Steemit Engagement Challenge Season 4 Week 3 | My Daily Transportations: Sepeda Motor Dinas

in Steem Entrepreneurs2 years ago

PhotoCollage_20220914_012607498.jpg

TZjG7hXReeVoAvXt2X6pMxYAb3q65xMju8wryWxKrsghkLCUnZAoZzrXPy6xTmSMgbNt44wx7RV4cPsMY86uchaZLGPJ2Z1KD2UzRG6ddPWLSqv5UYVX3AGrEvF2ioZisFdqLG3Vc6thot.jpeg

Set 25% to @null, 10% for Charity via @adollaraday 100% Pay Out For Power Up

Selamat Malam sahabat semuanya di manapun berada....

Semoga kita semua dalam keadaan Sukses dan sehat serta dapat beraktivitas dan semua yang kita rencanakan dapat berjalan dengan sukses

Postingan ini merupakan keikutsertaan saya dalam steemit engagement challenge sesi yang keempat Minggu yang ketiga yang diselenggarakan oleh Komunitas Steem entrepreneurs yang kali ini bertema tentang transportasi harian

Pendahuluan

Sebagai makhluk hidup kehidupan seseorang tidak bisa dipisahkan dari mobilitas dan kendaraan sebagai sarana penunjang kemanapun seseorang hendak pergi karena tidak mungkin kita Hanya berdiam di rumah saja pasti perlu untuk pergi ke suatu tempat baik itu untuk bekerja untuk memberi kebutuhan hidup atau bersilaturahmi dan sebagainya sehingga kita pasti memerlukan kendaraan sebagai alat transportasi sehari-hari

Biaya transportasi harian

Sebelum membahas tentang biaya transportasi harian yang saya keluarkan terlebih dahulu harus dipahami rute perjalanan sehari-hari yang saya tempuh dan juga kendaraan apa yang saya gunakan sebagai seorang abdi negara atau pelayanan masyarakat yang sehari-hari bertugas di Kantor Urusan Agama Kecamatan lapang setiap hari Senin sampai dengan Jumat rutin saya berangkat dari rumah menuju ke kantor urusan agama Kecamatan lapang,Location, dengan jarak tempuh lebih kurang 20 km dan waktu tempuh lebih kurang setengah jam

Adapun kendaraan yang saya gunakan untuk sehari-hari berangkat ke kantor menggunakan sepeda motor dengan spesifikasi mesin 125 cc sehingga masih tergolong irit dan menggunakan bahan bakar minyak dengan bilangan oktan 92 atau masih bisa menggunakan pertalite dengan harga per liter sekarang setelah dinaikkan oleh pemerintah yaitu Rp10.000 atau setara 3 Steem

IMG_20220913_120001.jpgIMG_20220913_120029.jpg
Sepeda Motor Sebagai Alat transportasi harian Saya

Untuk setiap liter bahan bakar yang saya gunakan yaitu pertalite, Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya bisa bertahan sampai dua hari, Sehingga dalam setiap hari saya hanya membutuhkan biaya transportasi lebih kurang Rp5.000 atau setara 1,5 STEEM kecuali bila saya memerlukan transportasi untuk pergi ke tempat yang lebih jauh maka biayanya tentu akan lebih besar, sehingga bila dikalkulasikan untuk biaya bahan bakar minyak setiap minggunya sekitar Rp. 35.000 atau setara 11 STEEM dan setiap bulannya adalah Rp 150.000 atau setara 45,7 STEEM

IMG_20220909_100559.jpg

Pertalite yang saya gunakan untuk Sepeda Motor Saya

Menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi harian tentu saja membutuhkan kepada perawatan dan juga penggantian sparepart sudah terjadi kerusakan dan untuk biaya perawatan rutin yang saya bayar biasanya untuk penggantian oli secara periodik setiap 2 bulan sejumlah Rp 45.000 atau setara 13, 8 STEEM, dan juga untuk biaya service berkisar antara Rp50.000 sampai 100.000 untuk 2 bulan sekali atau setara 30 STEEM

IMG_20220913_165139.jpg

Servis Rutin Sepeda Motor

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang biaya untuk asuransi mobil dan sebagainya karena saya belum mampu memiliki mobil semoga tidak lama lagi saya mempunyai sejumlah uang untuk dapat membeli mobil karena sudah membutuhkan untuk keperluan keluarga demikian juga untuk transportasi umum Saya tidak akan membahasnya karena sangat jarang saya menggunakan transportasi umum

Polusi udara

Saya sangat bersyukur tinggal di daerah pedesaan jauh dari perkotaan atau bahkan jauh dari kota besar yang tingkat polusi udaranya sangat mengkhawatirkan, di desa saya tinggal yakni desa kanot kecamatan syamtalira Aron, Location, udaranya masih sangat bersih, apalagi di pagi hari saya bisa menikmati udara yang sangat segar dan sejuk, jadi di daerah saya atau di desa dan kota saya belum terjadi permasalahan yang besar terkait dengan polusi udara

Pemerintah menurut saya telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan terjadinya polusi udara termasuk dengan membuat kebijakan-kebijakan melarang penggunaan mesin yang tidak ramah lingkungan, namun secara global di Indonesia polusi udara sering terjadi akibat kebakaran hutan yang sering terjadi di musim kemarau yang kadang membuat pemerintah kewalahan karena hutan yang terbakar mencapai ratusan ribu hektar bahkan asapnya bisa sampai ke negara tetangga Indonesia yaitu Malaysia dan Singapura

Ada beberapa cara yang menurut saya bisa kita lakukan untuk mengurangi polusi udara di tempat kita diantaranya adalah menggunakan sepeda motor atau alat transportasi yang ramah lingkungan yaitu yang mesinnya adalah lulus uji emisi dan service lah sepeda motor anda jangan sampai berasap yang dapat mengakibatkan pencemaran udara

Usaha lainnya yang dapat kita lakukan adalah menggunakan moda transportasi yang tidak menggunakan bahan bakar fosil seperti menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari bila anda bepergian tidak jauh atau hanya untuk keperluan sehari-hari di desa tidak perlu menggunakan sepeda motor cukup menggunakan sepeda biasa sebagai usaha untuk mengurangi polusi

IMG_20220902_084520.jpg

Menggunakan Sepeda Untuk Mengurangi Polusi Udara
Kendaraan listrik sebagai moda transportasi

Kendaraan listrik akan menjadi kendaraan pilihan di masa-masa yang akan datang, saat ini sedang menunggu proses produksi secara massal sehingga saat ini harga untuk kendaraan listrik Masih mahal dan belum terjangkau untuk kalangan ekonomi ke bawah dan masyarakat secara umum, namun saya yakin dengan inovasi yang terus dikembangkan pada akhirnya kendaraan listrik akan mendominasi karena lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan

IMG_20220913_135914.jpg

Semoga Jalanan Kedepan Akan Dipenuhi Kendaraan Listrik

Saya sangat berharap agar penelitian dan inovasi untuk melahirkan kendaraan listrik yang murah terus dilakukan, dan pemerintah dapat memudahkan investasi untuk mendukung kendaraan listrik seperti pembuatan baterai yang berbahan litium yang banyak terdapat di Indonesia khususnya di Sulawesi Sehingga nantinya Indonesia bisa menjadi basis produksi kendaraan listrik minimal untuk tingkat Asia Tenggara

Dengan banyaknya produksi kendaraan listrik tentu harganya akan bisa ditekan dan bisa lebih murah sehingga kita sebagai masyarakat biasa dengan penghasilan yang rendah dapat menikmati kendaraan listrik, semoga harapan tersebut segera terwujud

Demikian review saya tentang transportasi harian, dalam kesempatan yang baik ini saya mengajak rekan-rekan semua pak @anroja, bang @waterjoe, bang @moer pak @radjasalman pak @ridwant pak @muzack1 dan lain lain untuk ikut berpartisipasi dalam kontes ini, Saya yakin anda semua memiliki alat transportasi yang lebih dari saya

TZjG7hXReeVoAvXt2X6pMxYAb3q65xMju8wryWxKrsghkLCUnZAoZzrXPy6xTmSMgbNt44wx7RV4cPsMY86uchaZLGPJ2Z1KD2UzRG6ddPWLSqv5UYVX3AGrEvF2ioZisFdqLG3Vc6thot.jpeg

IMG-20220212-WA0070.jpg

Mohon bimbingan, arahan sekaligus dukungan dari Pengelola Komunitas Steem Entrepreneurs:
@harferri | @steempreneurship | @tucsond | @afrizalbinalka | @akmal1

Cc.
@pennsif
@adollaraday

Best Regard,

@abialfatih

Aboutme


4HFqJv9qRjVeVQzX3gvDHytNF793bg88B7fESPieLQ8dxHi6mXxZoxpbkQ3eDb1K7GpshcgjH3hL2VmNK91VKhT3H8aMpEYCATjcdeBMDb4Uoh6eWVc7KNrseRuRT8sGpA1K3enuUpP6SUAikQUGVT5GJRbUs5uxPTL.jpeg


Sort:  
 2 years ago 

Mantap nih gaya abi dalam.mengendarai sepeda motor, kaau bicara postingan udah top markotop lah , postingannya selalu berkualitas. Sukses terus ya..

 2 years ago 

Jangan berlebihan buk, saya hanya pemula, masih harus banyak belajar sama ibuk

 2 years ago 

Thank you brother @abialfatih for participating in Steemit Engagement Challenge Season 4 Week 3 and let's interact with other contestants through relevant and meaningful comments.

Team verification results :
Post informationStatus
Verified UserYES
Tag #steemexlusiveYES
Plagiarism - FreeYES
Bot - FreeYES
Support #burnsteem25YES
Club Status#club100
Voting CSI17.6 ( 0.00 % self, 165 upvotes, 93 accounts, last 7d )
Score
8.7

Kind regards,
Steem Entrepreneurs Team

 2 years ago 

Terimakasih atas verifikasinya

 2 years ago 

Grek jeut

 2 years ago 

Jeut

 2 years ago 

Bersepeda adalah hal yang sangat positif selain dapat mengurangi polusi udara bersepeda juga dapat membuat badan lebih sehat. Semoga sehat Selalu Abi

 2 years ago 

Terimkasih doanya tuan guru

 2 years ago 

sama sama abi

 2 years ago 

It is a very nice post. Your images were explicit and very intriguing.
Using Bicycles is not only environmental friendly, but also very good for human health as it is a form of exercise. I have one I use too only for short distances though. Lol 😆 .. Thank you for this beauty and good luck.

 2 years ago 

Thanks for your attention and support my friend... Have a nice day

 2 years ago 

Untuk biaya transportasi baik itu biaya perawatan dan bahan bakar sudah termasuk biaya yang lumayan tinggi. Namun apa boleh buat, karena sepeda motor juga butuh perawatan secara berkala agar pemakaian sepeda motor yang kita gunakan tidak bermasalah saat digunakan.

 2 years ago 

Benar sekali, lebih baik rawat rutin daripada brat reuloh...

 2 years ago 

Jelas itu

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.12
JST 0.031
BTC 61757.83
ETH 2905.75
USDT 1.00
SBD 3.62