"The Diary Game - Minggu, 28 Juli 2024 : Hidup Yang Singkat Menuju Kesuksesan Akhirat"

in Steem SEAlast month

Assalamu'alaikum sobat stemians semua!!!


pengajian setelah subuh

Kita awali pagi hari ini dengan mengucapkan بسم الله الرحمن الرحيم semoga keberkahan selalu menanti kita disetiap do'a dan usaha yang kita lakukan. Keberkahan dan kesuksesan adalah bagi mereka yang mau berusaha dalam melakukan segala sesuatu yang berlandaskan agama. Ideologi adalah utama yang sangat krusial (penting) adanya dalam segala bentuk perkara atau urusan yang kita hadapi.

Pagi yang sempurna kami mengawalinya dengan bangun subuh melaksanakan sembahyang berjama'ah disertai zikir dan dibarengi dengan do'a disetiap harinya. Dilanjutkan dengan pengajian seperti biasa dengan kami para guru dan dikarenakan hari ini adalah hari minggu jadinya pengajian doble hari ini, pertama sekali murid belajar dengan kami para guru dan setelah itu naik ronde kedua bersama guru besar kami di dayah ini untuk pengajian yang serentak antara seluruh santri lainnya. Barulah setelah itu kami akan belajar bersama dengan guru pimpinan bersama para guru lainnya.

Oh ya dalam pengajian kami hari ini pembahasan yang kami belajar adalah kajian ilmu bayan untuk bisa memahami makna atau istilah yang akan terjadi dalam kitab nantinya, sehingga kami tidak kesulitan atau kesusahan dalam memahami ibarat dalam pembahasan kitab jika adanya.


siang harinya

Disiang harinya saya bangun dari tidur menuju kamar mandi untuk berwudhuk dan melaksanakan sembahyang zhuhur dan bersiap - siap untuk berangkat menuju dayah lagi. Setelah persiapan saya harus menunda untuk pergi dikarenakan hujan yang sudah mulai turun dari kemarau yang sangat lama dan panas yang berlebihan. Senang rasanya turun hujan walaupun hanya membasahi tanah doang , yang pokoknya ada lah tanda - tanda untuk kembalinya turun.

Setelah menunggu sekitar sepuluh menitan akhirnya hujan pun reda dan saya segera berangkat menuju dayah, dikarenakan hari ini adanya acara muhazarah untuk semua santri didayah, yang nantinya penutupan acara oleh saya sendiri untuk memberikan sedikit nasehat bagi mereka dalam belajar didayah dan membimbing mereka agar tidak pernah bosan dalam menuntut ilmu.


sorenya

Sorenya saya mengulang kaji kembali kitab pelajaran yang akan saya pelajari nanti malam bersama guru kami, mengulang disini yang saya maksudkan adalah membaca sambil mensurahkan surah kedepannya untuk kami pelajari sehingga akan lebih efektif dalam menyimak malamnya dan nggak kebingungan akan surah yang berbelit walaupun ada yang mungkin saya tidak paham, setidaknya saya sudah mencoba untuk memahami dalam belajarnya dan malam nanti akan lebih jelasnya surah yang akan diterangkan oleh guru kami bersama.

Seperti yang sudah saya katakan kegiatan yang saya lakukan setiap harinya adalah gitu - gitu aja walaupun keadaan setiap harinya berubah-ubah dengan aktivitas yang masih sama adanya.

Malamnya aktivitas yang akan mungkin terasa sepi dalam detik-detik menuju kesendirian untuk belajar bersama guru pimpinan didayah. Dikarenakan tidak lama lagi para guru yang sudah diangkat oleh guru kami akan kuliah yang jauh dari kampung sehingga harus merelakan pengajian ini selama waktu kuliah tiba.

Meskipun demikian, semangat saya dalam belajar dan mengajar didayah tidak akan runtuh hanya dengan masalah kecil seperti itu, itu merupakan rintangan kecil atau ujian yang harus kita hadapi. Pernahkah sobat steem dengar kata pepatah yang berbunyi " setiap adanya pertemuan pasti akan mengalami yang namanya perpisahan ". Ya begitulah kira - kira 😁😁😁

Saya akan terus berlanjut seperti yang akan saya jalani sekarang ini, dengan fokus berbakti dan mengabdi kepada guru saya dalam menuntut ilmu didayah ini. Semangat akan terus mendatangi orang yang kuat akan cobaan dan rintangan.

Sort:  
 last month 

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
Beneficiary
burnsteem25
Status ClubClub75
AI Article✅ Original (Human text!)
I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 53948.70
ETH 2245.46
USDT 1.00
SBD 2.29