My Impressions And Experiences In Transacting With Steem, Sbd And Trx

in Steem Entrepreneurs3 years ago

20% Payout to @steemkindness


Sumber

Baiklah pada postingan kali ini, Minggu – 09 Januari 2022, saya ingin mengikuti kontes yang diadakan oleh @afrizalbinalka yang bertemakan Your Impressions And Experiences In Transacting With Steem, Sbd And Trx. Saya turut mengajak @longhendra untuk berpartisipasi dalam kontes ini.

Setelah beberapa hari diumumkannya kontes, saya sedikit tertarik dengan tema yang diusung. Dimana hal tersebut merupakan manfaat steem yang bisa kita gunakan. Kegunaan steem itu sendiri bisa bermacam-macam, salah satunya bisa menjadi mata uang digital yang bisa ditukarkan dengan barang atau jasa.

Di era yang semakin modern ini, semua hal yang berkaitan dengan transaksi antar penjual dan pembeli menjadi semakin mudah.

Ingatkah kita, dahulu zaman nabi bertransaksi dengan menggunakan dinar dan dirham ?

Ingatkan kita saat belajar sejarah, dikatakan bahwa manusia zaman dahulu bertransaksi dengan menggunakan sistem barter ?

Dan sadarkah kita, sekarang kita mulai memasuki zaman bertransaksi dengan menggunakan uang digital ?

Perubahan zaman ini terjadi begitu cepat sekali teman-teman. Mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus beradaptasi dan belajar tentang ini (uang digital) agar kita tidak ketinggalan. Negara-negara maju mulai genjar mempelajari uang digital tersebut. Bahkan ada yang membuat undang-undang khusus tentang uang digital, Amerika dan China misalnya.

Kesan dan Pengalaman Saya Bertransaksi dengan STEEM, SBD dan TRX

Jujur, untuk sekarang saya belum memiliki kesan dan pengalaman apapun tentang bertransaksi dengan Steem. Hal ini dikarenakan saya masih berfokus untuk mengumpulkan Steem Power terlebih dahulu. Agar akun saya memiliki kekuatan SP yang memadai.

Saya bergabung di Steemit belum mencapai 1 bulan penuh atau lebih tepatnya pada tanggal 12 Desember 2021. Hal ini didukung dengan reputasi akun saya yang masih kecil dan juga Steem Power saya yang masih sangat rendah. Saya masih membutuhkan bimbingan dan arahan dari para senior tentunya.

Melihat perkembangan zaman yang terus maju, saya yakin sekali bahwa uang digital ini akan menjadi suatu kebutuhan yang primer dan mungkin dapat menggantikan uang bentuk fisik (uang kertas atau logam). Untuk itu kita harus mempersiapkan diri dengan baik dan juga terus berkontribusi dalam steemit ini untuk antisipasi jangka panjang.

Kelebihan Bertransaksi dengan Mata Uang Digital
  1. Sistem Pembayaran Yang Praktis
    Transaksi digital memberikan banyak kemudahan baik itu bagi konsumen maupun bagi produsen. Dimana tidak dibutuhkan lagi menulis atau mencatat struk pembelian dengan menggunakan tangan. Proses verifikasi juga semakin cepat sehingga pembayaran digital terjadi secara instan. Hal ini tentu dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang diakibatkan oleh human error, ataupun kehilangan struk pembelian dan lain sebagainya.

  2. Bukti Valid
    Sistem transaksi digital yang terpercaya akan membuat konsumen merasa aman. Apabila terjadi kesalah-pahaman antar penjual dan pembeli, konsumen dapat menunjukkan bukti sah pembayaran (Struk) saat bertransaksi.

  3. Menjangkau Konsumen yang lebih luas
    Sistem digital ini dapat memudahkan konsumen bertransaksi dengan produsen tanpa perlu tatap muka. Konsumen yang ingin bertransaksi dengan produsen pun tidak terbatas, bisa jadi antar kota maupun antar negeri. Sehingga sangat menguntungkan bagi produsen dalam mengembangkan usahanya dengan cepat.

Kekurangan Bertransaksi dengan Mata Uang Digital
  1. Merchant Yang Tersedia Belum Cukup Banyak
    saya menyadari mungkin belum sepenuhnya para penjual menggunakan sistem digital, seperti pasar-pasar tradisional yang menjual aneka kebutuhan sehari-hari. Terlebih saya belum memiliki pengetahuan yang cukup akan keberadaan penjual yang bisa menggunakan transaksi secara STEEM.

  2. Menjadi Lebih Konsumtif
    Seperti yang saya sebutkan diatas, bertransaksi secara digital membuat anda merasa praktis dan mudah. Hal ini tentu membuat anda semakin hanyut di dalam transaksi tersebut. Anda membeli barang yang ada inginkan tanpa memperdulikan akan efektivitas kebutuhan barang tersebut.

  3. Resiko Pencurian
    Harap menyimpan kata sandi (password) dan identitas anda dengan sangat baik. Hal ini bisa dijadikan celah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Semakin mudah suatu transaksi maka semakin besar pula resiko pencurian yang terjadi.

Demikianlah partisipasi saya dalam kontes ini, apabila ada informasi yang keliru atau bertentangan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Salam Hangat dari saya @elweyraiser

Sort:  
 3 years ago 

Terimakasih sudah berpartisipasi dalam kontes kami

 3 years ago 

Terima kasih kembali

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 58132.39
ETH 3138.08
USDT 1.00
SBD 2.44