The Diary Game : 31 / 7 /2023 ( Semangat Belajar )

in Steem SEAlast year

Assalamualaikum sahabat steemit semua , dipagi senin yang cerah saya bangun pagi dan melaksanakan shalat subuh selesai shalat subuh saya goreng udang pakek tepung + cabe rawit + rayco rasa ayam dan bawang merah untuk sarapan pagi.setelah sarapan pagi saya pakai baju dan pergi kedayah raudhatul ma'arif al aziziah untuk jenguk adek didayah sekalian saya bawa mukenah dia.

IMG_20230522_134858_290.webp
Setelah saya ketemu adek didayah dia minta foto bersama kawanya menggunakan hp saya.
Setelah kami berfoto adek saya langsung pamit dan masuk lagi ke asrama dayah,dan saya pun berangkat kepesantren jabalnur dimana hari ini saya ada jadwal ngajar dikelas VIII - 3 dan VIII - 6. Tiba pesantren saya langsung masuk ke kelas VIII-3 dan saya pun menulis kalimat di papan tulis dalam khat Naskhi untuk mereka belajar dan menulis menggunakan kalam dan tinta.

20230731_092224.jpg

20230731_091911.jpg

20230731_091832.jpg

kelas VIII-3 Banat ( perempuan )

Mereka sangat suka belajar kaligrafi apalagi hari ini jenis khat yang mereka belajar khat naskhi karena mereka sangat suka dengan khat naskhi.

Setelah mereka selesai menulis saya langsung memeriksa karya mereka dan saya beri nilai tergantung bagus karya mereka masing - masing.setelah semua selesai saya periksa dan beri nilai bel pun berbunyi tanda pergantian jam.saya pun langsung masuk ke kelas satu lagi yaitu kelas VIII-6 dimana kelas itu anak rijal semua ( laki - laki ). Dikelas tersebut saya juga memberi tugas di papan tulis dengan jenis khat kufi dan khat naskhi.

IMG_20230731_122021_231.webp

suasa kelas rijal VIII-6

Mereka sangat bersemangat menulis kaligrafi,sampai pensil kawannya yang sedang menulis dia rampas untuk dikasih kesaya untuk memeriksa karyanya di mana yang salah. Saya memeriksa dan dimana tahsin hurufnya kurang pas saya suruh perbaiki lagi. Ada beberapa siswa yang sudah bagus tulisan kaligrafinya dikelas tersebut.

Pulang dari sekolah saya melakukan kegiatan seperti biasanya karena hari ini senin saya ada jadwal ngaji anak - anak iqra' dan al-qur'an di balai pengajian keude bungkah kecamatan muara batu kabupaten aceh utara.
Dibutuhkan kesabaran yang cukup dalam mengajar anak - anak membaca iqra'.setelah pengajian selesai dan waktu shalat asar pun telah tiba saya menyuruh anak - anak untuk bersalawat dan mengambil air wudhu untuk melakukan shalat asar berjamaah.

20230731_162725.jpg

Setelah mereka selesai shalat berjamaah mereka langsung salam- salaman dengan dewan guru dibalai pengajian, dan sebagian anak- anak sudah dijemput sama orang tuanya karena waktu pulang sudah tiba.anak - anak pun langsung menjumpai orang tuanya dan ada juga anak - anak yang jajan dulu sambil menunggu orang tuannya datang menjemput.
Saya langsung pulang kerumah karena dirumah ada anak - anak les juga belajar membaca dan berhitung.tiba dirumah anak les tidak rame yang pergi dikarenakan cuaca mendung dan hujan rintik - rintik yang pergi cuma 4 orang . Saya dan pengajar lainnya langsung mulai memberi tugas yang belum mereka pahami.

20230731_173015.jpg

suasana belajar

Setelah mereka selesai belajar saya menyuruh mereka tidak pulang dulu karena saya mau membeli gorengan,tidak jauh dengan tempat les kami.mereka pun menunggu dan saya pun langsung pergi membeli gorengan dan waktu saya pulang saya dan pengajar lainnya serta anak - anak langsung makan gorengan bersama.
Setelah selesai makan gorengan mereka langsung pulang karena sudah mau magrib dan saya pun mau mandi karena nanti malam ada pengajian pemuda di menasah ulee madon.bunyi azan magrib berkumandang dimana cuacanya sangat buruk karena angin yang kencang ditambah lagi dengan hujan yang deras dan lampu pun mati.melihat keadaan saperti itu saya pun tidak jadi pergi pengajian malam ini karena cuacanya tidak mendukung.

20230731_192129.jpg

Sambil menunggu masuknya waktu shalat insya saya mengambil peralatan kaligrafi dan menulis berbagai macam jenis khat di karton manila berwarna hitam dengan pigmen berwarna pink.waktu shalat insya pun tiba,saya masih menyelasaikan menulis kaligrafi karena tanggung sedikit lagi.setelah selesai menulis kaligrafi saya langsung kesumur untuk mengambil air wudhu untuk melaksanakan shalat insya.

20230731_192736.jpg

Hujan pun sudah reda tiba - tiba ayah saya menyuruh saya untuk pergi ke tempat praktek dokter Faisal untuk membeli obat pilek + batuk buat adek saya yang di dayah cot trueng karena tadi sore adek saya menelpon ayah disuruh bawa obat besok pagi.saya pun langsung memakai baju serta mengambil honda untuk keluar membeli obat.pulang dari praktek dokter Faisal saya langsung masuk kamar dan beristirahat.

Demikian postingan dari saya dan terima kasih kepada semua yang sudah membaca postingan saya kali ini.

Salam Hormat
@ustadyanis

Sort:  
 last year 

Konten bagus dan mendapatkan dukungan kurasi 100% dari saya. Teruslah membuat tulisan berkualitas untuk post di Steem :)

Makasih bang

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.16
JST 0.029
BTC 61282.12
ETH 2375.20
USDT 1.00
SBD 2.55