The diary game, 22 Juni 2024, Kuah SUP Tulang pakai Bakso Rasanya Nikmat

in Steem Entrepreneurs5 days ago
IMG20240622095115.jpgIMG20240622082113.jpg

Belanja untuk masak kuah sup tulang

Salam Pembuka

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi untuk kita semua, segala puji bagi Allah yang telah melimpahkan segala rahmat nya kepada kita semua.

Belanja ke pasar Inpres

Hari ini suami dan anak-anak saya kepingin makan kuah sup tulang pakai bakso. Kebetulan di lemari es ada 1 kantong tulang daging, ada tulang iga, tulang rusuk, tulang paha dan ada beberapa lagi, maklum dapat daging kurban jadi campuran deh tulangnya.
Tulang belulang tersebut saya keluarkan dari lemari es, saya dinginkan pakai air biar semuanya mencair.


Di rumah hanya ada tulang untuk bahan masak sup, sementara bahan yang lainnya tidak ada, otomatis saya harus ke pasar Inpres untuk belanja. Sebelum berangkat saya menulis bahan apa saja yang saya butuhkan agar tidak lupa membelinya.

Daftar barang belanjaan pelengkap buat kuah sup

  1. Bakso
  2. Mie kiloan
  3. Mie jagung
  4. Bumbu kuah sup
  5. Saus cabe
  6. Wortel
  7. Daun seledri
  8. Daun bawang
  9. Ladaku
  10. Jeruk nipis
  11. Tauge

Saya segera bersiap mandi dan segera berangkat ke pasar Inpres. Begitu sampai saya langsung ke tempat orang jualan bakso, Alhamdulillah tidak ramai, biasanya harus antrian dulu, saya lanjut membeli mie dan bumbu kuah bakso di tempat yang sama. Lanjut jalan sebentar di kios yang sama saya membeli mie jagung, jeruk nipis, ladaku, daun bawang dan seledri, tauge dan saus cabe. Setelah semua daftar belanjaan saya segera pulang. Dalam perjalanan pulang saya baru ingat ternyata SO KLIN untuk cuci kain sudah habis, jadinya saya beli di warung pinggir jalan.

Untuk harga belanja hari ini ada saya lampirkan di bawah, di akhir tulisan saya

IMG20240622082113.jpgIMG20240622083357.jpg

belanja hari ini

Proses masak sup tulang

Begitu saya sampai di rumah, langsung ganti baju dan bersiap-siap untuk masak, saya bersihkan tulang yang susah mencair seutuhnya, saya pakaikan garam dan jeruk nipis, kemudian saya masukkan ke dalam presto agar matangnya sempurna tapi hemat waktu, ketika mau merebus saya masukkan daun salam, bawang putih dan sereh agar tidak berbau amis. saya akan masak sekitar 40 menit.


Selanjutnya saya segera mengupas, membersihkan dan memotong kentang dan wortel sesuai selera. Kemudian lanjut bersihkan daun seledri dan daun bawang, dan terakhir bersihkan tauge. Setelah semua selesai saya simpan di wadah terpisah, nanti waktu dagingnya empuk tinggal di masukkan saja jadi gak ada yang kelupaan.

Waktu 40 menit pun berlalu, saya matikan kompor dan perlahan buka tutup prestonya, muncullah wangi harum semerbak khas kuah tulang menusuk ke hidung. Saya mencoba tingkat kematangan daging dan luar biasa sesuai prediksi, matang sempurna.

Untuk memasak kuah sup saya pakai kuali besar, saya tumis bumbu kuah sup samping harum, tidak lupa masukkan daun pandan, daun salam, sereh, bunga lawang, biji kapulaga dan kayu manis, lalu saya masukkan semua tulang dan tambahkan air, masukkan wortel, kentang daun bawang serta ladaku. Saya tunggu sampai mendidih terakhir saya masukkan tomat dan daun seledri. Selesai sudah proses saya masak kuah sup tulang daging.

IMG20240622095646.jpg


Begitu kuah sup tulangnya masak saya dan anak-anak segera ambil bakso, mie, pakai kuah sup tulangnya, tambah saus dan kecap, jadilah bakso ala rumahan. Setelah mereka makan saya membersihkan semua peralatan makan, dan membersihkan dapur, setelah itu saya langsung mandi, shalat Zuhur dan segera istirahat sambil menonton televisi.
Kegiatan di toko alat jahit

Setelah shalat asar kami memuat sebentar ke kota Lhokseumawe untuk mengobati hijab saya, sesampainya di sana ternyata harus antri dulu, karena penjualnya lagi melayani orang lain. Sambil menunggu saya mengamati barang yang dijual di toko tersebut, sekitar 10 menit menunggu tibalah giliran saya, saya segera menyerah 2 hijab yang akan saya obras, selesai saya langsung bayar, dan kami pun pulang.

IMG20240622160438.jpg
di toko penjual alat menjahit


Dalam perjalan pulang , Syakira minta di belikan kue pancung dari kelapa, saya pun berkeliling mencari di sepanjang jalan pulang di kota Lhokseumawe, ternyata tidak ada kue yang di maksud, saya pun bingung, kue apa yang dia di inginkan, setelah saya tanya ternyata kue nya memang gak di jual di situ, tapi di daerah Uteun Bayi tempat biasanya saya beli. Sesampainya di tempat yang di maksud kami pun segera membelinya. Sesampainya di rumah kami makan kue tersebut.

IMG20240622164458.jpg
kue pancung kelapa

Berikut ini daftar belanjaan hari ini

Nama BarangIDR PriceSteem Price
Bakso15.0002.49
Mie kiloan5.0000.83
Mie jagung3.0000.50
Bumbu kuah sup5.0000.83
Saus cabe12.0001.99
Wortel5.0000.83
Daun Seledri2.0000.33
Daun bawang2.0000.33
Ladaku1.0000.17
Jeruk nipis4.0000.66
Tauge2.0000.33
So klin10.0001.33
Kue pancung5.0000.83
Obras hijab8.0001.66
Total79.00013.64

Sekian cerita saya pada hari ini, terima kasih atas dukungan nya selalu untuk tulisan saya

Salam hangat @dewirusli
Sort:  
 5 days ago 

Many thanks to the Steem Entrepreneurs community users who shared the original posts. We hope your contributions continue to inspire and strengthen the entrepreneurial spirit in our community.b

Status Club#Club75
Verified userYES
Plagiarism & AI-freeYES
Bot-freeYES
Tag #steemexclusiveYES
Support of #burnsteem25NO
Beneficiaries of #steempreneurshipYES
Verification date
June, 29 2024

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 5 days ago 

Terima kasih atas verifikasinya untuk postingan kali ini

 5 days ago 

Sama-sama..

 5 days ago 

enak kali kayak kuah soto nya, kalau dekat udah pasti aku mau cicip.

 5 days ago 

Ya bu sri

 4 days ago 

Mumpung lagi liburan semangat belanja dan masak-masakan yang enak-enak.

 4 days ago 

Si Zafri banyak Pesanan nya

 4 days ago 

Iya,kak rindu dia masakan ma2knya..

 2 days ago 

Terima kasih kepada semua sahabat steemian yang telah mendukung postingan saya.

 2 days ago 

MasyaaAllah Bu 😍
Meski hanya melihat gambar saja namun sudah terbayang di lidah bagaimana rasa Kuah Sup Tulang & Baksonya 🤤
Terima kasih telah berbagi resep yang sangat lezat, Bu 😚🥰

 2 days ago 

Sama sama ibu

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 58799.78
ETH 3205.78
USDT 1.00
SBD 2.29