Tour Wisata Patelki, Sehari lima pulai terlampaui

in Hot News Communitylast year

WhatsApp Image 2023-07-13 at 11.26.18 (2).jpeg
Puncak Pulau Padar By Hamid

LABUANBAJO-Sabtu pagi tanggal 10 Juni 2023 merupakan jadwal wisata tour yang telah disiapkan oleh Panitia Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) ke-XVI dan Temu Ilmiah ke-XXVII PATELKI dengan tujuan ke beberapa pulau spot wisata yang tersebar di Labuan Bajo, NTT antara lain Pulau Padar, Pulau Komodo, Pink Beach, Taka Makassar dan Kanawa.

Sebenarnya saya tidak begitu bersemangat untuk melakukan trip tersebut karena kondisi tubuh yang sedang tidak fit yang dimulai sejak jum’at sore saat Rakernas di Hotel Meruorah di hari terakhir, namun karena desakan teman-teman untuk ikut ambil bagian dalam wisata tour tersebut terpaksa saya berusaha untuk menguatkan diri agar bias ikut bersama tim.

Setelah sarapan pagi di hotel dan minum beberapa jenis obat agar bisa membantu memulihkan kondisi tubuh yang tidak stabil saya dan teman-teman segera melangkah menuju dermaga untuk naik keatas kapal, dibelakang hotel kami menginap langsung berbatasan dermaga sehingga kami hanya membutuhkan jalan kaki beberapa ratusan meter saja untuk sampai di dermaga.

Begitu sampai di dermaga, ternyata saya sudah ditunggu-tunggu oleh pak Theo Philus Rengga teman sepejuangan saat menempuh pendidikan di Universitas Hasanuddin, Makassar, beliau juga merupakan Ketua DPW PATELKI NTT saat ini serta sebagai panitia dalam wisata tour ini.

Dermaga Pulau Padar

Kapal yang akan membawa kami sudah bersandar di dermaga dan siap untuk dinaiki oleh peserta tour wisata, kapal yang akan membawa kami berjenis speedboat dengan ukuran sedang muat 15-25 orang per kapal, saya dan teman rombongan berkesampatan menaiki kapal yang ke-2 dengan muatan lebih kurang 15 Orang, setelah semua seat terisi kapal pun berangkat menuju pulau padar sebagai tujuan pertama, jarak tempuh dari dermaga ke pulau padar sekitar 1,5 jam, karena kapal yang kami naiki beberapa kali mati mesin di tengah laut sehingga waktu tempuhnya menjadi lebih lama.

Setelah menempuh perjalanan 1,5 jam lebih, akhirnya rombongan kami bersandar juga di dermaga pulau padar dan kami menuruni kapal menuju daratan, untuk melihat spot terbaik dipulau padar kita harus menaiki 800-an anak tangga hingga mencapai puncaknya, karena kondisi yang sedang tidak fit, saya hanya mampu menaiki beberapa puluhan anak tangga untuk mencapai tempat pemberhentian pertama, kemudian saya beristirahat ditemani oleh pak Faisal yang merupakan Ketua DPW PATELKI Aceh, beliau juga dalam keadaan tidak sehat, panitia memberikan waktu 45 menit kepada seluruh peserta untuk menikmati semua spot terbaik di pulau padar.

Pos 1 Pulau Padar

Setelah selesai di pulau padar, semu rombongan kembali menaiki kapal masing-masing untuk melanjutkan perjalanan tour wisata ke Pulau Komodo, Waktu tempuh dari pulau padar ke Pulau Komodo sekitar 30 menit dan panitia memberikan waktu tracking 1 jam 20 menit, setelah mendarat di pulau komodo masing-masing rombongan dipandu oleh Ranger (guide local) untuk melihat secara langsung satwa langka yaitu Komodo.

IMG_20230610_113023_999 (1).jpg

Selesai dari pulau Komodo, kami melanjutkan tour wisata ke Pink Beach, Jarak tempuh dari pulau komodo – Pink Beach sekitar 20 menit, setelah bersandar di dermaga pantai Pink Beach, kami dan rombongan menikmati makan siang yang telah disediakan oleh panitia serta melaksanakan shalat dhuhur, seslesai makan dan shalat saya juga menyempatkan mengambil beberapa gambar terbaik di lokasi pink beach, waktu yang disediakan oleh panitia sekitar 1 jam.

Pink Beach

Selesai di pink beach, saya dan rombongan kembali menaiki kapal menuju tour wisata berikutnya ke pulau Taka Makassar dengan waktu tempuh dari pink beach-Taka Makassar sekitar 25 menit, taka Makassar merupakan pulau pasir ditengah lautan dengan luas kira-kira seukuran ½ lapangan bola, namun saya dan rombongan tidak bersandar ditepi pantai karena lokasi parkir sudah padat dan hanya menikmati dari atas kapal sambil mengambil beberapa gambar untuk dokumentasi.

Taka Makassar

Selanjutnya kapal kami langsung berlabuh meninggalkan taka Makassar menunju tujuan terakhir tour wisata yaitu Kanawa, pantai tempat snorkeling dan di pantai ini juga terlihat bule-bule dari luar negeri menikmati suasana pantai sambil berenang ria bersama rekan-rekannya. Sebagian dari rombongan ada yang berenang di pantai sementara saya hanya beristirahat saja sambil rebahan di kursi pantai, waktu stay yg disediakan oleh panitia di pantai kanawa sekitar 1 jam.

Pantai Kanawa

Menjelang sore hari, kami dan rombongan kembali menaiki kapal untuk menyudahi tour wisata kali ini menuju ke hotel tempat kami menginap, jarak tempuh dari Kanawa-Hotel sekitar 50 Menit, sekitar pukul 18.00 WITA kami dan rombongan akhirnya mendarat di dermaga belakang hotel dengan membawa kenangan indah sepanjang hari ini.

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah, SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kami semua sehingga selamat dalam perjalanan pergi dan pulang mengarungi lautan luas dalam rangka Tour Wisata ini, Terimaksih juga saya ucapkan kepada Pak Theo Philus Rengga, Seluruh Panitia, Sejawat Alumni Unhas, Ketua DPW Patelki Aceh atas semua dukungannya, sampai bertemu lagi di lain kesempatan, i miss u all

Dermaga Keberangkatan/Kepulangan

Demikian kisah perjalanan saya dan rombongan seharian penuh dalam rangka tour wisata ke beberapa pulau yang tersebar di lautan Labuan Bajo, NTT semoga bermanfaat, salam sehat dan sukses selalu.

Congratulations!

This post has been supported through the account Steemcurator06. for containing good quality content.

Curated by : @harferri

last year

Thank you

Thank you bg

Que hermosas fotografias , esos paisajes me recuerdan mi infancia grancias por compartir y exito y que mejores pronto. Bndecido Dia !

last year

de nada, gracias por las oraciones, buena suerte para ti también