"The Diary Game - Kamis, 25 Juli 2024 : Kegiatan - Kegiatan Lazim Setiap Harinya"

in Steem SEAlast month

Assalamu'alaikum sobat stemian semua!!!


pagi

Pagi adalah hari yang dinanti-nanti setiap manusia guna melakukan berbagai aktivitas yang menyibukkan menjadi produktivitas dalam hari. Dimana semua manusia sibuk dengan pekerjaan yang sedang mereka lakukan, dimana pengangguran sibuk dalam hal mencari lowongan yang tetap sehingga kesibukan setiap harinya menjadi hal utama bagi kelangsungan hidup.

Berbanding terbalik keadaan saya yang tanpa pekerjaan dan dengan aktivitas yang itu itu aja setiap harinya , dimana setiap harinya saya sebagai ustadz muda mendidik anak-anak santri di dayah, siang, malam, subuh dengan tanpa imbalan atau gaji yang tetap, tetapi sangat bermanfaat terhadap diri saya yang membuat saya lebih tau dan bertambah ilmu dengan ajaran yang telah saya berikan sehingga ketakutan dalam mengajar hilang seketika, juga menjadi tes mental dalam mengajar menghadapi banyaknya anak - anak sebelum mengahadapi kisah sebenarnya.

Semuanya saya lakukan dengan senang hati sebelum pikiran ini berubah dengan mencari pekerjaan yang sesungguhnya dalam memenuhi kehidupan, tetapi rasanya sekarang saya belum memerlukan itu semua hanya fokus dalam hal ukrawi (akhirat) , meskipun demikian saya juga membutuhkan yang namanya duniawi sehingga balance antara dunia dan akhirat, kita tidak bisa hidup dengan hanya memikirkan hal akhirat saja tetapi dibarengi dengan dunia akhirat juga didapat ,itu menjadi sesuatu yang saya fikirkan sehingga permasalahan terbesar bagi saya adalah bagaimana menyatukan keduanya sehingga mudah hal yang seimbang.


sarapan siang

Tetap bersyukur dengan apapun hidangan makanan yang kita punya, sehingga rasa syukur kita menumbuhkan cinta terhadap sesuatu yang diberikan atau rezeki dari Allah SWT. Sarapan siang saya hanya memakan nasi dengan mie goreng sebelum berangkat menuju dayah lagi mengajar anak-anak disana. Yang terpenting apapun itu kita harus mensyukuri (mengucapkan terimakasih) atas rezeki yang diberikan sehingga kita menjadi insan kamil dan menjadi salah satu hamba-Nya yang terbaik.


mengajar alquran

Sisi belajar dan mengajar sudah melekat erat dalam kehidupan saya saat ini , belajar adalah sisi wajib dalam hal memahami surah atau bentuk persoalan yang ada dalam kitab sehingga pengaplikasian dapat kita lakukan dikehidupan nyata, sedangkan mengajar adalah hal yang lazim bagi semua yang pernah belajar yang akan menjadi sisi baiknya bagi kita jika menghadapi suatu masalah dan surah.

Jadwal pelajaran hari ini adalah mengajar anak-anak alquran dan tajwid agar fasih dalam pembacaan yang membuat mereka akan lebih berkembang sehari demi sehari dalam pemahaman yang memadai.

Walaupun dalam keadaan panas akibat senteran matahari yang menyala - nyala proses belajar tetap berlangsung hingga azan ashar tiba, dikarenakan sudah masuk waktu sembahyang berjama'ah bersama - sama dengan santri lainnya. Sehingga semuanya setelah kegiatan selesai boleh atau dipersilahkan untuk kembali pulang kerumah masing-masing.

Oh iya , guru pimpinan juga memberi tau yang bahwa sore ini harus standby tepat pukul 18 : 00 untuk acara samadiah sebentar menjelang magrib tiba. Dan barulah sholat berjama'ah nantinya, disini saya tidak mengunggah foto atau bentuk kegiatan yang kami lakukan, dikarenakan saya datangnya terlambat lima menit sehingga proses samadiah bersama sudah dimulai.

Setelah maghrib kami melakukan kegiatan seperti biasa yaitu membaca alquran bersama dimalam jum'at sebagaimana kegiatan sebelumnya yang kami lakukan dan sembahyang isya berjama'ah yang diikuti wirid zikir dan do'a.

Inilah keseharian yang saya lakukan hari ini dalam mengikuti kegiatan-kegiatan lazim setiap harinya.

Wassalam saya @zul01 mengucapkan terimakasih.

Coin Marketplace

STEEM 0.15
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 53406.15
ETH 2223.47
USDT 1.00
SBD 2.29