THE DIARY GAME | 10 APRIL 2024 | SERBA SERBI SILATURRAHMI IDUL FITRI

in Hot News Community6 months ago

Steemit Engagement Challenge S7W4 Your Favorite Place To Visit.jpg


S16/W6 -SERBA SERBI SILATURRAHMI IDUL FITRI

Allahu akbar allahu akbar, la ilaha illallah wallahu akbar alllahu akbar walillahil hamd.

Gema takbit berkumandang dari malam hari raya Idul Fitri hingga pagi hari hari ini, setiap sudah terdengar takbir dengan penuh suka cita. Rabu 10 April 2024 menjadi hari yang ditunggu-tunggu hampir jutaan umat Muslim di Indonesia, 1 Syawal 1445 pada hari ini.

Setelah semalam saya dan istri disibukkan dengan segala perlengkapan untuk menyambut hari raya, pagi ini saya terbangun dari tidur sekitar jam 05.30 WIB. Takbir yang berkumandang membawa saya bergegas melaksanakan sholat Subuh untuk kemudian mandi dan membersihkan diri, sebentar lagi sholat Salat Id akan dilaksanakan di seluruh mesjid di Indonesia khususnya kota Lhokseumawe.

Jam 06.50 WIB saya sudah berangkat dari rumah menuju ke Mesjid Al-Hikmah Cunda, ratusan atau bahkan ribuan Jamaah sholat Id telah berkumpul. Pelaksanaan sholat pun kemudian dilaksanakan hingga selesai, dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah sebagai sunah dalam pelaksanaan sholat idul Fitri.


IMG20240410160910.jpeg
Bermaaf-maafan dengan keluarga di hari Raya Idul Fitri


Sekembali dari Sholat Id saya langsung kembali ke rumah dan bertemu dengan anak-anak yang sudah terlihat rapi dengan baju baru mereka, seperti tahun tahun sebelumnya bermaaf-maafan dengan keluarga baik Istri, anak dan ibu saya adalah hal yang umum dilakukan bahkan jutaan keluarga lainnya.

Tidak lupa saya mencicipi salah satu makan khas lebaran masyarakat Indonesia disaat lebar, dan makanan ini telah dimasak oleh Istri dari kemarin hingga malam hari raya. Makan tersebut adalah Lontong dengan menu pendamping berupa Rendang, menu wajib yang setiap tahun ada dalam keluarga kami disaat Lebaran, baik lebaran Idul Fitri maupun Lebaran Idul Adha.


IMG20240410160912.jpeg
Menikmati lontong


Setelah bermaaf-maafan dengan ibu dan keluarga serta menikmati sepiring lontong, kami langsung berangkat menuju ke rumah mertua saya yang tidak jauh dari tempat saya tinggal. Disana kami melakukan hal yang sama yaitu memohon maaf atas segala kesalahan di hari yang fitri ini, memon hari raya yang selalu terulang dan memberikan kesan istimewa.



IMG20240410160915.jpeg

Bersilaturrahmi ke rumah sanak keluarga

Momen istimewa lainya pun berlanjut ke rumah sanak saudara yang lainnya, kebiasaan kami akan mengunjungi saudara yang lebih tua terlebih dahulu. Bersilaturrahmi terus belanjut dengan jumlah keluarga yang jauh lebih besar, kami berangkat bersamaan ke rumah yang kami kunjungi. Semua keluarga dari pihak istri lengkap terlihat hadir pada hari raya Idul Fitri tahun ini, sebagaiman tahun-tahun sebelumnya. Tradisi yang kami rindukan setiap tahunnya, momen kedekatan menyambut hari yang fitri ini.

Para anak-anak dalam anggota keluarga adalah orang-orang yang paling membahagiakan pada hari raya Idul Fitri, momen ini menjadi hari yang spesial bagi mereka, hal ini dikarenakan para cucu atau pun keponakan akan mendapatkan THR atau uang jajan untuk lembaran dari anggota keluarga lainnya.


IMG20240410160926.jpegIMG20240410160919.jpeg

kunjung mengunjungi keluarga


Bersilaturrahmi pada hari raya ini kami laksanakan hingga jam 15.00 WIB, banyaknya anggota keluarga memang membutuhkan waktu yang lama dari pagi hingga siang hari. Berbagai macam kue, minuman tersediah pada hari raya tahun ini. Canda tawa dan sapa menghiasi suasana hari ini, ikatan keluarga yang kuat dengan cara bersilaturrahmi dan saling bermaaf-maafan.


IMG20240410160923.jpeg
Suasana hari raya di keluarga kami


Siang menjelang sore saya sebelum kembali ke rumah dari kegiatan Silaturrahmi dengan kelurga di hari raya ini, saya dan istri berkunjung ke kuburan yang terletak di Desa Kuta Blang dan Mongeudong untuk berdoa di makam orang tua dan juga adik kami. Terlihat pada hari pertama di sore hari ini banyak masyarakat yang berziarah di makam keluarga mereka masing-masing.


IMG20240410160932.jpeg
Berziarah Kubur keluarga


Di tempat itu kami mengirimkan doa-doa terbaik untuk keluarga-keluarga yang telah berpulang kehadirat Allah lebih awal, semoga hal-hal baik dan bernilai ibadah yang pernah mereka lakukan di masa hidupnya dapat diterima di oleh Allah dan diampuni segala perbuatan khilaf yang mereka lakukan. Aamiin...Aamiin...Aamiin.


IMG20240410160935.jpeg
Makam adik kami


Saat akan pulang anak-anak saya yang menuggu dikendaraan yang kami tumpangi, sudah mulai menagih janji yang tanpa sadar saya ucapkan tadi pagi. Dalam janji tersebut saya akan menemani mereka untuk membeli mainan hasil dari THR yang mereka dapatkan, segar saya kembali lagi ke kota Lhokseumawe bersama keluarga untu menemani anak-anak membeli mainan mereka.


IMG20240410160938.jpeg
Membeli mainan anak-anak


Di Toko mainan tersebut beberapa mainan yang mereka inginkan mereka cari, dan akhirnya membeli berapa barang mainan tersebut. Setelah itu saya dan keluarga dapat kembali ke rumah dengan badan yang mulai terasa lelah, setelah sholat Asar sesampai di rumah saya menyempatkan diri untuk beristirahat, begitu pun juga dengan anak-anak saya.


IMG20240410160941.jpeg
Menemani anak-anak membeli mainan


Pada akhirnya malam hari saya hanya kedatangan tetangga yang bersilaturrahmi, selebihnya saat malam sudah terlihat larut saya mulai mempersiapkan diri untuk beristirahat. Terlebih besok pada hari raya ke dua saya dan keluarga akan berlibur dan bersilaturrahmi ke kerabat yang ada di Kota Banda Aceh dan Sigli.

Jam 23.30 WIB saya mulai masuk ke kamar untuk berebahkan tubuh di atas kasur yang benar-benar terasa nyaman, hal ini dikarenakan rasa lelah sudah mulai terasa dalam merayakan Idul Fitri 1445 untuk bersilaturrahmi. Sekia postingan singkat saya pada kesempatan hari ini, salam hangat kepada anda semua.



About my account
PeriodMarch 13 to April 13, 2024
Transfer to Vesting 956.213 Steem
Cash Out
946.600 Steem
ResultClub5050
CSI10.5 (0.00 % self, 82 upvotes, 46 accounts, last 7d)

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 6 months ago 

👏👍

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 60935.14
ETH 2365.47
USDT 1.00
SBD 2.55