CLUB5050//Hot News//CERITA NOSTALGIA-PUISI MASALALU//DILEMA KERAJINAN TANGAN DIPENGHUJUNG SEMESTER-KENANGAN SAYA BERSAMA NYIUR MELAMBAI

in Hot News Community2 years ago

KENANGAN.

Hal yang paling jauh dengan
jiwa dan raga. Ada yang bilang,
hidup yang terpaku pada masalalu tidak akan bahagia.
Tapi saya bilang akan bahagia jika dikenang.

Compress_20220624_121346_6520.jpg

MARKICOB (mari kita coba). Kulik masalalu.

KENANGAN SAYA BERSAMA NYIUR MELAMBAI

Mata pelajaran apa yang dipelajari di pendidikan formal dasar sehingga dipenghujung semester siswa dapat tugas membuat kerajinan tangan?

Entah amnesia atau semacamnya. Yang jelas saya tidak mengingat pernah mempelajari seni selain menggambar dan mewarnai dipendidikan dasar. Namun untuk mengisi kotak dirapor siswa diminta membuat kerajinan tangan. Dan itu berlanjut hingga sekarang.

Kalau saya jadi menteri pendidikan pasti akan melakukan gebrakan. Terutama gebrak meja untuk menghilangkan kebingungan antara proses belajar mengajar dengan ujian yang dilaksanakan.

Dulu, dipenghujung semester anak-anak sibuk dengan lidi. Mencari nyiur tua untuk dijadikan sapu lidi sebagai keterampilan. Waktu terbuang untuk menghitung jumlah lidi yang sudah dibersihkan. Setengah hari yang didapat sekitar 100 sampai 150 lidi. Saya termasuk didalamnya, takut kebanyakan. Pelit gak ketulungan.

Ada yang memang tidak menghitung, jika dirasa 100 sudah. Selebihnya menunggu sambil membuat mainan dari daun kelapa yang lidinya telah diambil.

Kalau saya pikir, kerajinan yang dijadikan mainan lebih menarik dan lebih cocok dijadikan keterampilan.🧐

Masih dulu, kalau ada yang bilang "sapu lidinya kasih emak aja, yang itu untuk keterampilannya. Kan bagus itu, bisa dapat banyak nilai."

Jawaban umum yang akan terlontar begitu bikin ngakak kalau diingat sekarang.

"Kalau dikasi untuk buk guru, saya main apa? Kan capek buat. Buk guru kalo suka bisa bikin sendiri". Satu orang menjawab yang lain mengiyakan.

Masya Allah. Luar biasa.

Kalau saya renungkan sekarang, lebih capek buat sapu lidi dari pada buat terompet dari nyiur melambai. Bikin tepuk jidat.

Kalau sekarang cari pasar. Walau dapat nilai pas-pasan. Yang penting bisa kepasar.



Sebab ada masalalu yang bikin bahagia saat dikenang makanya saya menghimbau untuk menjadikannya sebagai MUSUH, GURU, TEMAN, SAHABAT.

Letakkan sesuatu pada tempatnya. Maka aman.😊



MERDEKA Pendidikan Indonesia. Yang gedek hurufnya itu nama kurikulum yang baru rilis.

Untuk para guru. Selamat berjuang. Generasi bangsa ada ditangan ANDA. Saya punya ijazah guru, tapi dilemari. Otomatis, saya hanya mampu mensupport dengan kata-kata.

Salam @dhafwa

Sort:  
 2 years ago 
DescriptionInformation
Free Plagiarism
#steemexlusive
Verified User
Bot Free
Share Rewards To Charity
Support #burnsteem25
PeriodMay 24 to June 24, 2022
Transfer to Vesting 53.724 Steem
Cash Out
0
Resultclub5050

Determination of Club Status refers to the steemworld.org Web-based Application

Notesaat itu saingan nilai yang membawa sapu 100 lidi adalah yang membawa penghapus papan tulis hasil jaitan emak dan sabun cap sampan yang di ubah menjadi asbak. (kehilangan terbasar emak untuk bahan cuciannya.) ternyata saat itu kak dhafwa ada di kurikulum 1994, begitu juga dengan saya di masa sekolah dasar dulu. sehat selalu dan salam terbaik untuk keluarga.
Regards

@fantvwiki

 2 years ago 

👍
Terimakasih respon dan doanya.😁
Semoga anda juga sehat selalu. Salam🙏.

Congratulations! This post has been upvoted through steemcurator04.

Curated By - @sofian88
Curation Team - The Efficient Seven

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 65269.02
ETH 2653.11
USDT 1.00
SBD 2.84