The Diary Game || 16 Juni 2024 || Aktifitas Full di Hari Meugang

in Steem4Bloggers7 days ago

IMG_20240616_140539.jpg

Assalamu'alaikum,,
Apa kabar kalian semua? Semoga teman-teman steemit sehat semua ya!! Alhamdulillah puji syukur. Setelah Sholat Subuh baru aku mulai dengan berbagai aktifitas di Hari Meugang, sebagai hari besar menyambut Hari Raya Idul Adha.
IMG_20240616_080412.jpg

Hari ini Minggu hari yang menyenangkan bagi aku dan teristimewa dengan hari-hari yang lain, Aceh adalah Serambi Mekkah yang memiliki tradisi dari turun temurun sampai saat ini, salah satunya adalah hari Meugang yang dilakukan oleh rakyat Aceh yaitu memotong hewan Qurban, Sapi, Kambing dan Kerbau dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha

Kondisi Pasar Pagi

Tradisi Hari Meugang di Aceh sudah dilakukan sekian puluhan tahun jamannya nenek moyang kita, masih berjalan sampai sekarang. Tidak bisa dihilangkan karena sudah tradisi memotong hewan Qurban, setelah di sembelih di tumpuk berupa kiloan perorang, kemudian dibagikan kepada Fakir Miskin dan Masyarakat kurang mampu secara gratis. Pagi pukul 07.00 aku pergi ke pasar diantar sama suami dan mendampingi sampai aku selesai belanja bahan makanan bahan pangan dan Daging Meugang.
IMG_20240616_211307.jpg
Sayuran Mentah

Umat muslimin baik itu orang mampu ataupun tidak mampu tetap melaksanakan Hari Raya Idul Adha sesuai dengan kemampuan masing-masing. Namun Momen Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha harus berjalan seperti biasa, terutama membeli Baju Lebaran dan membeli Daging di Hari Meugang sejak jaman dulu.
IMG_20240616_211742.jpg
Makanan Mentah

Selesai aku belanja semua bahan pangan dan Daging serta Ikan baru teringat pesan anak-anak aku untuk membeli buah-buahan, menu SOP buah yang kita sajikan di Hari Lebaran sangat istimewa sebagai minuman jamuan tamu lebaran. Setiap Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha selalu aku sediakan minuman dari buah yaitu SOP Buah.
IMG_20240616_091117.jpg
Buah Minuman SOP Buah kesukaan anak-anak

🍉Semangka potong dadu
🍇Anggur belah dua
🍏Apel potong kotak
🍈Melon potong dadu
🍓Strawbery belah empat
🥑Alpokat potong dadu
🥝Kiwi potong tipis
🌽Jagung dirontoin
🍜Selasih di seduh
🥤Susu Kental Manis

Bakda Dhuhur sudah aku jalani berbagai macam aktifitas mempersiapkan makanan dan minuman menyambut lebaran Hari Raya Idul Adha, termasuk juga lontong yang aku rebus memakai tenaga sendiri dengan tetangga dekat rumah, memakai kayu bakar yang aku beli dari orang bongkar rumah, satu becak angkutan seharga 100 ribu rupiah. Selesai masak merebus lontong aku pulang mandi karena badan aku berbau asap kayu bakar.
IMG_20240616_181218.jpg
Rebus Lontong

Sore hari keluar bersama anak aku mencari Kue Bolu Puding kesukaannya yang enak dan segar pelengkap menu dipagi lebaran, mulai pagi beraktifitas sampai sare hari baru siap semua dengan berbagai kegiatan. Tetapi aku tidak merasa lelah mungkin karena diberkati dengan niat yang tulus, makanya aku senang menjalaninya.
IMG_20240616_212414.jpg
Kue Aneka Rasa

Untuk menghilangkan rasa lelah, aku membelikan Mie Aceh bungkus makan di rumah bersama keluarga. Tidak terasa hari sudah sore menyambut Hari Raya Idul Adha esok hari sudah aku persiapkan sedikit tradisi menyiapkan beberapa masakan dan minuman tradisional.
IMG_20240616_174706.jpg
Menunggu

IMG_20240616_182340.jpg
Siap Dinikmati

Alhamdulillah, puji syukur aku sehat badan dan pikiran setelah kerja berbagai aktifitas di rumah menyambut Hari Raya esok hari dengan Hati senang dan bahagia. Cerita singkat aku hari ini semoga kalian teman-teman steemit bisa memberi dukungannya ya.

Sort:  
 7 days ago 

Amazing.
Wishing you best of luck.
Stay blessed.

Terima kasih

 7 days ago 

My pleasure.

Loading...

Saya ingin melihat gambar sop buahnya buk, jadinya seperti apa?
Pasti sangat menyegarkan.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.12
JST 0.027
BTC 60231.85
ETH 3263.34
USDT 1.00
SBD 2.43