The Diary Game-Betterlife || 20-05-2024 | Menghadiri Acara Aqiqah Adik Sepupu |

in Steem Entrepreneurs4 months ago (edited)

IMG-20240520-110012_1.jpg

1702905707203.png

hari yang begitu cerah sekali matahari bersinar terang setiap pagi, aku mengawali pagi dengan secangkir teh hangat dan sepotong roti tawar kesukaan ku. setelah mengisi perut yang sudah kenyang lalu aku langsung membereskan rumah. setiap pagi aku selalu menyapu karena jika rumah kotor serasa tidak enak bila di pandang mata, tetapi jika rumah bersih dari butiran debu serasa mata kita indah saat memandang nya.

setelah rumah rapi dan kinclong aku langsung mencuci beberapa pakaian kotor, sesudah siap aku langsung menjemur nya di luar. karena cuaca sangat panas aku rasa jemuran ku hari ini pasti cepat kering. dan selesai itu aku langsung mandi dan bersiap siap karena hari ini aku berencana untuk pergi ke acara Aqiqah anak abang sepupu ku.

IMG-20240520-110009_1.jpg

aku pergi bersama kedua kesayangan ku yaitu kakak arsyi dan adik ardian beserta mama tercinta. karena rumah abang sepupu tidak jauh dari rumah ku jadi 5 menit sudah tiba di sana, walaupun rumah abang sepupu tidak jauh dari rumah ku sendiri tapi aku tetap pergi dengan menggunakan motor, karena cuaca nya sangat panas sekali jadi tidak sanggup jalan kaki apalagi membawa dua bocil hehehe. dan tidak lama kemudian kami sudah tiba di rumah abang sepupu. dan yang benar saja di saat aku tiba di sana entah aku yang datang lebih awal atau para tamu undangan yang datang agak telat. padahal di saat aku tiba di sana jam sudah tepat pukul 10.30 tapi di rumah abang sepupu cuma keluarga kami saja dan para tamu undangan belum pada hadir. aku tidak mau terlalu pikir banyak jadi aku langsung ke dapur untuk membantu apa saja yang di perlukan.

IMG-20240520-110006_1.jpg

Di sana aku langsung mengangkat piring untuk para tamu undangan nanti lalu aku letakkan di atas meja yang sudah di siapkan, setelah itu aku juga membantu mengangkat makanan dan minuman dan di siap kan rapi di atas meja. setelah semua makanan dan minuman di hidangkan rapi di atas meja lalu tidak lama kemudian para tamu undangan pun berdatangan, dan acara aqiqah pun di laksanakan.

IMG-20240430-112000_1.jpg

Aqiqah di tempat saya tinggal yaitu di daerah Aceh indonesia, bisa di katakana acara adat istiadat yang di lakukan turun temurun dari nenek moyang kami. dan aqiqah juga salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah swt atas kelahiran buat hati tercinta, dan ibu nya sudah melahirkan anak nya secara normal dan sehat ke dunia ini. setelah mengandung selama 9 bulan penuh, dan seorang ibu juga mempertaruhkan hidup dan mati nya di saat melahirkan, jadi sebagai ummat muslim dengan rasa puji beserta syukur kepada yang maha kuasa maka di adakan lah acara aqiqah untuk buah hati tercinta mereka.

kegiatan Aqiqah biasa nya di lakukan dengan penyembelihan hewan ternak berupa kambing atau domba, dan di bagikan kepada kerabat serta saudara dan fakir miskin yang membutuhkan. untuk anak perempuan biasa nya menyembelih satu ekor kambing, dan untuk anak laki laki di sunnah kan untuk menyembelih dua ekor kambing. karena anak abang sepupu ku adalah perempuan jadi dia menyembelih satu ekor kambing. acara aqiqah biasa nya di lakukan setelah tujuh hari melahirkan, maka jika rentang waktu tersebut belum bisa memungkinkan maka boleh di ganti hari ke 30 atau 44 hari setelah melahirkan si buah hati, karena di mana kondisi ibu sudah terlihat membaik dan sehat sesudah pasca melahirkan baru di adakan acara aqiqah.

IMG-20240520-112011_1.jpg

setelah acara penyembelihan kambing, maka di lanjutkan dengan acara peucicap, peucicap adalah memperkenalkan rasa makanan untuk bayi pertama kali nya, yaitu rasa asam, manis, tawar dan asin untuk bayi agar dia mampu membedakan antara satu rasa dengan rasa lain nya. peucicap juga salah satu adat bagi kami masyarakat aceh. di antara beberapa makanan yang perlu di siapkan untuk acara peucicap yaitu berbagai jenis buah buahan seperti :
apel, pier, sawo, jeruk, kurma, mangga, nangka dan buah delima putih. serta juga di berikan madu, kuning telur, air zam zam lalu di campurkan ke dalam nasi dan di saring sampai halus baru di berikan untuk bayi.

selain itu di acara peucicap juga di siapkan paha ayam kampung, hati ayam dan cermin. setelah acara aqiqah kemudian baru di lanjutkan dengan acara peusijuk, acara peusijuk di lakukan secara berurutan dengan serangkaian 7 daun bunga yang di petik secara berbeda dan di ikat lalu di celupkan ke dalam air yang sudah di sediakan, di dalam air tersebut sudah ada sedikit tepung tawar, beras dan juga padi. setelah itu baru menyunting nasi ketan di telinga kanan dan di bacakan doa sambil bersholawat. setelah semua nya selesai baru di bacakan beberapa lagu lagu islami yang biasa nya di tempat kami di sebutkan dengan sebutan marhaban.

IMG-20240520-113004_2.jpg

IMG-20240520-120007_1.jpg

setelah semua nya selesai para tamu undangan di persilahkan mencicipi makanan yang sudah di hidangkan rapi di meja makan. setelah mereka semua berpamitan pulang, dan aku juga membantu mencuci piring piring kotor lalu baru berpamitan sama abang sepupu. dan di saat aku sampai di rumah tepat pukul 13.00 lalu aku langsung mandi dan shalat dhuhur, selesai shalat aku langsung rebahan di kasur karena sangat capek sekali.

Aku bangun tepat pukul 16.30 lalu aku langsung mandi dan shalat ashar selesai shalat aku bersiap siap karena tiba tiba pengen makan bakso, jadi aku langsung pergi sama suami membeli bakso langganan kami. di saat sampai di tempat bakso pengunjung sangat ramai sekali jadi harus antrian dulu, tidak lama kemudian pesanan ku sudah datang, wahhh bakso nya sangat menggugah selera aku langsung menyantap bakso kesukaan ku.dan setelah perut terasa sangat kenyang kami pun pulang ke rumah, di perjalanan pulang aku membeli roti untuk mama ku di rumah. hari sudah sangat sore hampir menjelang maghrib lalu aku langsung melanjutkan perjalanan pulang.

IMG-2020520-171010_2.jpg

sesampai nya di rumah suara adzan maghrib berkumandang lalu aku shalat maghrib berjamaah di rumah bersama suami ku, selesai shalat maghrib aku langsung ke dapur dan membuka kulkas, aku melihat isi kulkas apa yang bisa untuk di masak karena tadi siang aku tidak sempat memasak sibuk di acara aqiqah anak abang sepupu. yang ada cuma kembang kol sama ikan tongkol jadi aku langsung sulap bin salabin prok prok prok jadi apa heheheh😂 berasa kayak tukang sulap aja iya😅 dan taraaaa!!! makanan siap di hidangkan alakadar saja, kalau bisa bikin yang mudah untuk apa harus ribet iya kan ? makan malam ku siap di hidangkan lalu aku makan bersama di meja makan bersama suami dan buah hati tercinta.

terimakasih iya sahabat semua sudah membaca postingan ku, semoga kalian semua selalu dalam lindungan yang maha kuasa amin allahumma amin :)

5g3tfgG6WgLXvbP62DotJ9HxgTaJd2wH2hBVhswPUsmTn3RWkrMyapoiz7P1CxGfpoj7ZuVsq3ciBAM143FX8a41Zod4mUx89chwYDwEk1WirE3ygzjyRf92mieCND...hoB4dmt9zcb25aKgkk7pi9mqUDQdeqHECbFj2s3dCHZHytbL7HGr57CbnjB7PkTxqygMmptMDFc32MkA8HnZXyKgasKeo8GshhLgm7ZVceZPu6BBKm6u9kZwGz.png

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here

5g3tfgG6WgLXvbP62DotJ9HxgTaJd2wH2hBVhswPUsmTn3RWkrMyapoiz7P1CxGfpoj7ZuVsq3ciBAM143FX8a41Zod4mUx89chwYDwEk1WirE3ygzjyRf92mieCND...hoB4dmt9zcb25aKgkk7pi9mqUDQdeqHECbFj2s3dCHZHytbL7HGr57CbnjB7PkTxqygMmptMDFc32MkA8HnZXyKgasKeo8GshhLgm7ZVceZPu6BBKm6u9kZwGz.png

Sort:  
 4 months ago 

Many thanks to the Steem Entrepreneurs community users who shared the original posts. We hope your contributions continue to inspire and strengthen the entrepreneurial spirit in our community.

Status Club#club5050
Tag #steemexclusiveYES
Plagiarism & AI-freeYES
Bot-freeYES
Support of #burnsteem25NO
Beneficiaries of #steemkindnessYES
Verification date
May 24, 2024

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 4 months ago 

Terimakasih banyak atas verifikasi nya...!


We support quality posts and good comments posted anywhere and with any tag.
Curated by : @patjewell

 4 months ago 

Thank you very much for the support of SC07 and @patjewell 😊😊

Pleasure! 🎕

 4 months ago 

🌷🌷🌷

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 61224.26
ETH 2383.35
USDT 1.00
SBD 2.55