The Diary Game - 30 April 2024 | Membangun Benteng Pertahanan

in Hot News Community2 months ago

Assalamua'laikum sobat steemians,

Mengawali giat hari ini dengan ucapan Bismillah, saya bersama Tim Fasilitator Sanitasi Kota Langsa mengagendakan pembahasan tentang penyelesaian desain gambar teknis dan anggaran biaya yang pasti, untuk Pembangunan tangki septik skala individu. Ini adalah program pemerintah yang diberikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang berpenghasilan rendah, yang tidak / belum mempunyai sarana pengolahan air limbah cair yang layak. Program ini merupakan strategi pemerintah dalam penanganan kasus Stunting. Apa itu Stunting?

Stunting adalah gangguan pertumbuhan tinggi badan yang terjadi pada anak.

Penyebab utama stunting adalah karena kekurangan asupan gizi yang baik pada anak, namun ada faktor lain yang bisa mempertinggi risiko stunting tersebut, yaitu keterbatasan akses air bersih dan sanitasi lingkungan yang buruk.


Pagi ini saya memutuskan tempat kami berkumpul nanti adalah di Warung Kopi Liqa', salah satu tempat yang menjadi favorit saya di Langsa. Saya pun lebih dahulu sampai di Liqa', saya memesan secangkir cokelat panas yang atasnya dihias berbentuk bunga, dan pelayan juga membawakan gorengan ke atas meja, risol dan tahu goreng sudah menjadi menu cemilan andalan di sini. Sambil menunggu seluruh tim tiba, saya membaca salah satu buku koleksi yang disimpan pada rak dinding di dekat saya duduk, saya mengambil buku yang berjudul Sejarah Indonesia.

IMG_20240430_111600.jpg
Asupan pagi di Liqa'

Saya cukupkan membaca beberapa lembaran buku ini, karena semua personil tim sudah berkumpul dan kami mulai berdiskusi tentang bagaimana desain yang baik untuk bilik kamar mandi yang akan dibangun di wilayah pesisir laut, tepatnya di Desa Kuala Langsa, ada dua kondisi utama yang harus diperhatikan, pertama adalah ketinggian pasang surut air laut dan yang kedua adalah kondisi tanah yang lembek. Untuk tangki septiknya memakai tangki pabrikasi yang telah memenuhi standar nasional yang dipersyaratkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

IMG_20240430_133958.jpg
Perkumpulan Tim

Setelah mendapatkan desain yang cocok, kemudian kami mulai menghitung kebutuhan biaya pembangunannya. Beruntungnya, semua personil telah memiliki banyak pengalaman dan telah menguasai elemen-elemen yang ada di dunia per-sanitasi-an, sehingga tanpa perlu waktu yang lama, sebelum memasuki waktu zuhur pekerjaan kami sudah selesai.

IMG_20240430_134527.jpg

Desain Tangki Septik Individu

Usai melaksanakan sholat zuhur, kami menyudahi pertemuan yang sangat berkualitas ini, saya pamit pulang ke rumah karena mendapat Pesan WhatsApp dari istri yang sudah menunggu saya untuk makan bersama, sementara rekan-rekan saya tadi melanjutkan makan siang di Liqa'.


Sempat tertidur sejenak saat merebahkan badan di kamar, salah satu anggota tim sanitasi menelepon dan mengajak untuk melakukan peninjauan ke lapangan di lokasi lain, yang sudah ada bilik kamar mandi yang terbangun. Lokasi pembangunan pertama yang kami tinjau adalah di Desa Meurandeh, kami melakukan pengukuran untuk menghitung kesesuaian panjang, lebar dan tinggi pada setiap itemnya mulai dari pondasi, lantai dan dinding. Kemudian, lokasi kedua ada di Desa Sukarejo, saya menarik meteran dari sisi ke sisi, dari sudut ke sudut, serta dari atas ke bawah untuk melihat dan memastikan bahwa ukuran sesuai dengan yang diinginkan.

IMG-20240430-WA0028(1).jpgIMG-20240430-WA0030.jpg

Aksi di Desa Meurandeh

IMG-20240430-WA0037.jpgIMG-20240430-WA0036.jpg

Aksi di Desa Sukarejo

Kami pikir sudah cukup untuk berfoto-foto ria di belakang rumah-rumah warga, saya dan tim kini bermufakat untuk membeli air kelapa, air yang memang telah mempunyai reputasi baik dalam menghilangkan dahaga orang-orang yang lelah bekerja, selesai berolahraga dan sedang berputus asa. haha..

Adzan Maghrib pun terdengar, maka kami Sholat Maghrib di Masjid Nurul Qur'an Desa Alue Pineung, lantunan bacaan ayat Al Qur'an yang merdu dari Imam, menambah kekhusyukan jama'ah. Do'a-do'a yang indah juga dipanjatkan seusai sholat, semoga menghadirkan keberkahan bagi kami yang meng-amin-kan, dan menjadi penutup yang sempurna untuk hari ini.

IMG_20240430_185511.jpg

Masjid Nurul Qur'an

Semoga kita senantiasa diberi kesehatan oleh Sang Pencipta dalam menjalani hari-hari yang baik dalam hidup.


Salam Hangat,
@fajrularifst

Sort:  
 2 months ago 

Saya tertarik denga rasa kopinya...

 2 months ago 

Silahkan berkabar bila ada di seputaran Langsa, saya tunggu kedatangan anda.

 2 months ago 

Buku sejarah yang menarik, apa benar indonesia di jajah belanda 350 tahun?

 2 months ago 

Saya pribadi tidak yakin, namun penjelasan dalam buku ini, sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 61932.16
ETH 3422.23
USDT 1.00
SBD 2.49