"The Diary Game - Jum'at, 28 Juni 2024 : Kembali ke Rutinitas Semula"

in Steem SEAlast month

Assalamu'alaikum stemians semua!!!

Hari ini seperti biasa aktivitas yang saya lakukan setiap harinya karena saya merupakan seorang santri yang aktivitasnya hanya itu - itu saja, sehingga membuat saya menjadi seseorang berjiwa islami yang tertanam dalam diri saya.

Kita merupakan salah satu hamba Allah yang selalu bersyukur atas apa yang dikaruniai kepada kita , baik dalam keadaan susah maupun senang yang pastinya atas segala sesuatu itu patut kita syukuri.

Pagi ini seperti biasa saya terbangun didayah yang kesekian kalinya libur dan nanti malam akan belajar dan mengajar seperti biasanya yang kami lakukan, terus saya menuju qulah berwudhuk dan sholat subuh berjamaah serta wirid subuh yang telah warid kami lakukan.

Dikarenakan guru saya sudah pulang tadi malam, jadi tugas saya pun selesai dalam menjaga rumah beliau dan bergegas pulang kerumah saya sendiri tepat pukul 07 : 20 . Disini saya pulang dari dayah kira - kira 10 menitan untuk sampai kerumah dengan berjalan kaki , ya kita juga bisa menghirup udara segar di pagi hari yang kenyataannya bahwa oksigen yang dikeluarkan masih dalam keadan fresh sehingga paru-paru kita akan sehat dalam memompa darah keseluruh badan kita. Heheheh 🤭macam dokter👨‍⚕.

Kita bisa menikmati suasana alam dan keindahan sekitar yang tak semua orang bisa menikmatinya , juga kembalinya aktivitas petani turun kesawah setelah sekian lamanya kemarau yang membuat harga pangan meningkat melambung tinggi dari harga sebelumnya dan juga indahnya suara kicauan burung walet yang menyapa alamnya dengan cara penyampaiannya sendiri.

Sekitar pukul 09 pagi saya menyantap sarapan dengan lauk seadanya, ingat ya stemians jangan lupa bersyukur!!!.Walaupun makanan tanpa kuah tetap terasa nikmat jika kita bersyukur, yang membuat saya rindu dan kangen akan masakan rumahan. Alhamdulillah masih diberikan rezeki dalam hidup ini, sehingga kita bisa hidup dengan adanya rezeki yang Allah berikan.

Setelah sarapan saya duduk dan bermain game hamster kombat yang katanya kita bisa mendapatkan income dari berpartisipasi dalam game tersebut. Yah apa salahnya kan mencoba, siapa tau benar akan berita tersebut 😂🤭.

Semua yang dapat menghasilkan saya coba asalkan tidak melakukan sesuatu yang dapat merugikan atau bahkan merusak diri kita sendiri, yang nantinya berpengaruh buruk terhadap diri kita sendiri. Tidak ada salahnya kan kita melakukan hal-hal yang positif yang membuat diri kita tenang dan nyaman dalam menjalani hidup.

Kebetulan hari ini adalah hari jum'at dimana semua umat IsIam laki-laki diwajibkan melaksanakan sholat jum'at di Mesjid. Saya pun menuju kamar mandi dan siap- siap pergi ke Masjid ,sudah saya katakan yang bahwa Mesjid tepatnya disebelah dayah saya. Sebagai laki-laki kita wajib juga merupakan fardu i'en atas diri kita melakukan sholat jum'at dengan ketentuan dan tata cara yang sempurna. Yang artinya sholat jum'at didirikan atas adanya 2 azan (azab yang pertama menandakan bahwa masuknya waktu zuhur dan azan yang kedua bahwa khatib sudah naik diatas mimbar),rukun 2 khutbah dan Sembahyang 2 rakaat yang membuat sah Jum'at tersebut.


toyco udang with tempe dan belacan khas Aceh

Pulang Jum'atan kira - kira pukul 01 : 50 wib, saya langsung makan siang dengan begitu lahapnya, makanan kesukaan saya (toyco udang dan tempe yang dipadukan dengan belacan khas Aceh) Yang membuat saya menambah 2 kali 🍲🍴. Belacan yang terbuat dari kelapa parut yang disatukan dengan kepala udang kecil dicampur dengan rempah - rempah lainnya yang terdiri dari sereh, daun kari, cabe dan lainnya, yang membuat nafsu makan saya bertambah atas nikmatnya makanan tersebut.

Sambil menulis steem, mengisi kebosanan dengan bermain game MOBA supaya nantinya lebih semangat dalam meng update steem sea 😂🤭. Aktivitas yang bisa membuat saya tenang selain tidur yaitu main game, sambil menunggu ashar tiba.

Tepat pukul 06 sore saya berangkat menuju dayah dengan ditemani santri lainnya dalam perjalanan. Ya memang aktivitas seterusnya akan terjadi seperti ini yang saya lakukan, dikarenakan saya adalah seorang santri sekaligus guru anak - anak didayah.

Perjalanan menuju dayah, memang akan terasa melelahkan tetapi juga bernilai ibadah jika melakukannya dengan ikhlas dan tanpa mengharap balasan. Disini saya berjalan kaki menuju dayah yang sudah saya ceritakan yang bahwa proses belajar mengajar akan dimulai malam ini.

Sore hari yang membuat saya merasa tenang dengan matahari yang mau terbenam yang menandakan bahwa malam akan tiba sesaat lagi.

Sesampainya didayah saya pun berwudhuk dan membaca alqur'an sebelum Magrib tiba, Itulah syarat yang wajib kami lakukan setiap sore yang merupakan rutinitas kami didayah. Membaca al qur'an bermanfaat sebagai penerang hati bagi siapa saja yang membacanya, yang artinya dengan membaca al qur'an apapun yang kita lakukan dimudahkan oleh Allah SWT dalam segala hal.

Setelah magrib saya langsung naik kebalai untuk mangajar anak didik yang telah diberi tugaskan oleh guru saya dalam hal mendidik mereka. Malam ini adalah malam pertama mulainya pengajian yang pastinya tidak semua hadir , entah apa alasan mereka nanti malam kalo datang ke dayah.

Inilah akhir keseharian saya hari ini!, saya ucapkan terimakasih atas sobat stemians yang telah mensuport dan membimbing saya dalam platform ini, semoga kedepannya akan lebih baik lagi dalam mengupdate keseharian di komunitas steam sea.

Wassalam saya @zul01 mengucapkan terimakasih!!!

Sort:  
 last month 

Thank you very much for publishing your post in Steem SEA Community. We encourage you to keep posting your quality content and support each other in the community

DescriptionInformation
Verified User
Plagiarism Free
#steemexclusive
Bot Free
BeneficiaryNo
burnsteem25Yes
Status ClubClub5050
AI Article✅ Original (Human text!)
I invite you to support @pennsif.witness to grow across the whole platform through robust communication at all levels and targeted high-yield developments with the resources available.

Click Here

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66217.53
ETH 3316.11
USDT 1.00
SBD 2.70