THE DIARY GAME | 09 APRIL 2024 | PERSIAPAN HARI RAYA

in Hot News Community3 months ago

Steemit Engagement Challenge S7W4 Your Favorite Place To Visit (2).jpg


PERSIAPAN HARI RAYA

Hallo sahabat Hot News dimana pun anda berada, senang rasanya hari ini saya dapat kembali berbagi cerita kepada anda semua. Semoga apa yang saya tulis ini menjadi bacaan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk saya pribadi dan siapa pun yang membacanya, salam hangat untuk anda semua.

Hari ini tanggal 09 April 2024 atau bertepatan dengan hari Rabu merupakan hari terakhir umat Muslim menjalankan ibadah Puasa, umumnya bagi mayoritas masyarakat Indonesia yang menjalankan ibadah puasa. Walau memang ada beberapa aliran Islam lainnya yang sudah terlebih dulu merayakan Hari Raya Idul Fitri, namun hampir seluruh masyarakat berpedoman bahwa hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan ibadah puasa.

Dini hari tadi merupakan sahur terakhir yang kami lakukan sekeluarga pada pelaksanaan ibadah Puasa tahun 2024, sehingga wajah-wajah penuh semangat dan kebahagiaan terpancar diwajah anak-anak saya. Mereka sangat antusian melaksanakan sahur terakhir ini, dan berharap tahun berikutnya masih dapat melaksanakan hal yang sama pada tahun-tahun berikutnya.


IMG20240409225332.jpeg

Wajah anak-anak saat menikmati sahur


Selepas sahur dan selesai melaksanakan ibadah sholat subuh bersama dengan keluarga, saya pun melakukan pekerjaan yang sudah saya rencanakan beberapa hari yang lalu. Pekerjaan tersebut adalah mengecet tembok rumah bagian dalam yang tertelat di ruang berkumpul keluarga, hampir ke 4 sisi tembok rumah ini terlihat kotor dari coretan-coretan tangan anak-anak saya, sehingga terlihat kusam menjelang hari raya yang akan jatuh pada tanggal 10 April besok.



IMG20240409225334.jpeg

Cat untuk mengecat dinding

Memiliki 5 orang anak yang terbilang masih kecil membuat hampir semua ruangan yang terdapat di rumah saya, dipenuhi dengan berbagai coretan dan gambar-gambar. Coretan tersebut juga berasal dari berbagai peralatan tulis, mulai dari pensil warna, Pulpen dan juga Spidol. Gambarnya pun bermacam-macam dengan berbagai bentuk, terdapat coretan huruf, coretan gambar kartun hingga coretan gambar bendera. Untuk hal ini saya membiarkan mereka melakukan hal tersebut, karena semakin di beritahu maka semakin banyak coretan yang mereka buat. Dan saya harus memaklumi hal tersebut sebagai kelakuan yang umumnya anak-anak lakukan, padalah terdapat papan tulis yang saya beli untuk mereka tapi jarang mereka gunakan.
IMG20240409225336.jpegIMG20240409225335.jpeg

Dinding ruangan yang belum di cat


Berbekal cat yang masih tersisa tahun lalu saya pun melakukan pengecetan sedikit demi sedikit, tembok atau dinding rumah yang tadinya di penuhi tulisan saya bersihkan satu persatu dari coretan tersebut. Hingga tanpa terasa waktu subuh berubah menjadi pagi hari, dan saya masih semangat untuk melakukan hal tersebut hingga selesai sekitar jam 10.00 WIB Pagi.


IMG20240409225337.jpeg

Saya yang akan mengecat setelah melaksanakan sholat subuh


IMG20240409225338.jpegIMG20240409225339.jpeg

Dinding ruangan yang sudah di cat dengan sisa cat yang ada


Kegiatan selanjutnya setelah beristirahat sekitar setengah jam adalah, saya membawa kendaraan saya ke Doorsmer untuk nantinya dapat bersih kembali saat digunakan untuk bersilaturrahmi. Disini saya tidak perlu menunggunya karena saya hanya membiarkannya, untuk kemudian saat telah bersih akan dihubungi lewat pesan WA. Sehingga setelah mengatar kendaraaan tersebut ke Doorsmeer, saya pun kembali ke rumah dan tidur sejenak dikarenakan mata yang sedikit mengantuk. Kebetulan istri dan anak-anak berada dirumah mertua, mereka lagi membuat menu lontong untuk menu santapan lebaran nanti.


IMG20240409225341.jpeg

Membantu istri di dapur, saat memotong daging sapi


Singkat cerita waktu pun berubah menjadi sore, kendaraan sudah kembali ke rumah begitupun dengan istri dan anak-anak. Sekitar jam 16.20 WIB setelah sholat Ashar istri pun melanjutkan pekerjaan dapurnya dengan memasak kuah lontong dan juga daging rendang, saya pun membantunya sambil menunggu waktu berbuka puasa nantinya.


IMG20240409225344.jpeg

Daging rendang saat lagi masak


Akhirnya menjelang waktu berbuka menu makanan sudah tersedia, daging rendang menjadi menu berbuka puasa di hari terakhir ini. kami sekeluarga dengan penuh rasa syukur berbuka puasa di hari terakhir ini, dan dalam doa yang sama-sama kami ucapkan semoga puasa tahun ini segala bentuk amalan yang kami lakukan di terima oleh Allah dan tahun depan berharap dapat berkumpul kembali untuk menjalankan Puasa pada tahun berikutnya.



IMG20240409225355.jpeg

Bermain kembang api

Setelah berbuka puasa dan melaksanakan sholat Magrib, terdengarlah suara Takbit berkumandang. Ini bertanda 1 Syawal akan jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024. Anak-anak mulai sibuk mengajak saya untuk bermain kembang api yang mereka beli saat berkunjung ke rumah nenek mereka, kembang api ini sengaja dibeli untuk mereka mainkan di malam takbiran ini. Saat itu saya harus menemi anak-anak atas permintaan tersebut, bermain kembang api di saat Takbir memang butuh pengawasan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terlebih lagi mereka masih anak-anak. Terkadang mereka lupa untuk tetap hati-hati dan waspada dalam bermain kembang api ini, sehingga perlu rasanya untuk mengawasi mereka sambil menikmati malam takbiran bersama-sama dengan anak-anak.

IMG20240409225356.jpeg

Anak-anak yang bermain kembang api


Setelah lilin di hidupkan satu persatu kembang api dinyalakan, canda tawa serta suka cita menyambut lebaran terlihat dari wajah anak-anak saya. Warna warni kembang api membuat mereke bersorak gembira sambil sesekali bertakbir dimalam hari raya ini, hingga menjelang jam 22.30 WIB disaat semua kembang api telah habis barulah mereka berhenti dan beristirahat hingga akhirnya tertidur.


IMG20240409225353.jpeg

Salman yang lagi bermain kembang api


Disaat anak-anak tertidur saya juga menyempatkan diri membuka laptop untuk melakukan verifikasi, kurasi dan membuat postingan. Sambil membantu istri mempersiapkan beberapa hal untuk keperluan besok di hari raya, seperti memasukkan kue-kue ke dalam Toples dan membersihkan piring dan sendok, serta merapikan tata letak beberapa barang.


IMG20240409225357.jpeg

saya yang lagi memasukkan kue ke dalam Toples


Hingga akhirnya setelah semua beres sekitar jam 23.50 WIB istri pun sudah mulai mengantuk dan tertidur, saya sendiri menyibukkan diri dengan di depan laptop. Entah kenapa rasa mengantuk hilang malam ini, sehingga saya menikmati waktu bersantai di depan laptop hinggaa jam 2 dini hari saat cuaca terdengar seperti akan turun hujan. Pada akhirnya tanpa sadar saya pun tertidur di ruang tamu hingga jam 3 disaat hujan terdengar benar-benar turun, kemudian bergegas saya masuk ke kamar dan melanjutkan istirahat saya malam ini.

Sekian postingan singkat saya hari ini atas apa yang saya lewati pada malam lebaran kemari, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat untuk saya pribadi dan menjadi bacaan yang menarik kepada siapa saja yang membacanya. Salam hangat kepada anda semua.



About my account
PeriodMarch 10 to April 10, 2024
Transfer to Vesting 956.213 Steem
Cash Out
946.600 Steem
ResultClub5050
CSI11.6 ( 0.00 % self, 95 upvotes, 53 accounts, last 7d )
Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

TEAM 2

Congratulations! This post has been voted through steemcurator05. We support quality posts, good comments anywhere and any tags.

Post.jpg

Curated by : @chant

 3 months ago 

🙏🏻🙏🏻🙏🏻

 3 months ago 

Rajin sekali membantu istri ya pak

 3 months ago 

Ya Ibu @suryati1, namanya rumah tanggal harus demikian kan ibu, saya belajar untuk terus saling bantu membantu.
Terima kasih telah menyapa di komentar ini ibu suryati1.

 3 months ago 

Ya pak seharusnya memang begitu, semoga bahagia selalu bersama keluarga tercinta

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 66619.84
ETH 3497.62
USDT 1.00
SBD 2.71