Economic Diary Game : 19/05/2024 - Panen Dan Membayar Jasa Angkut, Upah Tani!

in Steem Entrepreneurslast month
Picsart_24-05-21_13-23-45-316.jpg

Salam Semuanya..?
Hari yang indah penuh dengan senyuman terhias di wajah. Yap, tentu itu terjadi setelah sekian hari yang kami nanti hingga akhirnya kami dapat menikmatinya. Ini hal nya berlaku bagi kami seorang buruh pertanian, kami menunggu dari jauh jauh hari sebelum hari ini kami nikmati. Panen salah satu momen happy bagi seluruh petani yang dapat meningkatkan ekonomi.

Menanam dan panen itu lumrah terbukti bagi kami (orang petani) di sudut desa, apa lagi wilayah matang kuli sedang berlansung nya musim panen padi setelah 120 hari dari pertama nya benih di aplikasikan ke lahan. Tetapi itu semua butuh tahap dan proses agar hasil memuaskan hingga hari ini akhir dari segala nya bagi kami menunggu panen terjadi...

Setelah panen di lahan ujung utara saya lansungkan dengan baik. Hingga hari ini saya kembali menyaksikan panen lahan sawahku di ujung selatan.

Dan Setelah mendapatkan informasi dari agen trado (pengelola lahan combine di selatan) yang bahwa salah satu dari agen combine harvest akan menyelesaikan pengerjaan pemanenan dari lahan ke lahan di ujung selatan pada siang ini, Hingga saya meninggalkan dagangan untuk secepatnya pulang ke kampung halamku (Tempatku mengelola lahan sawah) untuk memastikan pemotongan, panen menggunakan secara modern lagi.

IMG_20240519_144817_980.jpgIMG_20240519_144833_894.jpg
Didalam Perjalanan Membeli Gorengan

Sangat kebetulan sang istri dan anak-anak juga ikut pulang bersamaku kesana. Tentu ini akan menjadi perjalanan pulang yang menyenangkan bersama keluarga tercinta, apa lagi anak-anak akan bertemu dengan nenek nya, mungkin kerinduannya

Kami bergerak setelah makan siang, hingga di pertengahan jalan kami mampir untuk membeli gorengan sebagai bekal makanan di rumah ibu untuk anak-anak nikmati, Karena keramaian di rumah ibu dan juga adik adik saya kemungkinan pasti menunggu ke pulangan kami. saya membeli gorengan lebih banyak 25 potong dalam harga IDR-25000 campuran bakwan dan risoles, tempe dan tahu isi, setelah membayar kami segara melanjutkan perjalanan pulang.

IMG_20240519_160547_609.jpg
IMG_20240519_161519_878.jpgIMG_20240519_160542_463.jpgIMG_20240519_161452_524.jpg
Melihat Combine Harvest Bekerja Di Lahan Saya (Lahan Selatan) Dengan Luas Lahan Sekitar 1541 Meter

Saya tiba lebih cepat dan singgah di rumah karena sang istri tidak ikut ke sawah, saya hanya memastikan pada agen combine waktu nya bekerja untuk persiapanku, natinya. Aku bergerak ke sawah sisi selatan dan bertemu dengan awak combine harvest yang sedang bertugas disana. saya mengusulkan penggunaan lahan jatuh ke dalam urutan setelah lahan pertanian di selesaikan urutan lahan saya pasti datang. Sehingga saya bergerak ke lapak pembeli padi (Tengkulak) tempat biasa musim panen di gunakan untuk di pasarkan untuk menentukan karung/baret pengisian bulir yang akan saya panenkan.

Setelah perlengkapan selesai saya kembali ke lahan dan menunggu urutan panen bersama petani lainnya, disini istriku datang bersama anak-anak untuk menyaksikan panen menggunakan combine harvest dan saya lihat tingkah lucu anak-anak begitu seru menyaksikan begitu indah pada saat melihat combine harvest itu bertugas. Tahap perpetak di selesaikan begitu cepat Sehingga combine harvest mengarah ke lahan saya. saya menyalurkan karung - baret untuk pemungutan bulir padi oleh mesin trado di selesaikan dengan baik.

IMG_20240519_161617_316.jpgIMG_20240519_163956_480.jpg
Buruh Tani Berkesempatan Untuk Mencari Upah Saat Musim Panen, Mengangkut Padi Ke Jalan

Combine harvest bekerja dengan baik meskipun di kaitkan oleh operator dan beberapa tambahan awak untuk menyempurnakan sistemnya. Bahkan combine harvest sangat berguna bagi kami di era sekarang, pengumutan panen lebih cepat. Tetapi, ketahan lahan juga sangat mempengaruhi sistem kerja, menjadi faktor utama yang akan menghambat combine harvest bekerja dari dasar nya. Setidaknya, setiap panen kami sering memanfaatkan combine harvest karena kecocokan ketahanan lahan dan juga harga kerjanya lebih hemat dari pada pengumutan panen secara tradisional (tenaga manusia) terdapat resiko nya. Pokoknya panen menggunakan combine Harvest lebih menguntungkan.

Ketika musim panen, tidak dengan combine harvest, sebagian buruh tani juga memanfaatkan penguasa lahan untuk mencari upah, mengakut hasil panen dari titik ke titik yang di tentukan. Disini saya memberikan jasa upah untuk memindahkan tumpukan saya ke darat atau ke gang jalan agar memudahkan angkutan pic-up saat memuat nantinya. Jasa upah akan akan menawarkan harga jasa nya sesuai dengan jarak nya.

Disini saya harus membayar jarak dengan jasa angkut tenaga manusia, upah perorangnya idr5000 untuk jarak 40 meter ke sisi darat dari tumpukan jangkauan lahan combine harvest bekerja. Hal yang sama saya juga harus membayar ongkos penggunaan lahan panen menggunakan combine harvest untuk luas lahan yang saya miliki 1541 meter (lahan selatan) peningkatan pembayaran dengan lahan saya membayar ongkos sewa mencapai IDR-500000, ini berfungsi sesuai dengan luas lahan dari masing-masing perbedaan pertanian.

IMG_20240519_165030_831.jpgIMG_20240519_165018_843.jpg
Angkutan Besar Menunggu Muatan Padi Dari Hasil Panen Warga Tani

Waktu berjalan Seiringnya jarum jam, hari meningkat berubah semakin gelap membuat kami khawatir akan terjadinya hujan, itu salah satu ke khawatiran kami yang mempengaruhi kami saat musim panen turun nya hujan. tetapi saya beruntung karena hari ini tidak hujan meskipun mendung mengubah harapan.

Saya mendapatkan hasil panen yang memuaskan sesuai dengan luas lahan sehingga membawa ke tempat pembelian (lapak pasar) yang di angkut oleh pic-up tengkulak. Sambil menunggu, Disini saya melanjutkan untuk menyaksikan aksi berbeda memuat-muatan gabah panen ke dalam angkutan mobil truck yang masih menunggu hasil panen dari kami pertanian.

IMG_20240519_171023_793.jpgIMG_20240519_171048_889.jpg
Menawarkan Hasil Panen Ke Timbangan Tengkulak

Saat ini harga pasar panen padi melambung tinggi dari panen sebelumnya, setidaknya saat ini saya mendapatkan penawaran harga yang dapat saya peroleh dengan angka harga pasar 61500 per kilonya "untung besar bagi pertanian" tetapi itu akan terdapat perbedaan dari harga pada dasar nya yang sulit untuk di prediksi pada hari berikutnya. Sehingga saya menerima berat timbangan dari hasil panen kali ini mencapai 518 kilogram karena saya menjual sebagian dari hasil panen yang saya memiliki di sana. Sehingga saya menerima pertukaran dengan uang yang menjadi tabungan dan sebagian masih di gantungkan untuk saya ambil pada hari berikutnya.

Setelah semua selesai saya mengarah pulang, dan bergegas mengarah ke kamar mandi untuk membersihkan diri dan berpakaian yang rapi, sambil menunggu masuknya waktu magrib tiba saya bersantai di ruang tamu sambil rebahan. Tidak lama azan magrib di komandangkan, saya pergi ke meunasah yang ada di ujung jalan dekat dengan rumah, saya menyelesaikan shalat magrib secara berjamaah.

IMG_20240519_200311_538.jpgIMG_20240519_200943_207.jpg
Membeli Makanan Saat Pulang, Kentucky Dan Kacang Rebus Di Simpang Rangkaya

Setelah shalat insya selesai kami pamit pulang. Dipertengahan jalan, simpang rangkaya saya mampir di beberapa gerai yang ada di simpang rangkaya untuk membeli bekal makanan kami nikmati di rumah. disini saya membeli 2 porsi Kentucky, satu kentucky seharga idr5000 sehingga saya mendapatkan idr10000 untuk dua potong kentucky. Kentucky salah satu makanan kesukaan anak-anak kami.

Saya berjalan tidak begitu jauh dan berdiri di pinggir jalan untuk membeli kacang rebus sebagai penambahan makan lan, mengingat cuaca begitu sejuk kacang rebus dapat menstabilkan keadaan. Disini saya membeli kacang rebus idr5000 saja, setelah membayar kami melanjutkan perjalan pulang dengan menikmati suasana malam begitu indah hingga tiba di rumah dan memarkirkan sepeda di teras rumah.

IMG_20240519_202904_353.jpgIMG_20240519_202807_896.jpg
Menikmati Suasana Malam Dengan Cemilan Bersama, Kacang Rebus Dan Kentucky

Malam yang indah dan menyenangkan saya habiskan bersama keluarga tercinta di rumah sambil menikmati cemilan, hal ini meningkatkan ke harmonisan rumah tangga yang lebih indah bergulir nya waktu menjadi momen bahagia. Apa lagi saya mendapatkan penambahan keseruan dengan tingkah lucu dari anak-anak. Meraka suka bercanda dan bercanda hingga larut malam mereka harus tidur karena takut setelah terdengar benturan atap dengan derasnya hujan datang. Saya juga memilih waktu untuk menjaga stamina dengan beristirahat, tertidur nyenyak..

Demikianlah yang dapat saya tulis di dalam artikel Economic Activity - Diary Game 2024/05/19 Saya, berakhir dengan baik. semoga terhibur bagi pembaca dan terima kasih sudah singgah di post saya. Sampai jumpa -_-

Salam @muksa

Sort:  

Dalam dunia yang seringkali dipengaruhi oleh fluktuasi harga dan cuaca yang tidak dapat diprediksi, keberhasilan panenmu kali ini adalah sebuah kemenangan. Harga pasar yang menguntungkan menjadi ganjaran atas usaha yang tidak mudah, menguatkan keyakinanmu pada keputusan untuk menjalani profesi sebagai petani.

 last month 

Terima kasih telah membaca dan berbagi komentar yang berharga ini.
Kami menjalan usaha kami sebagai petani untuk penting nya meningkat ekonomi, meskipun pengaruhnya cuaca yang menyebabkan harga tidak stabil, rasa lelah terhibur dan terhibur dengan menikmati panen ini. 🙏Semoga harimu menyenangkan.

Selalu semangat dalam menjalankan usaha pertanianmu, karena pentingnya pekerjaanmu tidak hanya untuk keluarga dan dirimu sendiri, tetapi juga bagi kemakmuran dan ketahanan pangan masyarakat secara lebih luas. Semoga usaha dan dedikasimu terus dimurahkan rezekinya, dan cuaca menjadi lebih mendukung upaya petani seperti dirimu yang gigih dan berusaha keras.

 last month 

Huff, sungguh mengesankan. Betapa bahagia nya kami memiliki pangan hasil upah usaha payah sendiri. Sumber daya alam dapat kita pertimbangkan yang menentukan masa depan. Dan pangan hasil dari pertanian yang mempengaruhi perekonomian negara🙂

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 last month 

Many thanks to the Steem Entrepreneurs community users who shared the original posts. We hope your contributions continue to inspire and strengthen the entrepreneurial spirit in our community.

Status Club#Club100
Verified userYES
Plagiarism & AI-freeYES
Bot-freeYES
Tag #steemexclusiveYES
Support of #burnsteem25YES
Beneficiaries of #steemkindnessYES
Verification date
May, 22 2024

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 last month 

Terima kasih telah memverifikasi postingan saya sis🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 61409.80
ETH 3358.74
USDT 1.00
SBD 2.49