Kontes #3 "Mengatasi Trauma dan Membangun Kekuatan Baru"

in Steem SEA16 hours ago

Assalamu'alaikum steemians semuanya!!!

Hari ini saya berkesempatan mengikuti kontes pertama saya dalam steemit yang berjudul "Mengatasi Trauma dan Membangun Kekuatan Baru".Dengan mengucap Bismillah, semoga berjalan lancar, Amin .🙏


LINK

Pengalaman Traumatis

Beberapa tahun lalu, dalam perjalanan pulang saya dari Samalanga membeli kitab , saya melihat dari sisi yang berlawanan arah sebuah mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan becak yang dikendarai oleh anak seumuran 15 tahun yang belum mahir, akhirnya mobil menabrak dengan sadisnya becak tersebut, darah berceceran, hidup yang singkat, sakitnya mati penderitaan.

Kejadian atau musibah yang tidak diinginkan terjadi oleh semua manusia adalah bentuk kecelakaan yang dapat menimbulkan kerugian besar, baik dari segi material, fisik, atau bahkan jiwa sekalipun. Kecelakaan yang terjadi tersebut menjadi suatu kejadian yang sangat menakutkan bagi saya sendiri bahkan trauma terbesar. Walaupun menimpa orang lain!.

Media - media yang menampilkan kecelakaan sejak saat itu hingga sekarang masih menjadi trauma terberat, apalagi yang ditampilkan dalam bentuk tidak sensor tayangan. Ingatan itu terus muncul ketika saya melihat darah yang mengalir deras dari seseorang dengan postur tubuh yang tidak beraturan.


LINK

Cara saya mengatasi rasa takut atau trauma yang muncul akibat kecelakaan tersebut adalah dengan ;

  • Mengelola emosional yang tinggi sehingga membantu menenangkan pikiran dan tubuh
  • Sebaiknya jika peminum!, menghindari konsumsi alkohol atau obat - obat terlarang yang dapat memicu terjadinya kecelakaan
  • Menghindari pemicu trauma dari situasi atau lingkungan yang dapat mengingat kembali kenangan traumatis
  • Membatasi diri dari paparan berita atau media yang memperburuk keadaan.

Dalam mengatasi traumatis tentu saja memerlukan waktu dan usaha yang bertahap - tahap, sehingga prosesnya akan memungkinkan mengurangi resiko yang muncul. Disarankan untuk tidak ragu mencari bantuan jika diperlukan, misalnya dokter dan psikolog.


LINK

Momen penting yang menjadi titik balik

Setiap individu memiliki momen penting yang berbeda-beda dalam pemulihan sisi traumatis, namun bagis saya momen memproses (menghadapi) emosional dan mengubah pola pikir negatif adalah bagian terpenting yang harus saya terapi, sehingga kejadian dimana kondisi tertentu berubah secara signifikan, dalam artian mengalami perubahan dari suatu kejadian.

Perubahan kecil adalah langkah awal dalam proses pemulihan terhadap sisi traumatis yang terjadi, sehingga sedikit demi sedikit akan mengalami perubahan besar yang memungkinkan merubah sudut pandang kita kepada berfikir positif dalam suatu kejadian tertentu.


LINK

Langkah untuk melepaskan diri dari bayangan masa lalu

Sedangkan langkah untuk melepaskan diri dari bayangan masa lalu menakutkan yang saya terapkan salah satunya adalah mengubah pola pikir negatif dengan selalu melakukan aktivitas positif dan menyenangkan untuk terus melangkah kedepan tanpa menghiraukan masa lalu yang menakutkan, walaupun rasa trauma itu tidak hilang, tapi setidaknya berkurang. Seperti kata - kata motivasi "lebih baik mencegah daripada mengobati ".


LINK

Saran atau tips

Saran dan tips yang bisa saya berikan yang mungkin sedang berusaha melepaskan diri dari bayangan masa lalu adalah dengan tidak merasa sendirian dalam perjalanan ini, selalu ingat ada dukungan dan bantuan sekitarmu. Yang terpenting jangan mudah putus asa dalam menghadapi suatu masalah selalu ingatlah kepada Sang hakikat dalam hidup ini yaitu Allah SWT. Bersama - sama kita dapat melewati masa lalu yang menakutkan dan menuju masa depan yang lebih cerah. Tetap semangat! 💪🌟

Sekian partisipasi saya dalam mengikuti kontes tersebut! Dimana ada kekurangan dan kesalahan saya mohon maaf, dikarenakan masih pemula dalam platform ini.

Berikut adalah entri saya untuk "kontes #3 mengatasi trauma dan membangun kekuatan baru" yang diselenggarakan oleh saudara @walictd, saya juga mengundang @dekki , @bahagia dan @waliyul untuk berpartisipasi dalam kontes ini.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 58009.23
ETH 3063.14
USDT 1.00
SBD 2.34