Proses Pembuatan bolu Caramel

in Steem Entrepreneurs10 months ago

Assalamualaikum sobat steemian...

Seperti biasa pagi saya awali dengan bangun dan shalat shubuh, kemudian saya membantu ibu saya untuk menyiapkan sarapan untuk kami sekeluarga, dan setelah selesai sarapan pagi saya membereskan suami saya untuk berangkat kerja, seperti menyiapakan bajunya dan perlengkapan lainnya yang akan dibawa ke tempat kerja.

Karena pada hari itu saya libur sekolah setelah suami saya berangkat saya pun lanjut membereskan pekerjaan rumah seperti merapikan tempat tidur, mencuci piring dan pekerjaan rumah lainnya yang sebisa mungkin saya kerjakan.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cerita saya pada saat membuat bolu caramel atau lebih tepatnya tutorial membuat bolu caramel

Sebelum masuk ke tutorial saya akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari bolu itu apa, dan bahan utama untuk membuat bolu itu apa, secara garis besar Bolu atau kue bolu adalah kue berbahan dasar tepung, gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, dan ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan dari krim mentega, fondant, atau marzipan disebut kue tart.

Bahan untuk membuat bolu caramel sangatlah mudah ditemukan di pasar sekalipun itu pasar kecil yang berada di pedesaan.

IMG20230830103958.jpg
Persiapan bahan

Bahan-bahan yang saya pakai untuk membuat bolu caramel adalah sebagai berikut:

√ 5 butir telur
√ 500 gr gula pasir
√ 500 ml air panas
√ 150 gr tepung terigu
√ 150 gr tepung tapioka
√ 200 ml susu kental manis
√ 200 gr mentega/butter cair
√ 1/2 sdt baking powder
√ 1/2 sdt baking soda

Setelah sema bahan sudah disiapkan sekarang kita masuk ke proses pembuatan pembuatannya yaitu sebagai berikut:

Langkah pertama:

IMG20230830105839.jpg
Gula yang sudah mencair dengan sendirinya

Kita buat caramelnya dulu dengan cara masukkan gula ke dalam wajan lalu masal dengan api kecil supaya gulanya tidak gosong, tunggu gulanya mencair dengan sendirinya baru sesekali di aduk.

IMG20230830110028.jpg
Penambahan air panas kedalam gula yang sudah mencair

Dan setelah semua gulanya larut baru masukkan air yang sudah kita panaskan terlebih dahulu secara perlahan-lahan sampai airnya habis, dan kemudiakan sisiskah terlebih dahulu, hati-hati terkena ciptaran air gula karena panas dan bisa membuat tangan melepuh.

Langkah kedua:

IMG20230830110838.jpg
Pecahkan telur ke dalam wadah

Untuk langkah selanjutnya pecahkan telur dan kocok lepas telur sampai telurnya tercampur semua.

IMG20230830111326.jpg
Cairkan margarine

kemudian cairkan margarine sampai mencair sekitaran 50-70% kemudian matikan api dan aduk sampai margarinenya mencair semua.

IMG20230830112351.jpg
Masukkan semua bahan ke dalam wadah

Kemudian setalah itu masukkan tepung secara bertahap kedalan telur yang sudah kita kocok lepas tadi, masukkan margarine yang sudah dicairkan.

IMG20230830112508.jpg
Larutan gula masuk secara bertahap

Dan terakhir masukkan larutan gula yang sudah kita dinginkan tadi terlebih dahulu. Kemudian aduk semua adonan agar tercampur rata semua.

Langkah ketiga:

IMG20230830112902.jpg
Adonan yang sudah di saring

Adonan yang sudah tercampur rata tadi kita saring terlebih dahulu sebelum kita masukkan ke dalan loyang supaya tidak ada grindilan tepung dan kotoran dari larutan gula yang ikut terbawa le dalam adonan kuenya.

Langkah keempat:

IMG20230830120927.jpg
Adonan di masukkan ke dalam oven

Kemudian panaskan oven terbelih dahulu sebelum adonanya di masukkan, sesuaikan dengan oven masing-masing, karena kebetulan saya menggunakann oven trangking saya membutuhkan waktu sekitatan kurang lebih sekitaran 60 menit dengan api sedang.
Selama berada di oven kita cek juga kematangan dengan cara menusukkan lidi ke dalam adonan, jika adonannya tidak menempel ada lidi berarti tandanya bolu sudah matang.

IMG20230830123832.jpg
Bolu caramel yang sudah matang

Setalah menunggu kurang lebih 60 menit bolu caramelnya pun sudah matang dan siap disajikan, dan rasanya luar bisa enak dan pas tidak terlalu manis, dalamnya pun bersarang dengan bagus dan juga tekstur bolunya lembut.

IMG20230830125724.jpg
Penampakan bolu caramel yang sudah di potong

Tidak lama setelah dingin bolunya pun sudah dieksekusi terlebih dulu oleh ibu saya, tidak sempat daya untuk mengambil foto bolu caramel tersebut, dan kata ibu saya rasanya luar biasa.

Begitulah sedikit tutorial saya dalam membuat bolu caramel, semoga dapat menginspirasi sobat semuanya, dan selamat mencoba.

Create by @Funna

Sort:  
 10 months ago 

Wow kelihatannya sangat lezat...saya suka saya suka

 10 months ago 

Terimakasih

 10 months ago 

Terimakasih sis @funna sudah berbagi tutorial membuat bolu caramel. Proses pembuatannya terlihat sangat jelas dan rinci. Bolu caramel Anda terlihat lezat. Semoga hasilnya selalu enak dan menjadi kesukaan keluarga. Teruslah berbagi resep dan inspirasi lainnya bersama kami.

Status Club#club5050
Verified userYES
Plagiarism & AI-freeYES
Bot-freeYES
Tag #steemexclusiveYES
Beneficiaries of #steemkindnessYES
Voting CSI[ ? ] ( 0.00 % self, 0 upvotes, 0 accounts, last 7d )
Verification date
September 13, 2023

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 10 months ago 

Terimakasih atas verifikasi dan support nya

This post has been upvoted through -Steemcurator09.


Team Newcomer- Curation Guidelines For Septembert 2023 Curated by - @nahela

Note:

We invite all newcomers from 0 to 3 months of existence in steemit to use hashtags #newcomer and #country.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 67364.55
ETH 3256.67
USDT 1.00
SBD 2.64