Aktifitas Berkebun di Pekarangan RumahsteemCreated with Sketch.

in STEEM INDONESIA2 years ago

PhotoCollage_20221105_112538850.jpg

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg

Assalamualaikum sobat semua...

Selamat pagi dan selamat beraktifitas saya ucapkan kepada sahabat semuanya dimanapun berada......

di pagi hari ini Sabtu 5 November 2022, doa tulus dari saya semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat tidak kurang satu apapun sukses dengan berbagai aktivitas yang telah kita rencanakan, Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan nikmati hidup anda bersama keluarga khususnya di akhir pekan

Hari ini kita berjumpa kembali dalam postingan saya dalam rangka mengikuti kontes yang diadakan oleh rekan kita, sahabat senior @sofian88, dalam rangka mempromosikan aktivitas berkebun memanfaatkan pekarangan rumah, karena saya yakin kita semuaul memiliki pekarangan rumah walaupun tidak luas yang bisa kita manfaatkan secara maksimal untuk menanam apa saja yang bisa produktif dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

Walaupun pekerjaan saya yang utama sehari-hari adalah bekerja di Kantor Urusan Agama Kecamatan lapang Kabupaten Aceh Utara namun sejak lama saya menyukai bertani dan berkebun khusus untuk botani Saya memiliki beberapa petak sawah namun dalam 2 tahun belakangan Saya tidak ke sawah karena kondisi irigasi di daerah kami yang sampai sekarang belum diperbaiki sehingga hasil dari persawahan tidak maksimal

Saya berusaha memanfaatkan pekarangan rumah di samping dan di depan rumah untuk berkebun dan menanam beberapa tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan, yang Fokus utama saya adalah memenuhi kebutuhan sehari-hari khususnya kebutuhan dapur sehingga tidak perlu kita membelinya lagi

IMG_20221105_074847.jpgIMG_20221105_094826.jpg
Menyemprot Anggur Dengan Pupuk Alami

Pagi ini saya Rencananya mau membersihkan kebun kecil saya terutama rumputnya dengan menggunakan cangkul namun tidak jadi karena tanahnya becek akibat hujan dalam beberapa hari ini, Akhirnya saya hanya menyemprot sayur-sayuran dan pohon anggur di Kebun saya dengan cairan vitamin yang saya buat sendiri menggunakan bekas air cucian beras ditambah dengan larutan EM4 sebagai pupuk alami yang mempercepat pembuahan dari sayur-sayuran

IMG_20221105_075905.jpg

Menyemprot Kembang Kol yang Hampir bisa dipanen

Ada berapa jenis tanaman buah dan sayur-sayuran yang ada di pekarangan rumah saya seperti pohon mangga, jambu, buah naga, dan juga yang dalam beberapa bulan ini intensif Saya rawat adalah pohon anggur sebagai uji coba karena saya tertarik melihat kebun anggur di Bireuen yang sukses dan berbuah, karena selama ini kita menganggap bahwa daerah Aceh tidak cocok untuk menanam pohon anggur karena iklimnya yang berbeda

IMG_20221105_081921.jpgIMG_20221105_081914.jpg
Tomat yang Masih Hijau

Untuk sayur-sayuran ada cabe rawit kembang kol dan tomat yang saya tanam dalam polybag dan memang tidak banyak namun cukup untuk kebutuhan sehari-hari kalau ditanya Alasan saya menanam pohon dan sayuran tersebut tentu saja karena memberikan manfaat secara langsung kepada kita bisa kita makan buahnya dan sayur-sayuran bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan dapur

IMG_20221105_081038.jpgIMG_20221105_081030.jpg
Cabe Rawit yang sudah bisa dipanen

Selain Alasan saya Sebutkan di atas, tentu saja berkebun bagi saya memiliki alasan kuat yang lainnya itu menyalurkan hobi Seperti yang saya Sebutkan saya hobi bertani dan berkebun, dan sangat banyak manfaat berkebun seperti bisa menghilangkan stres bila kita pulang kerja ada aktivitas setelah lelah seharian di kantor kita bisa melihat kebun yang hijau dan tumbuh dengan baik dapat menghilangkan stres dan membuat mood semakin baik

Bagi sahabat semuanya yang ingin melihat Kebun saya khususnya kebun anggur karena masih jarang kebun anggur di daerah kita, boleh datang ke tempat saya di desa Kanot Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara, Location, kita bisa saling belajar untuk berkebun dengan baik

Mari kita manfaatkan pekarangan rumah kita atau tanah yang terbengkalai dengan menanam tanaman apa saja yang produktif baik sayur-sayuran maupun buah-buahan selain bisa menyalurkan hobi tentu saja hasilnya bisa kita makan dan kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan kalau produksinya banyak tentu saja bisa kita jual karena mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dan dapat mendukung kesejahteraan kita semua.

Demikian postingan saya dengan tema Aktifitas Berkebun di Pekarangan Rumah, semoga bermanfaat untuk semuanya, terima kasih kepada sahabat semuanya yang berkenan membaca dan memberikan dukungan untuk saya, dan pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak rekan-rekan saya @fantvwiki, @waterjoe, @anroja, @irawandedy, @nadiaturrina, @sailawana @liasteem, dan lain lain untuk ikut dalam kontes yang diselenggarakan oleh @sofian88

Silahkan buka tautan berikut ini, Link, untuk ikut serta dalam kontes ini

Terimakasih Untuk Admin, Mod dan Seluruh Anggota komunitas STEEM INDONESIA dan Sahabat Steemians Semuanya dimanapun Berada

Best Regard,

@abialfatih

Aboutme

Saya Mengajak Sahabat Semua untuk mendukung @pennsif dengan memilih @pennsif.witness di Link berikut : https://steemlogin.com/sign/account-witness-vote?witness=pennsif.witness&approve=1

4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg


Sort:  
 2 years ago 

Rajin x.. abi lah..krn udh di sawer..
Smngt ikutan kontes..

 2 years ago 

Semangat 45...maju terus pantang mundur... Chalenge nyo hana mupue peugot le, kabeh bahan... Hhaa

 2 years ago 

Udh ikut senua ya abi??

 2 years ago 

3 lagi dan temanya sulit saya ikuti.... Wah gigit jari...

 2 years ago 

Abi mampir ke postingan saya ya .. br postg tadi

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @sofian88

 2 years ago 

Thanks for your support...

 2 years ago 

Terimakasih sudah berpartisipasi

 2 years ago 

Sama sama bro...

 2 years ago 

Kreuh abi.

 2 years ago 

Pue yang kreuh? Nyan keuh nyan job tanyo duek di gampong, tapula pue yang jeut nyak na pue tapajoh

 2 years ago 

Tidak diragukan lagi...
Selalu ada hal positif yang dapat dipelajari dari anda tgk..
Semoga sukses 👍

 2 years ago 

Terimakasih... Walaupun kecil yang penting bermanfaat.. Droeneuh ube raya kebun pepaya... Hehe

 2 years ago 

Hehe
Alhamdulillah....
Sukses selalu thk😇

TEAM MILLIONAIRE

Your post has been successfully curated by @irawandedy at 45%.

His publication has been awarded as one of the winners of the contest organized by the Steem Indonesia Community

Thank you for your committed efforts, we urge you to do more and keep posting high quality contests for a chance to earn valuable upvotes from our team of curators and why not be selected for an additional upvote in the weekly list of Top Contests.

 2 years ago 

Thanks for your support SC03 and @irawandedy

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 71095.13
ETH 3686.44
USDT 1.00
SBD 3.76