The diary game, 26 Mei 2024 , Daftar Belanja Bahan Dapur

in Steem Entrepreneurs4 months ago (edited)

IMG20240526111650.jpg

Belanja barang dapur di hari Minggu

Salam pembuka
Assalamualaikum para sahabat steemian semuanya, senang rasanya bisa bersua kembali dengan sahabat steemian semuanya melalui tulisan, semoga kita semua berada dalam lindungan Allah SWT, dan selalu termasuk kedalam orang orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Kegiatan di pagi hari
Alhamdulillah segala puji bagi Allah SWT, lagi ini saya di bangunkan dalam keadaan sehat walafiat, sungguh karunia Allah yang tidak terhingga, begitu bangun terlebih dahulu saya berdoa agar hari ini apa yang saya kerjakan menjadi pahala bagi saya, kemudian saya membangunkan suami dan anak, selanjutnya kami melangkahkan kaki menuju kamar mandi untuk membersihkan diri dan bersiap siap untuk melaksanakan shalat subuh seperti biasanya, suami berangkat ke mesjid shalat subuh berjamaah, sementara saya dan anak shalat di rumah. Selesai shalat saya segera menuju ke dapur untuk memasak nasi goreng dan telur mata dadar, tak lama suami pulang, kami pun sarapan pagi.

Pada hari Minggu ini matahari bersinar dengan sangat cerah, kami sekeluarga keluar rumah untuk merasakan hangatnya sinar matahari, suami memeriksa beberapa potongan yang semalam di rangkai bersama temannya, sementara saya duduk di atas tembok dan berbicara dengan kakak ipar, kami membahas tentang berbagai hal, walaupun rumah bersebelahan tapi jarang ketemu karena kesibukan masing masing, jadi begitu bertemu tidak ada habisnya pembicaraan kami.
Selesai berbicara saya segera menyapu halaman dan suami pun berangkat bekerja sambil berbelanja ke pasar Inpres, semua bahan dapur yang habis

IMG_20240526_200018.jpg

kegiatan di halaman rumah

Sudah saya tulis agar suami tidak lupa membeli nya. Berikut barang yang harus di beli
1.Kentang 1 kg
2.Bawang putih 1/2kg
3.Cabe merah 1/4 kg
4.Cabe hijau 1 ons
5.Tomat 1 kg
6.Jahe 1 kg
7.Kunyit 1/2 kg
8.Udang 1 kg
9.Cumi cumi 1/2 kg
10.Lada bubuk 1 bungkus
11.Tepung sajiku 1 bungkus
12.Kunyit bubuk 1 bungkus
13.Daun seledri
14.Sayur campur 1 bungkus

Selesai saya membersihkan halaman depan rumah, saya bergegas masuk ke dalam rumah untuk mencuci kain, sambil mencuci kain saya memasak nasi, menyapu rumah, dan membereskan seluruh ruangan yang ada di rumah saya, pekerjaan tersebut bisa menghabiskan waktu 1 jam, dari tadi saya tunggu kenapa barang belanjaan belum di bawa pulang, sementara waktu hampir menunjukan pukul 11.00 pagi, tiba tiba bel rumah berbunyi, saya senang karena saya pikir suami pulang membawa barang belanjaan, begitu pintu terbuka, ternyata kakak ipar saya mau kasih pecal sayur, saya sangat senang karena itu menu kesukaan saya.

IMG20240526110602.jpg

Sayur pecal

Lalu saya masuk rumah, baru beberapa saat, bel rumah berbunyi lagi, ternyata belanjaan dari suami sudah datang, 1 kantong plastik besar saya bawa masuk ke dapur, untuk saya cek apakah semua yang saya pesan ada dibeli, ternyata tetap ada yang terlupakan, yaitu daun seledri, tepung sajiku, bubuk kunyit, dan lada ku. Tapi tak masalah karena barang tersebut ada di jual di dekat rumah. Nanti bisa saya suruh beli sama anak saya di warung terdekat.

IMG20240526111650.jpg

Belanja barang dapur di hari Minggu

Di bawah ini harga dari barang belanjaan pada hari ini

Nama BarangIDR PriceSteem Price
Kentang 1 kg12.0002.7
Bawang putih 1/2 kg13.0002.9
Cabe merah 1/4 kg12.0002.7
Cabe hijau 1 ons4.5001
Tomat 1 kg12.0002.7
Jahe 1/2 kg15.0003.4
Kunyit 1/4 kg4.5001
Udang 1 kg60.00013.6
Cumi-cumi 1/2 kg30.0006.8
Lada bubuk 1 bungkus1.0000.2
Tepung sajiku 1 bungkus3.0000.7
Kunyit bubuk 1 bungkus1.0000.2
Sayur campur 1 bungkus3.0000.7
Total171.00038.7

Semua barang belanjaan saya letakkan di 1 tempat dulu, tidak sempat saya bersihkan karena waktu sudah sangat mendekati siang, takutnya suami pulang makan siang, masakan belum ada di meja makan.

Kegiatan memasak menjelang siang hari

Langsung saja saya membersihkan udang dan cumi-cumi. Hp saya berdering, saya panggil anak saya untuk mengangkatnya, ternyata suami telepon untuk memberi tahu apa yang harus saya masak hari. Banyak banget pesanan masakan yang harus saya buat hari ini, tapi saya sangat senang memasak untuk suami dan anak saya.
Setelah udang dan cumi cumi saya bersihkan saya mulai memasak sesuai dengan pesanan suami

Menu pertama : udang dan kentang goreng sambal
Langsung saja saya goreng udang dan kentang sambil menunggu matang saya siapkan bumbu sambalnya, begitu udang dan kentang matang, di wajan yang sama saya masak bumbu sambal hingga matang masukkan udang dan kentang aduk aduk sebentar, selesai menu pertama.

IMG20240526124808.jpg

udang dan kentang goreng sambal

Menu kedua : Sayur rebus/bening.
Semua sayuran saya bersihkan lalu masak kuahnya, begitu mendidih saya masukkan sayur mayur nya, kurang lebih 5 menit menu ke 2 selesai

IMG20240526125127.jpg

Sayur rebus

Menu ke 3 : udang goreng pakai tepung sajiku
Saya panaskan minyak goreng, lanjutkan saya campur tepung sajiku dengan air, masukkan udang lalu saya goreng, selesai.

IMG20240526124913.jpg

Udang goreng pakai tepung sajiku

Menu ke 4 : Perkedel kentang tambah udang
Saya kupas semua kulit kentang, saya cuci bersih dan tambahkan garam, panaskan minyak goreng lalu saya goreng, sambil tunggu kentang matang, saya siapkan bumbu untuk adonan perkedel lalu saya goreng juga, kentangnya matang, saya tumbuk perlahan, sampai halus tinggal di bentuk sesuai selera, panaskan minyak goreng, balur dengan putih telur adonan perkedel, goreng sampai agak kekuningan, selesai.

IMG20240526132439.jpg

Perkedel Kentang Udang

Menu ke 5 : cumi-cumi goreng isi perkedel.
Adonan perkedel yang tadi saya buat, saya sisihkan sedikit untuk saya masukkan ke dalam cumi -cumi, lalu saya balur dengan tepung sajiku, panaskan minyak goreng, lalu goreng, Selesai.

IMG20240526132055.jpg

Cumi goreng isi perkedel

Menu ke 6 : kerupuk goreng

IMG20240526115717.jpg
Kerupuk

Alhamdulillah semua pesanan suami selesai saya masak ada hari ini, suami pun pulang, kami makan siang bersama. Senang hati melihat suami dan anak makan dengan lahap semua makanan.
Selesai makan suami istirahat sebentar sambil kami berbincang bincang, lalu suami berangkat kerja lagi, saya mengantar sampai ke pintu.
IMG_20240526_134641.jpg

mengantar suami kerja

Kemudian saya kembali ke dapur untuk membereskan barang belanjaan dan saya letakkan ke tempatnya masing-masing. Lalu membersihkan dapur, kemudian mencuci piring.

IMG_20240526_223333.jpg

Beresin barang belanjaan dan dapur

Kegiatan siang hari menjelang sore hari
Setelah semua selesai saya tidur siang.
Pukul 16. 30 bangun, lalu dan shalat, tak lama suami pun pulang, setiap suami pulang saya selalu menyiapkan cemilan sore hari, hari ini saya menyiapkan mie goreng dan perkedel goreng, suami pun makan sambil saya temani dan kami pun duduk sambil menunggu datangnya magrib.

IMG20240526174656.jpg

Cemilan sore hari

Azan magrib berkumandang, kami segera shalat, saya membantu anak belajar, pukul 21.00 suami makan malam. Selesai makan saya berberes di dapur, kemudian buka laptop dan mengerjakan beberapa pekerjaan, tepat pukul 22.00 saya berhenti kerja , mempersiapkan anak untuk tidur, lalu saya pun masuk kamar dan mempersiapkan diri untuk tidur. Alhamdulillah semua aktivitas saya hari ini terselesaikan. Terima kasih ya Allah atas nikmat mu hari ini. Terima kasih juga kepada semua sahabat steemian yang selalu membaca kegiatan rutinitas saya.

Salam hangat @dewirusli
Sort:  
 4 months ago 

Lengkap dan akurat..masakannya pun kelihatan enak kesukaan saya juga..😁

 4 months ago 

Terima kasih......

Lengkap sekali menu makan siangnya bu ya... Jadi lapar saya baca diarynya

 4 months ago 

Pesanan pak suami, berhubung hari Minggu, sesekali makan siang di rumah, wajib di turuti.

 4 months ago 

Many thanks to the Steem Entrepreneurs community users who shared the original posts. We hope your contributions continue to inspire and strengthen the entrepreneurial spirit in our community.

Status Club#club5050
Tag #steemexclusiveYES
Plagiarism & AI-freeYES
Bot-freeYES
Support of #burnsteem25NO
Beneficiaries of #steempreneushipNO
Verifier@harferri
Verification date
May 27, 2024

Hi @dewirusli,
Kami sangat mengapresiasi kepada setiap penulis yang berkenan mendukung pertumbuhan akun kurasi komunitas dengan menetapkan rewards 10% ke akun @steempreneurship. Komunitas akan berupaya memberi dukungan maksimal dengan sumber daya yang ada. Salam dan selamat berkarya!


Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 62299.15
ETH 2428.96
USDT 1.00
SBD 2.65