You are viewing a single comment's thread from:

RE: Majalah dinding (MADING) sebagai upaya menumbuhkan gerakan literasi di sekolah

... sehingga perlahan tapi pasti mading digital saya akan menjadi pioner bagi literasi digital di Lhokseumawe khususnya.

Wah semoga demikian, sehingga apa yang Pak Guru awali ini menjadi virus kreatifitas yang berjangkit. PErtanyaan saya: apakah mading digital itu akan terbit secara berkala?

Saya rasa edisi bulanan adalah keputusan yang lebih bisa dipertanggung-jawabkan sebagai permulaan. Rentang waktu yang lumayan panjang bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Paparan Pak GUru @fadthalib ini menjelaskan kepada setiap pembaca bagaimana sudah terorganisirnya pemikiran Pak Guru terkait hal yang sudah dimulai ini. Saya yakin seiring berjalannya waktu, berkembang pula kepiawaian kita.

Khayalan Pak Guru pada paragraf akhir itu lagi-lagi membuat saya berdecak dan seakan mengajak khayalan saya untuk sejenak berkelana ke masa lalu yang indah itu. Saya pernah memiliki klipping Gam Cantoi, tapi ketika saya pindah itu termasuk hal yang tidak terselamatkan, dan saya sempat bersedih untuk beberapa waktu.

Koran masa lalu memiliki komik stripnya masing-masing. Selain Gam Cantoi dan Sigumarapus, ada Jon Taremol, dan sebagainya. Itu karya seniman lokal. Di edisi Minggu Waspada dulu sempat ada komik strip serial pahlawan bertopeng Elang Sakti. Saya selalu menunggu edisi Minggu Waspada dan selalu menunggu Bapak membawanya setiap hari Minggu. Selain itu ada juga koran-koran yang memuat komik strip karya senima luar negeri seperti serial Tarzan karya Edgar Rice Burroughs.

AH, jadi mengenang masa lalu.
Haha.

Sort:  
 last month 

Apakah mading digital akan terbit secara berkala?, itu yang jadi pertanyaan saya juga. Seharusnya bisa jika sekolah punya website. Masalahnya website kami pun sepertinya sudah lama tidak dikunjungi, mungkin "ka meujeulabah", hahaha. Saya lagi mencari solusi untuk itu, sambil menunggu website sekolah kembali menyala.

Apa yang terekam dengan jelas dimasa lalu biasanya akan mengulang kembali dengan format yang baru tapi esensinya tetap sama. Saya dulu penggemar berat asmaraman s kho ping ho, semua series saya baca. Mungkin selera yang aneh pada masa itu karena kebanyakan kawan saya senangnya novel nick carter dan kalo sudah lebih senior biasanya anny arrow, 🤣🤣🤣

Seharusnya bisa jika sekolah punya website.

Tadinya saya pikir itu di IDN bisa bikin akun juga seperti di beberapa portal berita.

Tentang website: mengelola website malah lebih kompleks lagi masalahnya. Tapi saya bisa sarankan kegiatan pengembangan diri terkait hal itu dengan menugaskan siswa memiliki blog, terserah mereka mau di platform apa, bisa juga di Steemit. Itu bisa dijadikan sebagai salah satu hal yang bisa menambah nilai dalam laporan mereka. Bisa juga melalui blogger.com atau wordpress.com, dan sebagainya.

Saya pikir, dari 3 contoh blogging platform yang saya berikan, Steemit adalah yang paling mudah, namun ini hanya mengasah kemampuan berpikir dan kreatifitas terkait penulisan dan skill yang menyertainya. DI Blogger dan Wordpress mereka bisa mempelajari -walaupun hanya lapisan luar- tentang karakter website.

Nick Carter kalau ngga salah itu karakternya mirip James Bond, ya. Agen rahasia yang gila wanita. Kalau Tante Anny ga usah ditanyakan lagi, idola kita, mahaguru.

 last month 

Sebelum terbentuknya tim mading, tiga diantaranya sudah saya daftarkan ke steemit. Masalahnya mereka belum konsisten menghasilkan konten. Saya masih kesulitan memberikan motivasi atau petuah lain agar mereka bisa rajin menulis. Menjadikan menulis sebagai gaya hidup memang butuh proses.

Terkait dua platform lainnya akan saya pelajari, Terima kasih atas sarannya 🙏.

Ya, tidak semua orang bisa menikmati kegiatan menulis. Banyak penghambat (bagi yang ngga mau), internal maupun eksternal. Bagi yang mau, justru akan menemukan banyak kesempatan.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 59575.00
ETH 2607.14
USDT 1.00
SBD 2.43