"The Diary Game - Sabtu, 6 Juli 2024 : Apapun Yang Dilakukan Tetap Bermanfaat"

in Steem SEA25 days ago

Assalamu'alaikum sobat stemians semua!!!

Pagi indah adalah pagi dimana kita selalu merasakan yang namanya bahagia sehingga naluri kita bisa menerima dan memahami kondisi yang kita rasakan. Awal pagi ini saya melaksanakan sholat subuh 2 raka'at berjama'ah seperti biasanya, do'a yang menguatkan hidup saya, dan ikhtiar yang besar untuk keberlangsungan hidup ini .

Selanjutnya, seluruh santri di dayah naik ke balai pengajian masing-masing sekitar 10 - 15 menitan untuk belajar pagi ini sebelum bergerak pulang.

Sesampainya dirumah saya sarapan pagi ini dengan seteguk air hangat, yang membuat saya tetap merasa syukur setiap harinya dengan apa yang ada. Syukur adalah hal yang paling penting dalam kehidupan karena kita sebagai manusia kadang merasa tidak cukup/puas dengan apa yang telah kita rasakan saat ini.


pergi kedayah menemani kawan

Jam 10 pagi saya menemani kawan pergi ke dayah Arongan yang berada di sekitaran wilayah Samalanga. Kawan saya datang menjenguk adiknya, sekalian ngasih jajan sehari- hari didayah. Dayah adalah tempat menimba ilmu untuk menjadi bekal yang baik bagi kehidupan. Sebenarnya dalam menuntut ilmu itu tidak mesti di dayah untuk memperdapatnya , dimana kita ada kemauan atau keinginan pasti bisa , asalkan bersungguh-sungguh.

Menurut pandangan orang beda - beda, ada yang mesti didayah untuk menuntut ilmu, ada juga yang dengan keterbatasan tertentu memilih untuk tidak di dayah. Kadang kita mampu dalam hal belajar tapi tidak mampu untuk hal biaya tinggal didayah , seperti krisis ekonomi atau sebagainya.

Seperti yang saya rasakan sekarang ini, saya memilih untuk tidak tinggal di dayah, karena merasakan perihnya ayah saya dalam mencari nafkah dan kondisi mereka berdua yang sering sakit-sakitan. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk tidak ke dayah selama ini yang sudah berjalan 4 tahun.

Syukur alhamdulillah, allah mempertemukan dengan sosok guru saya yang tanpa lelah mengajar didayah selama ini. Bahkan iuran bulanan bukan menjadi masalah besar, justru masalah besarnya ketika kami tidak mampu memahami apa yang dijelaskan oleh beliau. Keikhlasan beliau sekarang ini sudah berhasil yang mampu mendidik kami menjadi seperti ini.

Sekalian kami berangkat ke Samalanga mengisi parfum rekomendasi kawan saya dengan varian black opium. Parfum adalah pelindung saya ketika bau badan yang terasa menyengat dan berkeringat sehingga rasa percaya diri muncul dengan adanya parfum.

Dan pulang ke rumah , panasnya matahari hari ini! Rasanya kulit seperti terbakar sebegitu panasnya dan gerahnya 🥵.


makan siang

Sambil menunggu zhuhur tiba saya makan nasi dengan lauk seadanya, yang tiada hentinya saya katakan rasa syukur yang membuat kita tenang dengan apa yang ada bukan ada apanya🤑. Setelah dikumandangnya azan saya terus menuju ke kamar mandi untuk menyegarkan badan dan berwudhuk melaksanakan sholat zhuhur 4 raka'at.

Menuju dayah seperti biasa menerjang terik matahari siang yang panasnya minta ampun. Tetapi prinsip yang saya terapkan saya harus bisa melakukan sesuatu yang bisa mengubah diri saya! Apapun itu! Asalkan tidak tidur molor dirumah 😃. Lakukan apapun yang menurutmu bahagia dan bermanfaat bagi orang banyak.


kegiatan malam didayah

Menjelang malam tiba saya berangkat menuju dayah sholat maghrib berjama'ah, zikir dan do'a sebagaimana biasanya yang kami lakukan. Setelah itu saya langsung menuju balai pengajian untuk mengajar santri. Dikarenakan malam ini adalah malam minggu jadi jadwal pelajarannya adalah menghafal bacaan sembahyang yang dimulai dari niat, takbir, fatihah dan seterusnya hingga salam.

Mengapa demikian? dikarenakan sembahyang adalah modal utama di akhirat nanti, awal amalan yang diperiksa dan yang dipersoalkan di akhirat. Dan juga menjadi satu-satunya amalan yang sangat penting ketika ditanyakan oleh malaikat dalam kubur.

Bagaikan sebuah lagu/syair yang menjelaskan bahwa ketika seseorang yang tidak sembahyang walupun hidupnya sampai beribu-ribu tahun kalo tak sembahyang tiada gunanya. Karena sembahyang adalah modal utama kehidupan, tetapi kalo kita ingin melakukan sembahyang yang sempurna tentunya didasari dengan ilmu, ilmu dibandingkan dengan ibadah lebih berharga ilmu,karena dengan ilmulah kita bisa beribadah.

Inilah keseharian yang saya lakukan hari ini! Mohon support dan bimbingan dalam steem ini agar kedepannya lebih berkembang .

Wassalam saya @zul01 mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Sort:  
 22 days ago 

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
BeneficiaryNo
burnsteem25
Status ClubClub5050
AI Article✅ Original (Human text!)
I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66217.53
ETH 3316.11
USDT 1.00
SBD 2.70