S15 W2 : Economic - Diary Game 25/01/2024, Membeli Pupuk Dan Berbelanja Ke Grosir Nyakman BlangJrune

in Steem Entrepreneurs6 months ago

Hi Everyone..?
Dimanapun para steemian berada, Selamat malam dan Apa kabar, saya harap anda baik-baik selalu. Ok, Baiklah. Pada kesempatan ini saya ingin mengikuti salah satu kontes terhebat di komunitas Steem Entrepreneurs yang bertema Steemit Engagement Challenge S15 W2 Economic - Diary Game mengengan tentang kontes ini setiap hari meliputi kita kedalam berbelanja, mengatur pengeluaran dan membeli keperluan harian secara online dan offline. Dengan ketentuan itu saya lebih suka berbelanja secara nyata karena memuaskan tanpa adanya keraguan dalam halnya pembelian.

Picsart_24-01-26_17-14-27-222.jpg

Hari ini aku tidak bisa Pulang ke desaku "MatangKuli" untuk mengelola lahan sawahku. Mungkin efek kemaren membuatku cukup lelah, jadi aku butuh waktu untuk istirahat sebagaimana menunggu pemulihan tenaga agar tubuhku tidak terasa lemah dan lesu, seperti hari ini aku rasakan. Dengan waktu luangku, aku harus mengisi hariku agar berkerja dan melaksanan tugas saya sebagai kepala keluarga untuk tetap menjaga kios "Berjualan" agar dapat menyimbangi pengeluaran kebutuhan harianku, Setiap harinya. Setidaknya aku dapat sedikit santai dari sebelumnya untuk menenangkan pikiran.

IMG_20240125_105326_760.jpgIMG_20240125_105346_637.jpg
Membeli Persiapan Kebutuhan Dan Keperluan Persawahan Yang Menanti (Pupuk Dan Insektisida) Berbahan Kimia

Di pagi hari aku di sibukkan oleh penjualanku dikios, seperti biasa yang aku ceritakan, melayani pelanggang berbelanja yang mencari kebutuhan. Setelah berpikir dengan pikiran yang tenang ketika duduk didalam renungan, aku harus membeli beberapa keperluan persawahan untuk stok simpananku saat saya gunakan agar tidak ke habisan seperti pupuk, Insektisida - fungsida dan Herbisida dengan secukupnya jumlah dana aku kumpulkan agar keuanganku tetap stabil sesuai seperti yang aku harapkan.

Tepatnya Jam 10:30 , setelah istriku menyelesaikan pekerjaan rumah membantuku menjaga kios. lalu aku berangkat bersama putraku ke toko pupuk yang di perbolehkan ole pemerintah, yaitu di kios Panglima-Tani Simpang Mulieng sebagaimana pusat pupuk yang di rujukan kepada desa kami saat ini melalui program 2024 untuk kemakmuran pertanian, ini benar-benar membantu kami dengan mudah membeli pupuk tidak seperti di era sebelumnya.

Dengan mengendarai sepeda motor 5 menit aku tiba di tempat tujuanku karena jaraknya tidak terlalu jauh dengan mudah aku berjalan melewati gang jalan Ring1. Ketibaanku di sambut dengan baik oleh pemilik toko, akupun mencurahkan perasaan dengan membuat pesanan tentang keperluanku disini.

Tanpa basa-basi, Disini saya memesan dan ingin membelikan Satu Sak pupuk UREA 50KG seharga IDR 150000 - 45.9 Steem dan Insektisida pembasmi Hama yang bertakaran berbentuk botol sedang 500ML IDR 80000 - 24.29 Steem, Sebenarnya aku ingin menambakan Herbisida karena kurangnya uang membuat saya akan menunda kembali membeli itu di hari berikutnya. Tetapi itu bisa membuat saya menunggu. Usai melunasi pembayaran di kasir aku pulang dengan unit barang aku bawang pulang. Bahkan si kecil duduk di depan.

IMG_20240125_110837_648.jpgIMG_20240125_110804_547.jpg
Membeli Gorengan Ala Bakwan Dan Risol Tahu Isi

Di pertengahan jalan saya mengingat pesanan sang istri saat pulang agar membeli cemilan. Sangat kebetulan aku pulang melewati jalan Aron, melihat pedagang gorengan ala bakwan yang cocok di jadikan pembelian cemilan. Lalu aku bertepi di pinggir jalan untuk membeli gorengan untuk bekal saya bawa pulang.

Hanya memesan dan berdiri dipinggir jalan untuk memilih pesanan Gorengan Ala Bakwan dan Risol sebagai mana makanan untuk kami nikmati, setelah mengisi pesanan lalu saya membayarnya 10pics pesanan sesuai dengan pilihan IDR 10000 - 3.0 Steem hingga mengakhiri pembelian lalu kembali melanjutkan perjalanan pulang Kerumah.

Setibanya dirumah aku memberikan pesanan itu kepada sang istri yang lagi sibuk berjualan melayani pelanggan dan aku ikut serta melayani pelanggan sambil menikmati gorengan, hingga tidak terasa azan zhuhur dikumandangkan pertanda aku harus shalat empat rakaat. Usai itu aku menyelesaikan makan siang lalu kembali berjualan.

IMG_20240125_152544_890.jpgIMG_20240125_152617_225.jpg
Berbelanja Di Grosir UD.Nyakman Blang Jruen

Hari ini saya akankembali berbelanja kebutuhan kios yang sudah mulai berkurang, setelah mengecek beberapa barang sudah hilang ketika pelanggan menyakan soal barang-barang, pada kemana. karena di tempat kemaren berbelanja tidak semuanya barang ada yang sesuai saya ingin kan sehingga hari ini setelah melihat cukup uang tepatnya saya ingin berbelanja lagi , tetapi kearah yang berbeda tidak seperti pada hari sebelumnya;

Yaitu ke arah barat , ke grosir UD.Nyakman Blang-jruen sebagai target saya kali ini yang sudah menjadi langganan saya beberapa bulan ini. Hal ini juga mengingat saya sudah lama tidak berbelanja di sana, membuat saya akan kehilangan grosir langganan saya jika tidak kembali berkunjung 😀 sorry, I Busy.

Ketibaan saya di sambut oleh karyawan, menyakan tentang kabar kami akrab seperti biasa. Tetapi saya tidak dapat menggangunya karena saya lebih fokus kepada perbelanjaan saya untuk mengumpulkan semua kebutuhan yang tida ada di kios saya mencarinya, tetapi ketika saya sulit mendapatkannya hanya perlu menanyai keberadaa item yang saya butuhkan saya akan di bantu oleh karyawan juga. Mereka baik selalu siap memberi layanan sekuat mungkin kepada langganannya. best dech?

IMG_20240125_153031_329.jpgIMG_20240125_152652_247.jpg
Menunggu Catatan Daftar Dari Karywan Dan Membayar Pembelian Di Kasir

Butuh waktu yang lama untuk mengumpulkan semua barang karena sedikit bingung harus menghafal seluruh barang-barang yang berkurang di kios untuk saya ecerkan. Hampir satu jam semua barang dapat saya kumpulkan menjadi satu tumpukan . tetapi, kini saya harus menunggu pengecekan barang pembelian sebelum saya bawa pulang mengurutkan ke dalam daftar harga seperti biasa oleh karyawan, di tulis dengan tangan agar urutan pemilihan semua tidak saya tinggalkan.

Sambil menunggu karyawan mencatat semua pemilihan, saya sempat mengobrol dengan pemilik grosir nyakman secara asah menanyakan tentang harga barang-barang yang saya belanjakan, seperti Rokok, Gula dan minyak Goreng, harga itu tentu tidak lagi baik untuk saat ini, harga gula cukup tinggi dengan kebijakan saya dapat mengambil keuntungan dari pembahasan menjual gula secara eceran di desa dan peningkatan rokok mendapatkan penambahan modal. Beruntung saya tidak suka merokok jadi hemat menjadi celengan untuk masa yang akan datang.

Usai itu selesai, setelah di hitung secara keseluruhan semua barang di tuliskan saya membayar harga pembelian saya sebesar IDR 526000 - 161.04 Steem setelah membayar saya lansung pulang dengan membawa muatan belanjaan dengan mengendarai sepeda motor sehingga aman tiba di kios. Setelah menurunkan semua orang dan merapikan barang-barang saya pergi ke kamar mandi untuk membersihkan diri karena hari juga hampir gelap, tidak lama setelah menutup kios suara azan terdengar pertanda untuk melaksakan shalat magrib.

IMG_20240125_203543_651.jpgIMG_20240125_204008_008.jpg
Aktifitas Malam, Tetap Menjaga Kios

Di malam hari setelah menyelesaikan makan malam menjaga lambung tetap kenyang. Saya kembali membuka kios dan menata barang-barang hingga keluar, cara ini memudahkan para pelanggan memilih jajan ditempat terang dan ini tidak membuat mereka bingung pada saat berbelanja kebutuhan.

Tidak lama, Beberapa jam berselang salah satu pelanggan saya datang dan membuat pesanan sebagai penikmat kopi, Dengan ria akupun lansung menyelesaikan pesanannya hingga menghidangkannya keluar agar mereka dapat menikmatinya. Dalam segelas kopi kafein saya jualan seharga IDR 3000 - 0.92 Steem. Dan menghabiskan waktu saya dengan menyambut mereka sambil mengobrol penuh canda dan tawa, menanti indahnya malam.


CategorySteemit Engagement Challenge S15 W2 : Economic - Diary Game
Total PengeluaranIDR 766000 - 234.51 Steem
Model KameraInfinix HOT 30i
Photographer@muksa Pemilik Usaha Micro Didalam Desa
LocationAceh Utara

Dengan ketentuan ini saya juga ingin mengajak teman-teman saya kedalam kontes yang luar biasa ini, yang terhormat kepada @humaidi , @ripon0630 , @patjewell , @neukyan . semoga anda dapat berpatisipasi untuk kontes ini.

Demikianlah yang dapat saya tulis sebagai isi kontes Minggu ini, semoga anda menyukainya, terima kasih sudah berkunjung.

Salam @muksa

Sort:  
 6 months ago 

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

Aktivitas yang padat, semoga membuahkan hasil. Ngomong-ngomong petani itu pekerjaan paruh waktu anda ?

 6 months ago 

Iya pak, bisa kita sebut sebagai pekerjaan sampingan ekonomi selama ini. Terima kasih atas kunjung anda yang baik ini

Sama sama

TEAM BURN

Your post has been successfully curated by @kouba01 at 45%.

Thanks for setting your post to 25% for @null.
We invite you to continue publishing quality content. In this way you could have the option of being selected in the weekly Top of our curation team.

Team Burn (1).png

Burning STEEM by sending it to the @null account helps reduce the supply of STEEM and so increase its price.

 6 months ago 

Thanks for support Us sir @kouba01 🙏

 6 months ago 

Thank you for sharing your daily economic activities for the Steemit Engagement Challenge - Season 15 Week 2. This interesting article "economic-diary game" has been checked and assessed with the following results :

CriteriaRemark
Verified User
#steemexclusive
Plagiarism Free
AI Free
Bot Free
#burnsteem25
#clubClub100
Grade9/10
Review Date
January 27, 2024
MODs Comment/Recommendation :

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 6 months ago 

Thanks sir🙏

 6 months ago 

Wah aktivitas yang sangat menyenangkan yaitu berjualan sambil bersantai santai dengan para pelanggan anda, saya berharap kios anda selalu laku dan banyak pengunjungnya, semoga anda sehat selalu

 6 months ago (edited)

Terima kasih atas kunjungan yang baik ini jaki

 6 months ago 

Despite being unable to tend to your fields, you dedicatedly oversee your shop's operations, ensuring its sustainability. Your strategic approach to purchasing agricultural supplies reflects careful financial planning. Visiting the wholesale market demonstrates your proactive efforts to restock and adapt to changing demands. Engaging with customers and accommodating their needs exemplifies your commitment to service. Your narrative inspires with its portrayal of hard work, adaptability, and dedication to sustaining livelihoods in challenging circumstances. Success on your entry.

 6 months ago 

all of that takes time and hard work. I don't want to disappoint my customers looking for what they need, how disappointed they would be if I didn't provide it. thank you for this good comment. greetings and blessings

 6 months ago 

Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk menjaga kios jualan anda terutama di pagi hari dan juga malam hari.
Anda juga berkunjung ke toko pertanian untuk membeli pupuk urea dan juga membeli cemilan saat perjalanan pulang.
Malam hari anda kembali beraktivitas di kios dan melayani pembeli.

Sukses selalu untuk anda.

 6 months ago 

Sangat senang atas kunjungan anda yang baik ini, selamat dan sukses pak

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 62647.38
ETH 3335.62
USDT 1.00
SBD 2.46