#CLUB75 🤩🤩 | TECHNOLOGI DIGITAL, SAHABAT PENGUSAHA.

in Steem Entrepreneurs2 years ago

png_20220226_164152_0000.png

20% Hasil Postingan akan didonasikan ke akun @steemkindness

Assalamualaikum Wr. Wb

Hai sahabat steemian's, apa kabar kalian semua?

Tahun 2022, ini masanya technologi digital menguasai dunia. Sekarang ini, siapa yang tidak bisa hidup berdampingan dengan technologi digital, maka dia akan tertinggal.

Saya sangat merasakan sekali sebagai pengusaha rumah tangga manfaat penggunaan teknologi ini.

Bayangkan saja permasalahan yang saya hadapi dengan teknologi ini :

1. Promosi

Saya yang masih gaptek teknologi hanya menggunakan WhatsApp untuk media promosi produk-produk yang saya buat. Sehingga menjadi keterbatasan customer untuk menjangkau informasi yang saya sampaikan.

Untuk OPEN PO produk saya biasanya membuat promosi di status WhatsApp atau di group potensial yang saya bergabung didalamnya.
Screenshot_20220221_145531.jpg
Promosi produk di status WhatsApp.

IMG_20220226_161211.jpg
Promosi di salah satu group WhatsApp potensial.

Dengan teknologi digital, mestinya kita bisa manfaatkan berbagai media sosial Instagram, facebook, Twitter, dll untuk mendukung usaha yang kita jalani. U

Mungkin karena saya selama ini kurang melek teknologi jadinya ketika saya menjalani usaha mengalami kendala ini. Bayangkan saja, saya menggunakan android sejak tahun 2000 tapi hanya menggunakan WhatsApp, SMS dan telepon saja.

2. Courier/pengantaran

Dimana masa sekarang ini jari bisa berbicara dan bergerak serta mempermudah aktifitas manusia tanpa mengurangi fungsi sosialnya. Sebut saja gojol yang selama ini sudah menjamur dimana-mana dari berbagai provider. Menggunakan jasa gojol ( gojek online ) tidak terlepas dari teknologi digital. Gojol bisa sangat membantu kita pengusaha rumah tangga untuk mengambil barang ataupun pengiriman barang/produk ke pelanggan.
IMG_20220226_161323.jpg
Salah satu customer yang mengetahui informasi promosi dari group WhatsApp yang berjumlah ratusan anggota, terkadang saya sendiri belum mengenal orangnya. Hikmah berjejaring.

Tidak dipungkiri, bahwa saat ini kesibukan manusia sudah luar biasa padat selama 24 jam itu. Ada type pelanggan yang suka kuliner sambil jalan-jalan, berinteraksi antara penjual dan pembeli dan ada juga yang type kuliner tapi tetap stay dirumah dengan berbagai alasan. Sebut saja, ada salah satu sahabat saya yang suka kuliner tapi tetap stay di rumah karena dia mempunyai anak bayi sekarang berumur 3 bulan. Sehingga beliau membuat skala prioritas untuk melakukan aktifitas diluar rumah. Nah hubungannya dengan usaha saya adalah ketika beliau melakukan orderan, saya tidak bisa siaga untuk pengantaran. Padahal sudah beberapa kali dia sarankan untuk belajar aplikasi gojol ini. Akhirnya pilihannya adalah menunggu besok ketika anak pulang sekolah (karena anak kami satu sekolah), saya sekalian bawa. Bagaimana dengan hari libur sekolah? Nah inilah mengapa saya dituntut untuk berdampingan dengan teknologi sebagai penunjang usaha saya. Bila saya bisa menggunakan aplikasi gojol ini, mungkin bisa lebih banyak pelanggan yang melakukan orderan plus courier terutama dihari libur. Gojol juga bisa membuat saya hemat tenaga.
Screenshot_20220226_160957.jpg
Salah satu pelanggan saya yang termasuk type suka kuliner, dan juga kaum rebahan. Jari yang berbicara.

Sebagai motivasi bagi diri sendiri, kedepannya untuk mengembangkan usaha ALNONA KITCHEN yang saya miliki, maka :

  • Saya harus berdampingan dengan teknologi digital.
  • Lebih giat lagi melakukan promosi dengan berbagai media sosial untuk mengembangkan usaha yang sudah ada.
  • Merubah mainset bahwa teknologi digital menggiring penggunanya untuk lalai akan aktifitas motorik.
  • Menjadi kaum rebahan (istilah anak sekarang untuk mengatakan yang suka tiduran dan beraktifitas dirumah saja), bukan berarti mereka tidak bisa produktif. Ini peluang yang sangat besar untuk saya bisa mengembangkan usaha dengan mendekati mereka sebagai calon customer.

Demikian curhatan saya mengenai teknologi digital sebagai teman para pengusaha.

Tentunya banyak lagi pengalaman steemian's khususnya para pengusaha dalam menggunakan teknologi digital untuk mendukung usaha ya h dijalankan. Yoookkk kita saling sharing ilmu dan pengalaman.

Terimakasih : @harferri | @tucsond | @f2i5 | @subkiusman | @akmal1 | @sofian88 | @afrizalbinalka | @steemkindness | @steempreneurship

Saleum,
@wantimaulidar

Sort:  

Hello @wantimaulidar, Your post has been supported by @tucsond using @steemcurator07 account.

Thank You for making a post in the #Science/ #Computing/ #Technology category. We appreciate the work you have put into this post.

We have analyzed your post and come up with the following conclusion:

CriteriaRemarks
PlagiarismNone
Quality of InformationGood
Clarity of LanguageGood
#club75Yes
#steemexclusiveYes
Final ConclusionNot Recommended

Regards,
Team #Sevengers

Follow @steemitblog for all the latest update and keep creating quality contents on Steemit!

 2 years ago 

Terima kasih atas apresiasi yang diberikan.

Semoga kedepan saya lebih bagus dalam membuat tulisan.

 2 years ago 

Sekarang tekhnologi berperan penting untuk marketing suatu produk seperti yang ibu @wantimaulidar lakukan terkait bisnisnya... sangat bagus


Team verification results :
Verified userYES
Plagiarism-freeYES
Bot-freeYES
#steemexclusiveYES
#club5050YES
#club75YES
#club100NO

Keep up your good work, best regards and good luck !

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 67544.78
ETH 3225.94
USDT 1.00
SBD 2.65