"The Diary Game - Jum'at, 26 Juli 2024 : Jum'at Yang Bermanfaat dan Berfaedah"

in Steem SEA5 days ago

Assalamu'alaikum sobat stemians semua!!!


pagi

Kehidupan didayah memang membuat kita taat dalam hal ibadah, harus bangun awal,pengajian,mengulang,dan berjama'ah,dikarenakan kita dituntut untuk melakukan sesuatu yang merupakan hal
Wajib dalam IsIam sehingga sangat bermanfaat untuk melatih kita menjadi insan kamil dikemudian hari.

Pagi dimana ayam berkokok setiap harinya menjelang terbit matahari, membangunkan manusia yang asyik dengan mimpi subuh, tidur yang memberatkan bangun, pagi yang kesiangan, lelah yang belum habisnya. Oleh karena itu, dalam hal ukrawi harus benar-benar kita persiapkan dengan sebaik mungkin. Apa yang kita lakukan dengan hal terbaik itulah tuaian dari perbuatan atau hasil dari apa yang telah kita lakukan di suatu sa'at nanti.

Nasehat memang terdengar membagongkan dan menyumbat telinga, tapi meskipun demikian benar terjadinya sebab dan akibat dari perbuatan atau tuaian dari hal yang kita lakukan. Sehingga nantinya rasa penyesalan yang terlambat sudah tidak berlaku dan tidak berguna kemudian.


juma'atan

Hari ini saya disibukkan dengan mengikuti audisi kontes diberbagai platform steemit dengan menuliskan kata - kata yang cocok dan sesuai dengan tema yang diberikan sehingga nantinya daya tarik pembaca menjadikan saya salah satu peserta terbaik dalam kontes. Syukur alhamdulillah saya sudah 2 kali mengikuti kontes dalam platform ini dan menjadi juara pertama dikontes pertama saya yang diselenggarakan oleh @walictd dan juara kedua di kontes berikutnya yang diselenggarakan oleh @sahmie , semangat saya dalam mengikuti kontes makin membara dan giat untuk melakukannya.

Potensi yang saya berikan ternyata benar-benar berkualitas, bukannya saya sombong nih😁 cuman usaha yang saya berikan terbayarkan atas karya yang saya ciptakan dengan pemikiran yang sesuai. Proses post dalam kontes membutuhkan waktu dan masa yang layak bagi saya dalam upload, sehingga perlu untuk dipikirkan terlebih dahulu, apakah sudah sesuai atau belum!

Suara azan menyeru
Topik jum'at hari ini yang teringat dalam pemikiran saya adalah segala sesuatu hal yang baik dalam agama harus segera disegerakan dan dengan perbuatan yang baik juga. Seperti;

  • Menikahkan anak gadisnya yang sudah waktunya menikah
  • Melakukan akad nikah anak gadisnya melalui ayah atau wali dari gadis tersebut
  • Taubat yang berdasarkan dosa dari penyesalan yang telah dilakukan
  • Segera melunasi utang jika kita mempunyai hutang dengan orang lain.

Sah bagi mereka jika kita yang berhutang untuk mengatakan bahwa "jika seseorang yang berhutang telah meninggal dunia, sah dikatakan sebelum utang ada yang menanggungnya tidak diperbolehkan untuk dikebumikan" begitulah kira - kira.

Jum'at yang berfaedah bagi mereka yang mau menggunakan sisa hidup mereka untuk jalan yang lebih menyakinkan kedepannya, sehingga hidup terurus dan berfaedah, baik bagi kita sendiri maupun orang lain.

Nasehat yang saya berikan tentunya dapat bermanfaat bagi siapapun yang mau mendalami makna menyegerakan segala urusan dalam hidup.jika stemians menganggap ini adalah bahan ajar yang mungkin tidak terlalu penting, gak apa! Yang penting saya cuman meluapkan rasa pengetahuan saya yang saya dapatkan tadi.

Setelah jum'at selesai saya pulang dan hanya menikmati sore-sore yang penuh berkah di jum'at yang berfaedah, sehingga apapun yang kita lakukan hari ini dapat bernilai ibadah. Kegiatan disore hari mengantar mamak yang kemungkinan sudah mulai sehat untuk mengikuti pengajian majlis ta'lim didayah tempat saya belajar dan mengajar, jadinya setiap hari Jum'at merupakan hari libur bagi kami seluruh santri dayah, dikarenakan pengajian orang dewasa, dan satu-satunya hari libur bagi kami adalah hari jum'at! Selain itu tidak.

Malamnya saya hanya melakukan aktivitas yang biasa saya lakukan dengan keseharian yang bermakna, setiap langkah kaki yang saya berikan dalam belajar dan mengajar di dayah adalah bentuk pengabdian yang sesungguhnya saya lakukan dengan ikhlas dan keyakinan yang mendalam.

Sehingga kegiatan malamnya setelah isya adalah jadwal pelajaran yang akan saya pelajari bersama guru kami, dalam menuntut ilmu didayah dan mengajar anak-anak lainnya. Kegiatan ini terus berlanjutan hingga saatnya saya merasa cukup dengan kehidupan yang saya alami dan meneruskan ke jenjang yang lebih serius dalam menjalani hidup ini.

Inilaah keseharian yang saya lakukan hari ini, dengan kesempurnaan yang dapat bernilai ibadah.

Wassalam saya @zul01 mengucapkan terimakasih.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66254.46
ETH 3319.59
USDT 1.00
SBD 2.69