-sayuran apa saja yang penting bermanfaat

IMG_20221116_070734.jpg

Kembang Kol yang Masih Subur

Untuk menanam kembang kol, cabai rawit atau tomat yang merupakan kebutuhan kita sehari-hari di dapur caranya sangat mudah hanya perlu menyiapkan polybag kemudian menyiapkan sarana untuk menanam yaitu Tanah yang telah digemburkan dan dicampur dengan pupuk kandang atau kompos yang bisa kita buat dari jerami, namun saya lebih memilih pupuk kandang karena sangat mudah kita dapatkan karena kita tahu daerah kita banyak sekali lembu yang tentu saja menghasilkan pupuk kandang tinggal kita minta izin sama pemilik ternak tersebut untuk mengambil kotoran dari ternak dan mencampurnya dengan tanah sebagai sarana untuk menanam sayur-sayuran

IMG_20221116_070853.jpgIMG_20221116_070842.jpg
Tanaman Cabe Rawit

Untuk perawatannya juga sangat mudah apalagi musim hujan seperti ini untuk penyiraman tidak perlu sama sekali dan tidak lama akan tumbuh berkecambah dan dalam beberapa bulan sudah bisa kita panen dan biasanya bertahan sampai 1 tahun atau 2 tahun seperti tanaman tomat yang bisa kita panen berkali-kali

Dalam kesempatan ini saya juga ingin membagikan permasalahan yang terjadi saat ini dengan sayur-sayuran yang saya tanam yang menurut saya akibat musim hujan yang terus-menerus sehingga tanaman tomat saya mengalami pembusukan demikian juga dengan kembang kol Yang sepertinya saya lihat akibat hujan sehingga menimbulkan hama ulat yang memakan daun-daun kembang kol tersebut sampai habis

IMG_20221116_071031.jpg

Kembang Kol yang Daunnya dimakan Ulat

Berbeda dengan kembang kol yang saya tempatkan di bawah naungan dari pohon anggur yang tidak terkena hujan langsung saya lihat daunnya masih subur masih bagus tidak dimakan oleh ulat sehingga saya perlu kesimpulan tidak bisa langsung terkena hujan secara terus-menerus.

hal yang sama saya lihat juga terjadi pada tanaman tomat di mana batang tanaman tomat mengalami pembusukan akibat hujan yang terus-menerus terjadi dalam beberapa hari ini Bahkan dalam seminggu lebih hujan terus-menerus

IMG_20221116_071011.jpgIMG_20221116_071001.jpg
Batang Tanaman Tomat Membusuk Akibat Hujan Terus Menerus

Berbicara dari manfaat sayur-sayuran yang saya tanam tersebut saya yakin kita semua pasti sudah paham manfaatnya seperti tomat yang merupakan salah satu bumbu dapur utama yang kita pakai baik untuk sambal untuk kuah dan sebagainya dan yang pasti sangat kaya akan vitamin C dan antioksidan dan dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker untuk lebih lengkapnya Pasti sahabat semua bisa membaca di berbagai artikel kesehatan

Selain tomat saya juga menanam kembang kol Seperti yang saya Sebutkan di atas juga sangat banyak manfaatnya yang pasti bisa kita gunakan untuk kuah sayur sayuran sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti melancarkan buang air besar dan baik untuk pencernaan dan juga mencegah penyakit kanker dan mencegah penyakit jantung karena kaya akan berbagai zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita

Cabe Rawit juga sangat banyak manfaatnya yang merupakan salah satu unsur utama bahan dapur dalam berbagai masakan yang kita masak baik untuk kuah untuk sambal dan masakan-masakan lainnya pasti kita memakai cabai termasuk cabe rawit, dari segi kesehatan cabe rawit dipercaya menjadi antioksidan yang dapat mencegah kanker dan berbagai penyakit dan dapat menurunkan berat badan kita dan mencegah radikal bebas silakan sahabat semuanya dapat membaca lagi di artikel kesehatan tentang manfaat dari cabe rawit

IMG_20221116_080131.jpg
Panen Tomat Hari Ini

Sebagai penutup dari postingan ini, saya yakin kita semua sudah mengetahui berbagai manfaat sayur-sayuran yang saya Sebutkan di atas, yang pastinya merupakan bahan dapur yang bisa memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari, dengan menanam sayur-sayuran tersebut setidaknya kita sudah tidak perlu membelinya lagi dan dapat membantu secara ekonomi, bahkan bila kita tanam secara lebih banyak dan lebih luas tentu akan menghasilkan uang yang dapat menebang perekonomian kita

Demikian postingan saya dengan tema Kegiatan Berkebun di Halaman Rumah | Season 2, semoga bermanfaat untuk semuanya, terima kasih kepada sahabat semuanya yang berkenan membaca dan memberikan dukungan untuk saya, dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak rekan-rekan saya @f2i5, @fantvwiki, @waterjoe, @anroja, @irawandedy, @nadiaturrina, @sailawana @liasteem, dan lain lain untuk ikut dalam kontes yang diselenggarakan oleh @sofian88

Silahkan buka tautan berikut ini, Link, untuk ikut serta dalam kontes ini

Terimakasih Untuk Admin, Mod dan Seluruh Anggota komunitas STEEM INDONESIA dan Sahabat Steemians Semuanya dimanapun Berada

Best Regard,

@abialfatih

Aboutme

Saya Mengajak Sahabat Semua untuk mendukung @pennsif dengan memilih @pennsif.witness di Link berikut : https://steemlogin.com/sign/account-witness-vote?witness=pennsif.witness&approve=1

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg


Sort:  
 2 years ago 

Terimakasih sudah mengundang saya dalam kontes ini.

hana foto abi. neukiren foto meu 2 on abi

 2 years ago 

Haha... Man ule long kiban cara neuganto... Chalennge kiban kalheuh?

 2 years ago 

ka piyoh abi, han ek le.

 2 years ago 

Susah nanti 0102 mau cari kanda ga tau dimana, jangan cepat kali nyerah

 2 years ago 

Nyan abi bit rajin... jangan lupa kalau panen bagi2 ya..

 2 years ago 

Siap, pue lon intat u rumoh?

 2 years ago 

Berehh..

 2 years ago 

😂 hawa parang abi

 2 years ago 

Sayuran tame pane marah misua geuh.... Haha

 2 years ago 

Betoi abi.. menye jak silaturrahim aman nyan..

 2 years ago 

Misua juga maklum yang datang cocok jadi adeknya... Hahah

 2 years ago 

Iyalah kan. Abi sebaya dg adk lon si fadil..

TEAM MILLIONAIRE

Your post has been successfully curated by @inspiracion at 50%.

This publication has been awarded for being one of the winners of Steem Indonesia Community Contest.

Thank you for your committed efforts, we urge you to do more and keep posting high quality contests for a chance to earn valuable upvotes from our team of curators and why not be selected for an additional upvote in the weekly list of Top Contests.

 2 years ago 

Thanks for your attention and support SC03 and @inspiracion

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 62504.18
ETH 2430.44
USDT 1.00
SBD 2.60