"The Diary Game - Kamis, 18 Juli 2024 : Pengetahuan Berkembang Dengan Mendalami Peran"

in Steem SEAlast month

Assalamu'alaikum sobat stemians semua!!!

Dalam keseharian yang kita lakukan tentunya akan berbagai macam juga yang kita hadapi untuk memenuhi daftar keinginan yang kita dambakan atau inginkan sehingga rasa malu terhadap sesuatu akan berkurang yang seiring timbulnya percaya diri. Seperti yang kita ketahui bahwa jika kita malu dengan sesuatu yang kita lakukan maka, percayalah hidup kita tidak akan pernah berkembang.

Pagi yang cerah ini saya bangun di awal subuh melaksanakan sholat 2 raka'at dan melakukan kewajiban di dayah yaitu mengurus santri lainnya untuk senantiasa melakukan rutinitas yang telah diwajibkan diatas mereka selama masih bernaung didayah ini seperti membangunkan untuk sembahyang, melaksanakan sembahyang berjama'ah dan belajar (mengaji) subuh sebelum bergerak pulang kerumah masing-masing.

Selanjutnya , saya berangkat pulang kerumah dengan suasana alam yang masih segar dan alami serta berjalan kaki sambil olahraga 😁 dalam perjalanan agar perjalanan tidak membosankan.


sayuran pakis

Sekitar jam 10 pagi , memasak salah satu sayur yang menurut saya adalah makanan yang jarang dan khas masakan yang saya sukai yaitu memasak daun pakis yang sudah saya beli tadi sore sebelum berangkat ke dayah. Jadi, keinginannya hari ini saya akan memasaknya dengan mie instan yang dicampurkan kedalam sayuran tersebut.

Banyak jenis spora yang tumbuh di hutan yang lembab, cuman menurut saya hanya spora inilah yang bisa dimakan dan dinikmati dengan kelezatan yang hakiki , sobat stemians silakan coba deh resep cara membuat sayur pakis dengan resep keluarga saya mudah-mudahan cocok dilidah dan bisa dijadikan ide jualan yang tinggi.

Pertama-tama daun pakis dipotong kecil-kecil kira - kira hingga bagian yang masih rapuh jika dipatahkan. Boleh - boleh saja jika ingin menggunakan pisau atau tangan terserah mau bagaimana , yang penting udah dipotong. Selanjutnya persiapkan bahannya dikira - kira aja, yaitu:

  • Bawang merah,
  • Bawang putih,
  • Cabe merah keriting,
  • Kemiri 3 butir
  • Tomat
  • Jahe

Semuanya diblender hingga halus.


tahapan masak

Seterusnya, nyalakan kompor gas lalu beri minyak secukupnya, tunggu panas dan masukkan bahan blender tadi dan beri air secukupnya tunggu hingga mendidih. Setelah itu, masukkan daun pakis yang sudah dicuci bersih dan diamkan kurang lebih 5 menit sebelum dimasukkan seasoning (garam, penyedap rasa dan lainnya)

Setelah kira - kira sudah mulai menunjukkan sayur pakis sudah mulai matang , lalu masukkan mie sekaligus seasoningnya serta rasakan apakah ada yang kurang dari seasoning yang dimasukkan, jika kurang bisa ditambah lagi dan jika kelebihan bisa dimasukkan air sedikit 🤏.


siap disajikan

Akhirnya bisa disajikan dengan suapan nasi hangat yang membuat rasanya semakin nikmat. Itulah pentingnya jika kita bisa memasak sendiri, jadinya apa yang kita mau makan kita tahu apa yang harus kita lakukan. Masakan siap untuk sarapan hari ini.


sarapan sehat

Setelah memasak dengan penuh perhatian akhirnya bisa menikmati suapan yang nikmat dan lezat serta bergizi, tetapi demikian jangan juga mengonsumsi berlebihan atau terus menerus, tidak sehat juga bagi kesehatan, jadi konsumsilah secukupnya sehingga nutrisi dapat terpenuhi dalam tubuh kita.

Siang harinya saya berangkat ke dayah untuk mengajar anak-anak di sana dengan mengajarkan adab, etika, dan hal lain yang bersangkutan dengan kebutuhan yang masih perlu dibimbing. Sehingga nantinya akan menjadi sosok yang bisa menginspirasi dan contoh tauladan bagi orang lain dengan attitude yang diperlihatkan kepada khalayak ramai.

Mengajar bagi saya bukanlah hal yang mudah terkadang kita merasakan tekanan yang kuat, sekaligus hentakan ketika mereka susah dalam memahami dalam suatu pelajaran yang saya ajarkan sehingga saya harus menggunakan berbagai macam metode atau trik khusus dalam mengajar.
Seketika rasa susah hilang jika ada dari mereka memahami dan bisa dalam mengaplikasikan apa yang telah saya ajarkan.


sore hari

Sorenya saya kembali lagi ke dayah , dikarenakan malam ini adalah malam jum'at, jadinya kegiatan di dayah hanya membaca surah al kahfi tanpa ada pengajian lainnya. Yang berbeda hanyalah kegiatan setelah magrib ! Kalo sebelum Magrib kegiatan jadwalnya masih sama seperti biasa. Setelah membaca alquran sembahyang isya berjama'ah dan do'a.


setelah isya

Setelah isya saya membeli mie instan sebagai makanan dalam kekosongan suasana, perut juga memberitahukan untuk mengisi bahan bahan bakar produksi bahan selanjutnya 😄.

Ingat ya sobat steem jangan sering-sering mengonsumsi mie, gak baik juga bagi kesehatan kita. Nikmati dalam seminggu sekali udah cukup, pokoknya jangan sering-sering. Selanjutnya, saya membuka handphone untuk sosmed dan lainnya sehingga berita - berita terkini kita ketahui, agar tidak dikira kolod dalam perkembangan zaman dunia.

Sort:  
 last month 

Waduh, saya sudah lama tidak lihat pakis... Jadi tijoh ie babah saya,,,,

 last month 

Makajih wte na ci netes peget lage nyn... Mangat that² an

 last month 

iya di sini ngga ada yang jual dan saya juga ngga pernah lihat ... Kalao di Aceh mungkin masih banyak yang tanam ...

 last month 

Tumbuhan pakis tumbuh liar di daerah yang lembab, kemungkinan dengan suasana alam dan cuaca berpengaruh besar dengan tumbuh kembangnya. Biasanya dapat kita jumpai disekitar sungai² , dihutan dan daerah lembab lainnya.

Makanya kalo nanti pulang ke Aceh ingat pakis, pakis, pakis dan pakis... 😁

 last month 

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
BeneficiaryNo
burnsteem25
Status ClubClub75
AI Article✅ Original (Human text!)
I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.033
BTC 64167.02
ETH 2769.14
USDT 1.00
SBD 2.67