THE DIARY GAME Season 3, [SELASA, 30 Maret 2021] – ACARA PERNIKAHAN.

in Steem SEA3 years ago

IMG20210330174691.jpg


MENGHADIRI ACARA PERNIKAHAN SAUDARA

Menjelang bulan puasa banyak berlangsung acara pernikahan di Aceh, rata-rata mereka mempercepat waktu acara pernikahan. Demikian juga hari ini saya memenuhi undangan dari saudara saya yang melangsungkan acara pernikahan di kantor KUA Simpang Keuramat, padahal saudara saya tinggal di Kecamatan Banda Sakti, seharusnya pernikahan berlangsung di KUA Banda Sakti. Ternyata bukan begitu aturannya, lokasi KUA untuk melangsungkan pernikahan tergantung pada Kecamatan dimana mampelai wanita tinggal. Jadwal acara pernikahan saudara saya hari ini sudah terjadwal jam 10 pagi sampai selesai.


Setelah saya bersihkan dan mengelap kaca mobil, saya bergegas mandi karena waktu sudah menunjukan jam 8 pagi. Saat ini waktu sangat cepat berlalu, memang benar kata pepatah waktu tidak pernah menunggu. Sekitar jam 9 pagi saya sudah siap-siap berangkat menuju ke rumah saudara saya, yang tinggalnya tidak begitu jauh dari tempat saya tinggal.

Sesampai disana rombongan sudah berkumpul dan untuk segera mau berangkat ke kantor KUA. Rombongan kami tidak begitu ramai, hanya saudara-saudara dekat saja. Tampa menunggu lama, rombongan kami segera berangkat menuju ke KUA Kecamatan Simpang Keuramat. Saudara saya sebagai mempelai pria berada di kenderaan paling depan, dan langsung berangkat duluan, karena waktu sudah sangat mepet. Rombongan kami menyusul di belakang.

IMG20210330174612.jpg
Mempelai Pria saudara saya dan wanita

Dalam perjalanan, medekati Pos polisi simpang Cunda kami dikejutkan dengan banyaknya kendaraan yang berhenti, terutama kenderaan roda dua. Rupanya sedang terjadi Razia. Kami pikir razia masker, sempat panik juga karena kami lupa membawa masker. Ooo ternyata bukan, hanya razia rutin pemeriksaan tentang kelengkapan dari kenderaan roda dua. Kamipun lega, dan terus memacu kendaraan menuju ke Simpang keuramat.

Tepat jam 10 lewat sedikit kami sampai juga di KUA Simpang Keuramat. Kami pikir sudah telat, ternyata disana belum mulai apa-apa. Setelah menunggu setengah jam kemudian baru acara akad nikah dimulai. Mempelai pria dan wanita dipersilakan masuk ke ruangan, kami pun mengikuti juga masuk ke ruangan tersebut, berhubung ruangan tidak begitu luas, sebagian menunggu di ruang tamu.

IMG20210330174627.jpg
Acara persiapan menjelang ijab kabul


IMG20210330174636.jpg
Prosesi ijab kabul sedang berlangsung


IMG20210330174648.jpg
Proses penandatangan surat dari Wali wanita


IMG20210330174640.jpgProses penandatangan surat dari mempelai wanita

Acara ijab kabul berlangsung dengan hikmah, saya lihat wajah saudara saya sedikit tegang, sehingga sempat dua kali pengulangan ucapan ijab kabul, karena salah dalam ucapannya. Tapi akhirnya ucapan yang ketiga berhasil lancar tampa kesalahan. Setelah acara ijab Kabul berlangsung, Kadhi KUA memberikan ceramah dan nasehat tentang membina hubungan yang baik dalam berumah tangga. Waktu sudah menujukan jam 12 lewat, setelah semua prosesi acara berlangsung, kami kemudian melakukan photo-photo bersama dengan latarbelakang pelaminan yang sudah disediakan dalam ruangan ini.

IMG20210330174680.jpg
Kedua Mampelai medapakan Buku Nikah

Saudara saya ini memang ingin melakukan pernikahan dulu, tidak ingin berbarengan dengan acara pesta. Umumnya di Aceh biasa acara pernikahan berlangsung sekaligus dengan acara pesta pada hari yang sama, pagi menikah, siangnya sudah duduk di pelaminan. Saudara saya ini tidak mengikuti seperti umumnya, dia percepat jadwal pernikahan dan rencana peresmian acara pesta perkawinan akan dilangsungkan nanti sehabis Hari Raya Idul Fitri, ya sekitar 2 bulan depan lah, katanya begitu.

IMG20210330174686.jpg
Saya dan Istri berphoto bersama

Tepat jam setengan satu siang, acarapun selesai dan kami pamit pulang, tapi sebelum pulang rombongan kami diundang ke rumah mempelai wanita, karena disana sudah disediakan jamuan makan siang. Rombongan kami pun menuju ke sana. Setelah itu kami segera pamit dan pulang ke rumah karena waktu sudah mau mendekati jam 2.00 siang. Sesampai di rumah saya kecapean, badan terasa lelah, sehingga saya ambil waktu untuk istirahat, tidak ada acara khusus lainnya, kecuali rutinitas biasa sampai malamnya.


Demikian Kegiatan Diary saya pada hari ini Selasa 30 Maret 2021 saya kisahkan. Terima kasih saya ucapkan kepada semua Sahabat dan Senior Steemit yang mau berkunjung dan memberikan dukungan semangat kepada saya. Terima kasih juga pada @steemcurator01, @steemcurator02, @steemcurator08, @steem.sea, Bang @anroja, bang @nazarul, Bang @radjasalman, Bang @muzack1 dan Bang @el-nailul, atas support selama ini kepada saya.

Wassalam dan Terus Berkarya
Tengku Yusak (@tucsond)

IMG_2021_02_28_083628-edit-01.jpg

Sort:  
 3 years ago 

IMG_20201008_202623.jpg


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Anroja

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

 3 years ago 

Terimakasih atas dukungan dari @steemseacurator dan Bang @anroja.

 3 years ago 

Selamat, Anda satu salah pemenang kontes yang diselenggarakan oleh Steem SEA, info lebih detail dapat anda peroleh dengan klik disini

IMG_20200928_182240.jpg

 3 years ago 

Alhamdulillah....
Terima kasih atas informasi dan dukungan. Semoga SteemSEA tambah maju dan berkembang.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.026
BTC 56776.60
ETH 2424.08
USDT 1.00
SBD 2.37