"The Diary Game - Senin, 12 Agustus 2024 : Nasehat Singkat Hari Ini"

in Steem SEAlast month

Assalamu'alaikum sobat stemians semua!!!


Link


Pagi yang bahagia ini kita awali dengan mengucap بسم الله atas karunia dan anugerah-Nya kita bisa menjalani dan kuat dalam segala urusan yang kita hadapi, bayangkan diluar sana masih banyak yang tidak memiliki ilmu pengetahuan tentang agama, bahkan mereka rela bunuh diri dengan pemikiran yang tidak jernih, mereka pikir salah satu cara menyelesaikan masalah adalah kematian, tanpa sepengetahuan mereka bahwa kematian adalah awal langkah menuju akhirat yang tiada maaf bagi siapapun dengan kesalahan yang telah diperbuatnya.

kematian adalah awal langkah akhirat dengan pertanggungjawaban atas apa kelakuan atau perbuatan yang telah dilakukan dengan balasan yang setimpal, baik akan ditempatkan ditempat terbaik (syurga), sedangkan jika buruk akan ditempatkan ditempatkan yang selayaknya azab(neraka).

Itulah bahan renungan hari ini! 

Dirumah saya hari ini fokus membantu mamak dalam segala aktivitas dan kegiatan, dimulai saya pertama sekali mencuci piring dengan segala efforts yang saya berikan mudah-mudahan akan lebih meringankan beban dalam pikiran beliau, mamak yang sering sakit-sakitan, ya memang untuk saat ini saya masih belum bisa memberikan kebahagiaan kepada beliau, tetapi saya akan menyalurkan kekuatan tenaga saya dalam membantu di rumah. Dalam keluarga tidak mempunyai anak perempuan! Jadinya saya lah yang membantu beres-beres dirumah.

Keluarga yang bahagia antara ayah dan mamak dengan dikaruniai 4 anak lelaki , saya terlahir sebagai anak ketiga dari 4 bersaudara. Kakak (abang) saya yang pertama merantau, yang kedua berada didayah yang tidak bisa memungkinkan untuk pulang kerumah setiap harinya dan saya anak yang selalu ada dikala membutuhkan sehingga saya rela untuk tidak pergi merantau untuk saat-saat terakhir bersama orang tua saya. Adik saya yang nomor 4 saat ini belum bisa diandalkan sepenuhnya dalam segala hal terkait keadaan dirumah, memasak aja gak bisa, yang pokoknya segala sesuatu dia tumpahkan atas mamak dan ayah. Maka dari itu keberadaan saya sangat dibutuhkan untuk membantu menyelesaikan masalah yang mungkin tidak bisa mereka lakukan yang terkadang ada kesibukan lain yang harus diselesaikan.


Kitab pembelajaran

Link

Siangnya seperti biasa saya harus mengajar anak-anak didayah untuk memberikan nasehat singkat yang mungkin bermanfaat bagi mereka dalam belajar sekaligus mengajarkan kitab-kitab terkait dalam pengajian.

Kitab yang saya ajarkan tidak terlepas dari Tastafi yaitu Tasawuf, Tauhid dan Fiqah. Didalamnya mengajarkan tentang bagaimana kita bisa melakukan perkara yang baik dan benar menurut syari'at IsIam (Fiqah), mengajarkan bagaimana menunaikan hak-hak dalam kemanusiaan (Tasawuf) dan mengajarkan bagaimana seseorang ber'ubudiyah kepada sang penciptanya yaitu Allah (Tauhid).


Sorenya

Setelah siap dari pulang ashar mengajar, saya hanya mempunyai waktu yang terbatas di sorenya dikarenakan harus kembali lagi ke dayah untuk mengajar malam. Kembalinya ke dayah malam ini, seperti biasa adalah mengajar dan belajar , diawali dengan mengajar anak-anak terlebih dahulu hingga jam 21 : 00 malam dilanjutkan dengan sembahyang berjama'ah bersama dan belajar saya bersama tgk pimpinan mulai 22 : 20 malam hingga 23 : 45 malam. Jeda sesudah sembahyang berjamaah adalah jadwal mengulang Anak-anak bersama saya, dengan bimbingan dari saya hingga selesai.

Inilah keseharian yang saya lakukan hari ini, yang mudah-mudahan menjadi bagian hidup saya yang dapat bermanfaat.

Wassalam, saya @zul01 mengucapkan terimakasih.




Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 56714.19
ETH 2341.70
USDT 1.00
SBD 2.37