"Menyaksikan Kemeriahan Pembukaan Tanjungpinang Fest 2024"

in Hot News Community2 months ago


Suasana semarak dan meriah dikota Tanjungpinang seakan tiada habis-habisnya. Silih berganti kegiatan bermanfaat dan menghibur warga Melayu di Kota Gurindam XII. Malam hari gemerlap lampu bercahaya di setiap lokasi kegiatan seakan warga Tanjungpinang selalu bergembira ria. Salah satu kegiatan besar dan menakjubkan adalah Tanjungpinang Fest - Festival Kopi Merdeka 2024 yang dilaksanakan dijantung pasar jalan Merdeka kota tercinta.

Berita kegiatan ini sangat menarik warga dan Aku yang merupakan warga Kota Tanjungpinang (warga rantau) ingin membaur bersama warga lainnya untuk merengkuh kebahagian dan kebanggaan. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 4 Agustus 2024 pukul 19.30 WIb. Aku berangkat menuju lokasi usai salat isya. Jarak rumahku dengan lokasi tidak terlalu jauh dan hanya kurang lebih tujuh menit. Aku sudah tiba dilokasi.

Aku numpang parkir motor di kantor Pomal. Jalan arah kelokasi ramai.Macet juga dan jalan Teuku Umar hingga jalan Merdeka sudah ditutup karena merupakan arena beberapa rangkaian. Banyak stand UMKM di kanan dan kiri jalan. Sangat ramai. Satu persatu tamu undangan tiba. Berbagai bentuk model mobil muncul seperti Aphard, Pajero, Avanza dll.



Stanby di gapura mini

Aku belum masuk di lokasi dan masih berdiri didepan gapura mini. Panitia sibuk mengatur tamu undangan yang masuk dengan mengarahkan mobil untuk diparkirkan dengan benar agar tak membuat macet jalanan. Sepintas Aku mendengar bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dan Rombongan serta Gubernur Kepri, Drs. Ansar Ahmad belum tiba. Aku masih sabar menunggu dilokasi dan punya misi foto selvi.



Berjumpa Pak Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

Tak berselang lama rombongan Pak Menteri dan Gubernur tiba. Aku menyaksikan beliau bersalaman dengan beberapa warga. Pak Gubernur mendampingi dengan setia disampingnya.
Nah, pada saat Pak Menteri akan melewati gapura langsung saja Aku melesat dan merapat kearah Pak Menteri. Aku bersalaman dan menyampaikan kepada beliau bahwa Aku pernah jumpa di Sabang saat beliau kunker. Beliau teringat bahwa pernah mendapatkan kopiah Aceh yang Aku berikan saat mengantar beliau di pelabuhan Balohan Sabang. Kurang lebih hampir dua tahun lebih tak berjumpa. Mungkin rombongan lain yang menyaksikan suasana keakraban kami agak terheran-heran. Aku tak memperhatikan hal tersebut dan misi sudah tercapai dengan mudah. Aku bisa foto selvi dengan beliau. Alhamdulillah.



Kostum unik dan menarik meramaikan kegiatan Tanjungpinang Fest 2024

Beliau masuk kelokasi diikuti rombongan lainnya. Suasana di panggung dan sisi kanan kiri jalan sudah ramai. Panggung utama sudah hadir para tamu undangan dari Forkopimpa Kepulauan Riau (Kepri). Aku bukan undangan jadi bebas wara wiri bagaikan burung yang terbang sesuka hati. Pada saat menuju
ke lokasi Aku melihat beberapa anak muda dan gadis berpakaian menarik dan nyentrik. Entah bahannya dari apa dibuatnya namun saat dipakai bagus sekali. Kaum Adam dan Hawa seluruh tubuhnya dihiasi pakaian yang bernilai seni. "Emang ngak pegal kepalanya memakai kostum pakaian ini," tanyaku penasaran. "Pegal juga pak. Tapi senang hatinya," jawab sang pemuda. Oh iya, wajah mereka pun sudah bukan tampak aslinya karena wajahnya kena poles bedak agak ketebalan. Aku dan dua temanku ikut berfoto dengan senang hati dan tegar senyuman.



  • Bangga bersama Paskibraka Kepri*

Kemudian melangkah kedepan Aku berjumpa dengan putera Puteri hebat generasi masa depan bangsa, yaitu kelompok Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kepri. Pakain putih-putih plus sal dileher merah putih menambah kegagahan dan kebanggaan. Tidak mudah menjadi Paskibraka karena harus menjalani tahapan proses seleksi ketat. Maka selamat buat adik-adik pilihan yang diberi tanggungjawab menjadi Paskibraka. Aku tak pernah menjadi Paskibraka maka cukuplah Aku numpang bangga dengan ijin foto bersama anak muda hebat. Aku bersama teman, Prof. Sjamsul Rizal dari Aceh sesaat bergembira ditengah pasukan berbaju putih-putih.

Acara baru saja dimulai. Pembawa acara atau Master of Ceremony (MC) dipimpin oleh artis pelawak Indonesia yaitu Bedu. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 4 - 11 Agustus 2024 dengan rangkaian lomba yang sangat bervariasi yaitu Festival Lagu Andy Liani, Modern Dance, Merdeka Fashion Week, Instagram Photo Compettion tentang Kopi, Mobile Legend Compettion, Batik Kopi, Lomba Lukis, Lomba Mewaranai, Carnaval, Aerobatic Compettion dan Video UMKM.



Tari Persembahan dan Semangat Merah Putih

Sebagaimana tradisi di kota Melayu maka mengawali kegiatan ditampilkan tarian persembahan dengan menampilkan para gadis-gadis Melayu yang menari dengan apik. Tarian persembahan ini khusus ditampilkan jika ada tamu agung pada suatu kegiatan. Salah seorang penari membawa kota sirih dan secara perlahan mendekat memberikan kepada tamu utama untuk mengambil sirih dan selanjutnya tamu pilihan lainnya. Sirih diumpamakan sebagai bentuk perekam dalam pergaulan antar insan satu dengan lainnya. Dan, ada juga ditampilkan tarian hiburan para pemuda dengan setiap diri membawa bendera merah putih dengan penuh semangat. Sangat menghibur para tamu dan pengunjung dilokasi tersebut.

Bang Bedu sebagai MC sudah sangat pengalaman mengatur ritme kegiatan. Kocak dan menarik. Sambutan demi sambutan ditampilkan. Sambutan singkat dari Pj Walikota Tanjungpinang Andri Rizal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menparekraf yang berkenan hadir pada acara ini.

Pak Gubernur Kepri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi sekaligus terimakasih kepada Menparekraf dengan terpilihnya Tanjungpinang Fest masuk dalam KEN 2024.

"kegiatan ini bagian dari memperkaya berbagai iven budaya, pariwisata di Kepri, dalam upaya meningkatkan angka kunjungan wisata. Untuk iven-iven serupa tidak hanya menjadikan Kepri sebagai provinsi tiga besar nasional terbesar kunjungan wisman, tetapi menjadikan Kepri sebagai provinsi terbesar kunjungan wisman setelah Bali," Gubernur menjelaskan dengan penampilan tenang. Beliau berharap iven besar pariwisata juga diselenggarakan di seluruh kabupaten/kota di Kepulauan Riau. "Semoga sektor pariwisata menjadi sektor unggulan di Kepri," (Batamtoday.com,5/8/2024)


![1000412720.jpg](

*Sambutan Gubernur Kepri dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia *

Sebagai sambutan Pamungkas maka Pak Menteri ikut naik ke panggung. Beliau adalah sosok Menteri yang enerjik dan suka lari. Menuju ke panggung pun sambil berlari-lari kecil. Diatas panggung beliau melihat seniman yang sedang melukis dengan penutup wajah. Hebat dan luar biasa beliau mampu melukis. Pada saat itu belum tahu apa yang dilukis. Pak Menteri sempatkan lihat dan berkomentar lucu tentang apa yang ditulis oleh seniman hebat dari Kepri. Kemudian pak Menteri menyampaikan ucapan selamat kepada Provinsi Kepri (Kepri) dengan terpilihnya Tanjungpinang Fest sebagai salah satu iven terbaik Indonesia, Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

"Di Indonesia ada 110 iven (KEN 2024) unggulan yang sesuai arahan Presiden. Dikurasi dan dipilih oleh Kemenparekraf. Dan saya ucapkan selamat kepada Kepri berhasil menembus ribuan iven yang dikurasi. Kita siap berkolaborasi, Tanjungpinang Fest 2024 berhasil lolos dari ribuan iven di Indonesia yang dikurasi." Pak Sandiaga Uno menjelaskan secara gamblang.

Beliau menambahkan bahwa iven ini terpilih karena memenuhi kriteria strategi Kharisma Event Nusantara yang menggabungkan storynomic - narasi dan konten kreatif, pola perjalanan wisata dan ada wawasan kecintaan terhadap Kota Tua Tanjungpinang. (Batamtoday.com,5/8/2024)


center>
  • Asyiknya minum kopi ditengah keramaian*

Nah, disela-sela sambutan dan antusiasnya para pengunjung mengikuti acara, walau duduk melantai diaspal, maka pengunjung terhibur atas perlakuan panitia dengan membagikan secangkir kopi gratis kepada seluruh pengunjung. Aku pun kebagian menyeruput segelas kopi. Nikmati saja walau kopinya sudah dingin. Sebenarnya tak sesuai dengan kesukaanku bahwa Aku suka kopi manis dan jatah gratis ini Kopi setengah manis plus pahit. Pokoknya semangat di malam itu. Ceria dan berbahagia. Anak kecil, remaja, orang tua, lansia baik laki dan perempuan kebagian kopi.

Sambutan Pak Menteri selesai. Sebelum turun beliau melihat hasil akhir dari lukisan dan sesuai dengan tebakan awal Aku bahwa yang dilukis adalah wajah pak Menteri. Decak kagum dan aplaus luar biasa diberikan oleh Pak Menteri kepada pelukis Kepri hebat. Kemudian beliau turun.

Acara yang menarik ini bagiku memberi hikmah. Hikmahnya adalah bisa berjumpa dengan pemimpin-pemimpin hebat dan senior yang lama tak berjumpa. Pada hari itu Aku berjumpa dengan Profesor DR. H. Syamsul Rizal, MAg. Beliau adalah salah seorang Guru Besar Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin di kampus Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Beliau mempunyai tubuh tinggi, senyuman menawan, jambang hitam subur, berkacamata dan berpeci hitam. Kami sudah lama bersilaturahmi lewat handphone namun tak pernah jumpa. Kaget juga bisa berjumpa di Tanjungpinang. Beliau utusan dari Aceh ikut kegiatan seminar Lembaga Adat Se-Sumatera.



  • Foto dengan orang-orang hebat*

Nah, yang kedua adalah senior saya mantan prajurit TNI AL yaitu Letkol Laut (Purn) Dr. H. Fauzi Bahar, M,Si., dengan gelar Datuk Nan Sati. Beliau pernah menjadi Walikota Padang selama dua periode 2004 - 2014. Sangat luar biasa. Aku punya kisah dengan beliau, di penghujung tahun 1997, saat Aku berpangkat Letnan Dua sedang mengikuti Pendidikan Dasar Golongan di Bumi Moro Surabaya. Kegiatan yang sangat berat dan harus dilakoni adalah olahraga dan senam pagi sebelum subuh. Pada suatu ketika Aku dengan beberapa teman usai olahraga pagi tidak tertib barisnya. Karena ingin cepat sampai ke Mess duluan mandi. Bubar tak sesuai aturan. Tiba-tiba muncul Kapten Laut Fauzi Bahar, beliau Prajurit Kopaska, mengejar kami. Kejar-kejaran terjadi dan kami tertangkap saat bersembunyi. Akhirnya kena hukuman push up dan pengarahan. Nah, kisah ini sempat Aku ceritakan saat berjumpa di Tanjungpinang. Menginggat kisah tersebut kami berdua tertawa ceria. Dalam foto ini beliau memakai peci hitam, kumis rapi dan senyum menawan, penuh kewibawaan serta kebapakan.

Selanjutnya, Aku dapat berjumpa dengan adik latingku di SMA Negeri 3 Banda Aceh, yaitu Bapak Drs. Reza Pahlevi, M.Si Aku tak pernah jumpa dengan beliau. Aku hanya tahu beliau pernah dipercaya oleh Pemerintah sebagai Pj Walikota Sabang. Beliau memimpin kota Sabang selama 22 bulan, sekitar tahun 2023 - 2024. Saat Aku disana Walikotanya adalah Bapak Nazaruddin alias Tgk. Agam. Aku hanya mengira-ngira pernah lihat beliau. Beliau rupanya demikian dan akhirnya bertegur sapa penuh keakraban. Cerita punya cerita beliau pernah lihat Aku di pelabuhan Balohan Sabang saat Aku memberikan kopiah motif Aceh kepada Pak Sandiaga Uno. Beliau bagian dari rombongan tersebut. Senang jumpa dengan beliau yang ramah, akrab, ganteng, tinggi besar dan putih agak kemerahan kulitnya.

Untuk yang terakhir Aku berjumpa dengan pemuda enerjik dan luar biasa yaitu Bupati Bintan, Bapak Roby Kurniawan, S.P.W.K. Beliau adalah anak kandung dari Gubernur Kepri, Bapak H. Ansar Ahmad. Beliau memimpin Kabupaten Bintan terhitung 2021 - 2024. Sebentar lagi waktu pengabdian akan berakhir. Aku sudah lama mendengar beliau dengan segunung prestasinya. Beliau adalah pemimpin muda yang penampilannya bersahabat, dengan senyumannya menawan, akrab, berpakaian kaosan dengan pelapis baju rompi serta memakai Tanjak. Tanjak adalah penutup kepala bagi masyarakat Melayu yang dikenakan oleh kaum hawa. Aku tak kalah seru, memakai rompi pejuang subuh Nongsa Batam dan kopiah khas Atjeh yang sering Aku pakai kemana saja pergi. Bangga menjadi anak Atjeh dan sekalian promosi juga kepada daerah lain.



Menikmati indahnya malam dengan berfoto ria

Acara pun selesai, dilanjutkan melihat-lihat stand UMKM. Aku sibuk dengan agenda sendiri dan tidak mengikuti rombongan Forkopimda dan pak Menteri. Hanya sesaat aku lihat stand UMKM dan mengambil foto kenangan pada latar belakang Festival Kopi Merdeka. Malam pun makin meninggi. Aku pulang sambil menikmati sisa-sisa suara musik yang masih mengalun.



Menyaksikan warga berfoto dengan hewan

Pada saat pulang, masih dilokasi yang sama, Aku melihat pemandangan menarik dan menggelikan bagi diriku, yaitu warga yang berfoto dengan ular. Aku tak tahu ular yang bilang dan panjang itu apakah ular phiton yang masih belia dan ular phiton dewasa. Yang membuat jantungku berdegub kencang adalah saat ular phiton besar albino dengan warna kuning tubuhnya, membelit tubuh warga. Terus terang Aku tak berani mendekat. Diakhir jalan, Aku melihat hewan iguana berwarna hijau dan besar. Hewan ini terkesan bersahabat. Untuk hewan ini Aku berani menyentuhnya. Bagus sekali warnanya. Bentuk tubuhnya macam kadal. Tapi jinak hewannya. Bukan jinak-jinak burung merpati.Hehe.

Malam ini kegiatan pembukaan Tanjungpinang Fest 2024 cukup meriah dan pastilah selama tujuh hari diarea jalan Merdeka dan Teuku Umar akan diramaikan oleh warga Tanjungpinang untuk menikmati beragam acara yang ditampilkan. Bravo Zulu buat kota Tanjungpinang.***

Salam hangat dan semangat dari Negeri Segantang Lada@hoesniy

Sort:  

TEAM 7

Congratulations, your post has been successfully curated by Team 7 via @𝐢𝐫𝐚𝐰𝐚𝐧𝐝𝐞𝐝𝐲

We encourage you to publish creative, educational and innovative content so that you have a chance to get valuable upvotes. Be the best to be nominated at the 7 best posts at the end of the week.


1.gif

 2 months ago 

Terimakasih atas support

 2 months ago 

Thank you for publishing a post on the Hot News Community, make sure you :

  1. Join at least #club5050.
  2. Don't plagiarize.
  3. Use original photos or copyright-free images by linking the source.
Description
Action
Verified User✔️
Club Status#club5050
steemexclusive✔️
Plagiarism Free✔️
AI Article Free✔️
Bot-Free✔️
Beneficiary Rewards
@𝘯𝘶𝘭𝘭 25%✔️
@𝘩𝘰𝘵.𝘯𝘦𝘸𝘴✔️

Verified by : @fantvwiki

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 63396.97
ETH 2619.18
USDT 1.00
SBD 2.80