[LITERACY] Apa Itu Writers Block?

in STEEM Literacy3 years ago


APAKAH Anda pernah mengalami kehilangan ide untuk dituliskan di platform ini? Tentu saja pernah, bukan? Karena hal itu lumrah terjadi pada siapa pun. Bahkan di tingkat penulis profesional pun hal ini kerap terjadi. Makanya ada istilah writers block dalam dunia kepenulisan.

Writers block itu dimaknai sebagai sebuah kondisi dimana ide seorang penulis seketika hilang saat ia sedang menggarap sebuah tulisan.

Saya sendiri cukup sering mengalaminya. Tetapi saya kemudian justru memanfaatkannya sebagai bahan tulisan. Maksudnya, jika saya sedang bingung, maka saya tulis soal kebingungan itu sendiri.

Seperti tulisan ini, yang lahir karena sudah dua jam saya duduk di depan laptop namun belum ada satu kalimat pun yang tertulis di layar. Makanya saya memutuskan untuk menulis tentang hilangnya ide saya.

Meski dalam istilah writers block sesungguhnya bukan persis seperti kasus saya saat ini. Seperti yang saya sampaikan di atas, kasus ini terjadi saat seseorang sedang menyiapkan sebuah tulisan, namun tiba-tiba pupus semua gagasan. Bukan seperti saya sekarang yang malah kebingungan saat hendak memulai alias tak tahu harus menulis apa.

Saya jadi teringat dengan salah satu kawan kita yang juga aktif di sini @cicisaja. Semua hal sebenarnya bisa diceritakan. Jadi tak kan ada istilah habis ide. Jika tak punya bahan yang serius, tulis saja tentang hal-hal lucu dan unik. Anggap saja kita sedang #pehtem. Gampang kan?

Tapi di luar kasus saya ini, saya salut pada @dobartim, penggagas Steem Schools yang selalu punya ide-ide bagus untuk dituliskan di Steemit. Jika terus diasah, kelak kita pun akan seperti dia. Mari terus belajar. Meminjam motto miliknya; see you at the top.

Mini Logo Steemit.png

Zainal Bakri

Nature Photo Community

Sort:  

Awalnya saya kira ada kaitannya dengan "blockchain dalam kepenulisan"... Hahaha...

Hahaha. Ini block lain maskun. 😂

Kalau nggak pernah mengalami writers block berarti nggak pernah menulis....

nah kan. ini pengakuan penulis sungguhan.

kebanyakan writers blokcnya kalau di sini, makanya jarang kali postingan di Steemit.

karena langsung jadi buku kan?

Itu salah satunya hahahahah

Bang @zainalbakri aku lebih parah lagi bang, udah kehilangan ide nulis kehilangan ide komentar lg 😁

wkwkwkw. ini kondisi paling parah beneran

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57676.72
ETH 2356.36
USDT 1.00
SBD 2.39