Steem engagement challenge-S10/W1| I do believe in God and Evil power existssteemCreated with Sketch.

20230607_113655_0000.jpg

Dibuat dengan Canva


Halo teman-teman Steemit semuanya. Senang rasanya bisa mengikuti tantangan keterlibatan ini. Apalagi dengan ini saya bisa memberikan perspektif orisinil milik saya pribadi. Sebuah kesenangan tersendiri mendapatkan ruang untuk berbagi opini seperti ini.

Saya sangat berterima kasih pada tim dan komunitas yang telah mengadakan kontes engagement ini. Semoga kalian berada dalam keadaan sehat dan penuh kebahagiaan. Semoga kontes ini bisa berjalan dengan lancar dan menimbulkan engagement yang cukup besar.

Berikut adalah perspektif yang bisa saya bagikan:


Apakah Anda percaya Tuhan dan kekuatan jahat ada? Jelaskan?

pexels-tom-d'arby-5949612.jpg

Source: Pexels


Saya percaya Tuhan. Setiap hari saya melakukan ibadah kepada Tuhan. Selain itu saya juga percaya bahwa kekuatan gaib itu ada. Karena di dunia ini masih banyak hal yang belum bisa saya pahami.

Kepercayaan saya kepada Tuhan bermula ketika orang tua saya menyekolahkan saya ke sebuah tempat belajar kitab-kitab islam. Tempatnya di sebuah masjid karena saya adalah orang islam. Lalu dari banyak ajaran dan interaksi di masjid itu. Kepercayaan saya kepada Tuhan mulai tumbuh dan mendarah daging.

Mula-mula kepercayaan saya bersifat dogmatis. Tentu saja karena seorang anak kecil tidak akan paham mengenai konsep ketuhanan yang cukup kompleks. Namun seiring waktu saya mempelajari ajaran-ajarannya dan berusaha menerapkannya sebisa mungkin karena saya semakin percaya. Apalagi ajaran yang diberikan adalah kebaikan.

Saya juga meyakini bahwa kekuatan jahat itu ada. Bahkan kekuatan jahat berada di setiap diri manusia. Manusia adalah makhluk yang dinamis. Mereka biasanya melakukan kebaikan, tapi biasanya juga melakukan kejahatan. Apalagi di dunia ini banyak sekali aturan dan orang yang melanggar aturan bisa disebut orang jahat.

Kekuatan jahat berada di tiap diri manusia. Kekuatan ini berasal dari keinginan yang berlebihan, ketamakan, kerakusan, kebodohan, dan juga ketidakberdayaan. Saya sarankan untuk anda berhati-hati dengan orang yang memiliki karakter seperti ini. Karena kekuatan jahat bisa menular.


Pernahkah Anda merasakan kekuatan gaib? Jelaskan.

pexels-liza-summer-6383271.jpg

Source: Pexels


Apabila kekuatan gaib yang dimaksud adalah berkaitan dengan setan dan sejenisnya dalam artian harfiah. Saya belum pernah merasakannya.

Dulu saya pernah berusaha untuk meyakini adanya setan atau kekuatan gaib. Bahkan saya sangat penasaran dengan hantu-hantu. Tapi ternyata saya tidak cukup sanggup untuk menjangkau mereka. Saya sadar apabila saya cukup lemah dalam hal ini.


Bagikan perspektif Anda tentang kuasa Allah dan Kejahatan?

pexels-alena-darmel-8164573.jpg

Source: Pexels


Kuasa Allah. Allah adalah segalanya di dunia ini. Bahkan Allah juga segalanya di dunia maya. Allah juga segala-galanya di dunia-dunia lain yang tidak terjangkau oleh manusia. Dia memiliki kekuasaan yang mutlak dan tidak terbantahkan.

Kenapa? Ini hubungannya dengan keyakinan. Bisa jadi perspektif kita akan sangat berbeda.

Dengan meyakini kuasa Allah yang mutlak dan tidak tertandingi. Maka saya bisa menyandarkan hati dan pikiran saya pada-Nya. Sehingga hidup saya bisa berjalan dengan tenang dan damai. Karena saya tahu bahwa saya adalah orang biasa.


Mengenai kejahatan, kejahatan ada di mana-mana. Ini juga memiliki kaitan dengan pengetahuan seseorang, dan juga ego seseorang.

Soal ego kita tahu. Orang egois biasanya rakus, jahat, korupsi, mengambil hak orang lain dan melakukan kejahatan dengan melanggar hukum yang sudah disepakati bersama-sama. Orang egois yang memelihara dan memupuk keinginan-keinginan yang merugikan orang lain sangatlah jahat.

Tapi soal kejahatan yang disebabkan pengetahuan seseorang, dalam hal ini adalah seseorang melakukan kejahatan karena orang tersebut bodoh. Cukup rumit. Bahkan bisa jadi saat ini kita melakukannya tanpa sadar. Alasannya karena kita bodoh.

Contoh sederhananya seperti ini. Kepala desa ingin membantu warganya yang terkena musibah. Tapi dengan cara menggunakan dana yang seharusnya digunakan untuk proyek lain. Maka kepala desa itu juga jahat.

Contoh lain misalnya kejahatan yang dilakukan karena kebodohan. Yaitu orang tua yang marah-marah kepada anaknya yang sulit di atur. Anak itu sulit diajak kompromi dan diberi arahan. Apalagi diajak diskusi? Anak itu tidak bisa. Padahal sebenarnya orang tua itu tidak memahami perkembangan anak dan bagaimana karakter anak yang dominan pada masa-masa tertentu.


~|~

Itulah perspektif yang bisa saya berikan pada kontes ini. Tolong beri tahu saya apabila perspektif saya keliru. Atau kamu juga bisa memberikan opinimu mengenai konten yang saya publikasikan ini.

Saya juga mengajak @miswarofficiall, @ahmadrosyid, @sembuh, dan @mariami untuk mengikuti tantangan keterlibatan ini. Semoga tema ini cocok untuk kamu.


Tentang Saya
Khoirul Muttaqin

Sort:  

Bismillah
Ayo kita coba 😁

Bismillah, Ayuuk gas ⛽ 😁

 last year 

Terimaksih bg telah memberikan surat undagan buat saya, Semoga saya bisa menghadiri challenge ini👍

Loading...
 last year 

স্রষ্টা আছে এটা আপনি বিশ্বাস করেন,, এটা আমি আপনার পোস্ট পড়ে জানতে পারলাম! এবং অশুভ শক্তি প্রতি আপনার বিশ্বাস এবং আস্থা আছে।

আপনি বলেছেন আপনি এখনো পর্যন্ত অশুভ শক্তির প্রয়োগ,, বা অনুভব করতে পারেননি। কারন আপনি মনে করেন আপনি এর ক্ষেত্রে অনেকটা দুর্বল।

ঈশ্বরের শক্তি এবং মন্দ শক্তির ব্যাপারে আপনি খুবই মূল্যবান একটা বিষয় আপনি তুলে ধরেছেন। এবং অনেক সুন্দর একটা ব্যাখ্যা আপনি আমাদের সাথে করেছেন। যেটা পড়ে আমার কাছে বেশ ভালো লাগলো। আমরা সবাই জানি আমাদের সৃষ্টিকর্তা একজন তার কোন ইলাহ নেই।

অসংখ্য ধন্যবাদ প্রতিযোগিতায় অংশগ্রহণ করার জন্য। এবং প্রত্যেকটা প্রশ্নের উত্তর সঠিকভাবে দেয়ার জন্য। আপনার জন্য অনেক অনেক শুভকামনা রইল। ভালো থাকবেন।

Terima kasih telah menerima opini saya. Anda orang baik karena memberi kesempatan saya memberikan perspektif pribadi di sini.

Terima kasih telah meluangkan waktu anda. Salam hangat dari indonesia.

El mal es algo que tiene que existir mi amigo, para que Dios pueda procesarnos por medio de el, dar grandes lecciones y luego impregnarnos de todo el bien posible. Saludos cordiales y éxito en tu participación.

Salam dan sukses untuk anda juga.
Terima kasih telah hadir di sini 😍

TEAM 1

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04. We support quality posts , good comments anywhere and any tags.
Curated by : @pandora2010

Screenshot_20221130-164846_Canva.jpg

Coin Marketplace

STEEM 0.21
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 69662.55
ETH 3388.96
USDT 1.00
SBD 2.77