The Debate (Week 27); Equality or Equity; Which principle should be prioritized in creating a fair society?

Hello sahabat stemian, assalamualaikum semoga hari-harimu penuh dengan ide yang cemerlang dan semangat untuk terus maju. Baiklah kali ini saya akan ikut kontes debat yang di selenggarakan oleh @sahmie tentang equality or equity. Supaya kita mudah memahami perbedaan keduanya, saya akan coba menjelaskan apa itu equality dan apa itu equity

image.png
Sumber

Equality
Artinya Setiap perorangan atau kelompok yang diberikan kesempatan atau peluang atau sumber daya yang sama.

Equity
Artinya mengakui bahwa setiap orang atau kelompok memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga kesempatan atau peluang atau sumber daya yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan.

Penjelasannya begini, saya punya 4 orang anak dengan jenjang usia yang berbeda, ada yang sudah kuliah, ada yang SMA dan satu lagi SMP dan yang paling kecil Sekolah Dasar. Pada saat sarapan pagi saya memberi mereka semua makan sepiring nasi goreng dan sepotong telur dadar (equality) namun saat memberi mereka uang saku saya akan melihat kebutuhan masing-masing anak,

  • anak nomor 1 karena kuliah saya beri IDR 150.000/week. (Dia naik motor perlu bensin, fotocopy, makan di kantin Ext.)
  • Anak nomor 2 SMA saya beri IDR 20.000/day (ke sekolah diantar, fotocopy, makan di kantin karena pulang sekolah pulang pukul 14.00)
  • Anak nomor 3 SMP saya beri IDR 15.000 karena pulang sekolah pukul 13.00
  • Anak terakhir SD IDR 10.000, karena sekolahnya di tempat saya pulang juga lebih awal. (Equity)

Keuntungan

Equality
Kita tidak perlu repot untuk memikirkan apa kebutuhan bagi seseorang atau kelompok, yang penting setiap hari kita mengeluarkan biaya yang sama untuk semua tanpa memikirkan cukup atau tidak untuk kebutuhannya.

Equity
Setelah memikirkan kebutuhan setiap individu dan memberi sesuai dengan kebutuhannya maka keadilan buat mereka terpenuhi.

Kekurangan

Equality
Adanya ketimpangan dalam kehidupan atau masyarakat karena yang mereka terima belum tentu sesuai dengan mereka butuhkan.

Equity
Lebih kepada pemilik modal, karena biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak dan waktu dalam menentukan kebijakkan akan sedikit lebih lama.

Jadi dapat di simpulkan, equality adalah kesamaan pemberian tanpa memandang cukup atau tidak cukup. Dan equity adalah melihat dulu kebutuhan baru memberi.

*Apa yang harus kita prioritaskan dalam menciptakan masyarakat yang adil?

Menurut saya, yang harus kita perioritaskan adalah equity, mengapa? Karena keadilan itu harus dilihat berdasarkan kebutuhan. Sebuah negara berkembang kemudian dia ingin memajukan wilayah provinsinya, maka dana operasional yang diberikan tidak boleh sama jumlahnya antara wilayah yang sedikit penduduknya dengan wilayah yang banyak penduduknya. Karena kalau di berikan dengan jumlah yang sama, maka wilayah yang sedikit penduduknya akan cepat berkembang, kebutuhan akan cepat terpenuhi sehingga pembangunan pun cepat bertumbuh. Lalu bagaimana dengan wilayah yang penduduknya banyak, bisa saja dana yang di berikan belum tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan penduduknya. Makanya pemerintah harus melakukan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali, guna mengetahui berapa jumlah penduduk, apa mata pencaharian penduduk, berapa pendapatan perkapita ext. Sehingga dana yang diberikan sesuai dengan kebutuhan penduduknya.

Demikian pendapat saya, saya juga mengajak, @miftahulrizky, @lil.albab dan @asiahaiss untuk dapat berpartisipasi dalam debat ini.
Salam dari saya :@ifatniza.

Sort:  
Loading...

Coin Marketplace

STEEM 0.21
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 68220.71
ETH 3321.59
USDT 1.00
SBD 2.74