training activities for community empowerment cadres in dealing with neglected tropical diseases KUSTA

in Steem Entrepreneurs9 months ago
hai.... Sobat steemian semuanya, semoga kalian sehat-sehat dan tidak kurang suatu apapun.

Kali ini saya ingin memposting kegiatan pelatihan kader pembedayaan masyarakat dalam penanggulangan penyakit tropis terabaikan (KUSTA)

Sebelum saya memposting gambar saat di mulainya pelatihan terlebih dulu saya ingin menjelaskan sebelum saya menuju ke puskesmas saya telebih dahulu melakukan pekerjaan rumah karena anak saya bangunmya lebih awal, sudah 2 hari yang lalu saya ceritakan sama istri tanggal 26 september 2023 ada kegiatan pelatihan kader.

Kerena suasana masih pagi sarapan pagi pun tidak mungkin siap dimasak lagi karena saya harus tiba lebih awal, kerena tidak ada kesempatan memasak saya pum menyempatkan diri untuk membeli longtong sayur untu kami sarapan pagi

Menikmati sarapan pagi dengan lontong sayur

Lokasi Foto

Rasa yang enak dengan sedikit pedas membuat saya kenyang lontong sayur kali ini saya membelinya tidak jauh dari rumah saya, untuk 1 porsi lontong sayur di jual dengan harga Rp 5000 atau kalau kita konveksikan ke steem 1.96 steem, harga yang sangat ramah lingkungan tapi sobat jangan di liat harnya kalau sobat coba lontong sayur kali ini membuat nafsu makan sobat steem bertambah,

bagaimana tidak lontong yang dipadukan dengan mie ditambah sedikit bumbu kacang dan sedikit tempe di tumis menggunakan cabai hijau membuat menggugah nafsu makan kita, ohya sobat kalau mau pedes tinggal di seduhkan sambal cabai, saya pun membuka bungkus lontong sayur kemudian saya tuangkan kuahnya

Saya pun menikmati longtong sayur membuat mulut dan lidah saya sedikit bergoyang-goyang pokok nya sedap sobat

Suasana puskesmas

Saya tiba di puskesmas lebih awal sekitar pukul 07.45wib berhubung ada kegiatan pelatihan kader tentang pembedayaan masyarakat dalam penanggulangan penyakit tropis terabaikan (KUSTA)

IMG_20230926_113147.jpg
Narasumber Ns ZAINAL ABIDIN, S.Kep

IMG_20230926_113123.jpg

pelatiham tersebut yang diadakan selama 2 hari mulai taggal 26-27 september 2023 yang di ikut setakan 50 anggota kader desa kali ini yang menjadi nara sumber Ns ZAINAL ABIDIN, S.Kep beliu yang memaparkan beberapa katagori jenis penyakit kusta.

Beliau juga menjelaskan cara penularan penyakit kusta kepada kader-kader desa di samping itu beliau juga memotivasi para kader-kader untuk lebih giat bekerja, beliau juga menyarankan kepada kader-kader bila ada terdapat gejala-gejala yang sudah di jelaskan maka segera melapor kepetugas piskesmas agar bisa segere di tindak lanjuti

IMG_20230926_093725.jpg
Suasana saat pelatihan

IMG_20230926_093714.jpg

Setelah bapak zainal abidin menjelaskan semua kini tiba saatnya sesi pertanyaa.
Ada beberapa pertanyaan yang di lontarkan oleh kader yang menarik dari sekian banyak pertanyan yaitu "BAGAI MANA KITA MENGETAHUI BAHWA YANG TERDAPAT PUTIH-PUTIH DI WAJAH ATAUPUN DITEMPAT LAIN APAKAH ITU JENIS KUSTA"

bapak zainal abidin selaku bara sumber menjawab pertanyaan tersebut yang membuat para kader mengerti dan paham, Karena bila terdapat hal yang demikian maka kita beri sentuhan kecil dengan media alat seperti ujung polpen ataupun media lain seperti kapas bila si pasien tidak ada rasa di saat kita sentuh menggunakan media tersebut segera lapo kepetugas bagian kusta di puskesmas meurah mulia.

Saya @azwar82 dan Ns zainal abidin, S.Kep adalah petugas TB dan KUSTA, kami juga memberika kontak person kepada kader-kader supaya lebih mudah untuk menghubungi petugas

Setelah selesai pelatihan kami pun menyedikan makanan siang juga sedikit uang traspor kepada kader-kader.

Makanan siang

Selesai membagikan makan siang kepada kader-kader desa maka untuk acara pelatihan sudah selesai.

Kucup disini dulu kegiatan pelatihan kader kali ini ya sobat steemian kalu ada kesempatan saya akan melanjutkan peltihan yang akan datang.

Terima kasih kepada sobat steemian yang telah singgah di postingan saya kali ini.

SALAM DARI SAYA

indonesia 26 september 2023
@azwar82

We invite you to support @pennsif.witness for growth across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.
Click Here
Sort:  
 9 months ago 

Thank youbrother @azwar82 for publishing an article on the Steem Entrepreneurs page. Your contributions and interactions are of invaluable for the development of a better community.

Status Club#club5050
Verified userYES
Plagiarism & AI-freeYES
Bot-freeYES
Tag #steemexclusiveYES
Beneficiaries of #steemkindnessNO
Voting CSI[ ? ] ( 3.85 % self, 26 upvotes, 15 accounts, last 7d )
Verification date
September 26, 2023

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 9 months ago 

Semoga ilmunya bermanfaat dan dapat diterapkan oleh para kader yang telah mengikuti pelatihannya, oh ya kelihatannya lontongnya juga sangat lezat ya pak @azwar82

 9 months ago 

Lontong yang sangat pantas untuk dicicipi, rasa yang begitu lezat

 9 months ago 

Iya, kelihatannya juga sangat lezat

This post has been upvoted through -Steemcurator09.



Team Newcomer- Curation Guidelines For Septembert 2023 Curated by - @karianaporras

Note:

We invite all newcomers from 0 to 3 months of existence in steemit to use hashtags #newcomer and #country.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 60289.82
ETH 3304.15
USDT 1.00
SBD 2.42