"The Diary Game - Jum'at, 6 September 2024 : Kebiasaan Yang Menjadi Kewajiban"steemCreated with Sketch.

in Steem SEAlast month


pagi jum'at berkah

Assalamu'alaikum sobat stemians semua!!!
Syukur alhamdulillah kita masih bisa dipertemukan dalam keseharian yang saya lakukan hari ini. Pagi ini keseharian saya didayah dimulai bangun subuh awal dan sembahyang berjama'ah, dilanjutkan dengan wirid yasin jum'at yang wajib atas semua santri dayah di pagi jum'at.

Hari jum'at yang berkah ini mari kita padati dengan beribadah dan hal-hal yang berfaedah juga bermanfaat, contohnya seperti sedekah di hari jum'at dengan pahala yang berlipat ganda dari hari-hari lainnya. Juga masih banyak lagi hal yang bermanfaat yang bisa kita lakukan di hari jum'at yang berkah ini.

Hari jum'at juga merupakan hari yang paling istimewa dalam sejarah islam, dikarenakan jumat adalah hari yang paling sempurna (very perfect) dibandingkan dengan hari lain, semua ummat islam akan memfokuskan diri kepada hal-hal yang bisa dijadikan amal ibadah dalam meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Sepulangnya saya dari dayah, saya langsung menuju ke kedai di pagi hari, karena ada keperluan membeli lontong sebagai sarapan saya pagi ini dan membeli kue-kue ringan sebagai cemilan pagi ini,😄😄 langsung pulang kerumah.

Jum'at hari ini, saya datang seperti biasanya yang tidak terlalu awal tidak juga telat. Sobat stemians mau dengar nggak isi khutbah hari ini? Nih aku jelasin, jadi khutbah hari ini khatib memberikan nasehat tentang bagaimana kita bisa menjadi suri teladan nabi Muhammad SAW dalam memperjuangkan agama islam hingga ke seluruh penjuru dunia dengan kecerdasan dan atas izin Allah SWT.

Lebih kurangnya seperti itulah isi khutbah, saya tidak bisa menjelaskan lebih detail takutnya nggak cukup nih tulisan atau kram jari saya dalam mengetik. canda doang 😃


setelah jum'at

Kondisi jum'at hari ini mendung tidak seperti biasanya sehingga cuaca pun tidak terlalu terik dan tidak terlalu dingin, pokoknya netral di suhu ruangan. canda suhu ruangan, hehehe 🤣🤣 Lebih jelasnya suhu di cuaca normal .

Setelah jum'atan sekitar jam 3 siang saya berangkat ke Samalanga untuk membeli keperluan saya, adek, ayah dan mamak tercinta 😘. Saya membeli ayam penyet, adek titip dibelikan bakso bakar, ayah titip dibelikan martabak telur dan mamak titip dibelikan roti bakar. Kami tinggal berempat dirumah, jadinya masing-masing punya titipan tertentu menurut budget .

Pulang kerumah, saya langsung makan dengan lahapnya, syukur alhamdulillah Allah masih menyempatkan kesempurnaan bagi saya dalam menjalani hari-hari yang bahagia walaupun ada halangan dan rintangan.

Kira-kira sekitar jam 4 sore saya menjemput mamak di pengajian rutin setiap jum'at dengan motor, mamak saya dalam keadaan lemah yang mungkin tidak sanggup kalo berjalan kaki dari rumah ketempat pengajian terus pulang dari sana, jadinya saya sebagai anak baik dan sholeh 😄😄 antar jemput tersebut telah menjadi bagian aktivitas rutin di setiap jum'atan.


mengajar malam

Malamnya Alhamdulillah saya masih istiqamah dalam mengajar anak-anak di dayah dengan semampu kemampuan yang saya miliki sehingga tidak ada hari yang tidak memungkinkan saya untuk hadir disetiap malamnya. Kesehatan dan kemampuan yang telah Allah berikan insyaallah saya pergunakan kejalan yang benar, benar-benar menuntun kejalan syurgaNya Allah.

Disini saya bukannya sombong dalam menampilkan kegiatan yang saya lakukan, tapi kewajiban yang harus saya lakukan setiap hari dan malamnya memang itulah yang saya lakukan. Pandangan buruk terhadap seseorang menimbulkan fitnah sehingga menjadikan penyakit hati yang tiada penawarnya.

Alhamdulillah sementara ini saya masih tetap dan teguh atas pendirian saya selama ini, yang mungkin harapan saya akan terus menjadi hal yang melekat dalam jiwa sehingga menjadi aktivitas yang bernilai ibadah. Biarlah dunia tidak mengakui, namun Allah tahu kebenaran yang sesungguhnya. Sekian dan terimakasih.

Wassalam,saya
@zul01

Sort:  

Upvoted. Thank You for sending some of your rewards to @null. It will make Steem stronger.

 last month 

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
BeneficiaryNo
burnsteem25Yes
Status ClubClub100
AI Article✅ Original (Human text!)
I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 60868.40
ETH 2377.54
USDT 1.00
SBD 2.64