Ikan Gabus Masak Santan

in whalepower4 years ago

IMG_20200530_131431.jpg

Cuaca ditempat saya hari ini mendung. Dari pagi, tidak sedikitpun matahari menampakkan diri. Berhubung cuacanya seperti ini, saya punya menu andalan yang enak dinikmati dalam keadaan cuaca seperti ini, dan yang gizinya juga terjamin.

Hari ini dapat antaran beberapa ikan gabus, dari tetangga. Saya suka ikan gabus yang hidup alami di persawahan, bukan ikan gabus yang khusus dipelihara di kolam. Yang alami rasanya lebih enak, wangi dan dagingnya juga lebih lembut. Dan yang pasti, masih segar dan lebih menyehatkan. Karena sumber makanannya dari alam sekitar, bukan di sediakan manusia yang lebih memilih memberi makanan buatan agar cepat besar.

IMG_20200530_130907.jpg

IMG_20200530_131246.jpg

Berhubung suasana mendung, ikan gabusnya saya masak dengan santan. Lebih cocok dalam suasana seperti ini. Cara buatnya juga gampang. Kita hanya perlu membersihkan ikannya, cuci sampai bersih, potong sesuai selera, kemudian lumuri air perasan jeruk nipis, dan sedikit air gula Jawa, agar bau amisnya hilang. Setelahnya, siapkan bumbu untuk masakan bersantan, seperti cabe, bawang merah dan bawang putih, sedikit jahe, dan jangan lupa kunyit. Saya pakai bumbu yang simple, biar tidak ribet sendiri. Dan tidak lupa saya tambahkan sere, agar lebih wangi.

IMG_20200530_131548.jpg

Setelahnya, blender semua bumbu sampai halus, geprek jahenya, dan campurkan kedalam ikan gabus tadi. Terakhir tambahkan santan, sedikit gula dan garam, kemudian masak sampai mendidih. Tes rasa, saat sudah pas di lidah, matikan apinya. Dan taraaa, ikan gabus masak santan siap dihidangkan.

Rasanya recommended sobat steemian. Bikin nambah nasi berkali-kali. 😄😄😄

Sort:  

ASSALAM U ALAIKUM, HOW ARE YOU? I WANT TO TALK WITH YOU ABOUT STEEMIT, KINDLY GIVE ME YOUR EMAIL OR WHATSAPP NUMBER PLEASE

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 63042.32
ETH 2458.99
USDT 1.00
SBD 2.65