[25% REWARD DISUMBANGKAN KE @steem.amal] - THE DIARY GAME [#BETTERLIFE ], RABU 5 MEI 2021 - INFORMASI TENTANG PERBANKAN DI ACEH SAAT INI.

in Steem SEA3 years ago (edited)
Waktu perputar terasa begitu cepat, tidak terasa bahwa hari ini Rabu 5 Mei kita sudah berada pada puasa hari ke-23, yang berarti seminggu lagi waktu tersisa kita berada dalam bulan yang mulia ini, untuk laksanakan ibadah puasa. Ini artinya kita harus betul-betul maksimal waktu yang ada dalam mengisi dengan segala amal ibadah yang belum kita lakukan. Karena waktu tidak akan berulang, waktu akan terus berjalan, jangan sampai kita tertinggal bahkan dikalahkan oleh waktu.

IMG20210505102352.jpeg


Hari ini Sekitar jam 10 AM pagi saya bermaksud ke BNI Syariah. Rencana saya membuka Rekening Bank Syariah, karena saya belum mempunyai Rekening Syariah. Karena banyak informasi yang saya dapatkan tentang perubahan aturan perbankan di Aceh saat ini. Disamping ingin membuka rekening saya ingin mengetahui langsung informasi terkini dari pihak Bank. Sesampai di Cabang BNI Lhokseumawe di Kutablang, saya mengambil no antrian dan menunggu dipanggil oleh Customer Service (CS). Setelah menunggu 30 menit akhirnya saya dapat giliran. Banyak hal informasi yang saya dapatkan walaupun saya disuruh ke Cabang BNI disamping KFC. Karena Cabang BNI Kuta Blang tidak mengurusin lagi buka Rekening kata Customer Servicenya, BNI Kuta Blang hanya melayani bagi nasabah yang menutup Rekening saja, dan bulan juni ini mereka akan menutup cabang ini, dan informasi lain yang saya dapatkan bahwa mulai dari bulan Februari yang lalu semua kegiatan tentang Perbankan Konvensional sudah tidak dilayani lagi oleh Bank yang ada di Aceh, karena harus berubah ke Bank Syariah, pihak Bank mengatakan sudah melakukan sosialisasi selama 2 tahun dari tahun 2019 -2020, walaupun informasi ini banyak masyarakat yang belum tahu.

IMG20210505114251.jpeg
Kantor cab. BNI Kota Lhokseumawe, Kutablang.


Memang sama-sama kita tahu atau ada yang belum tahu bahwa setelah keluar Qanun no 11 tahun 2018 yang lalu tentang lembaga keuangan Syariah yang wajib berlaku di Aceh. Makanya mulai awal tahun 2019 Qanun sudah mulai diberlaku di Aceh. Sekarang semua Bank di Aceh wajib berlaku Bank Syariah, Bank konvensional tidak boleh lagi beroperasi di Aceh. Oleh karena Sampai hari ini saya belum mempunyai Rekening Syariah, makanya saya bermaksud untuk membuka sebuah rekening tersebut. Karena batas waktu Bank konvensional beroperasi di Aceh sampai bulan Juni ini untuk menyelesaikan segala hal yang harus diselesaikan dengan nasabah. Setelah itu semua Bank konvensional tidak boleh beroperasi lagi di Aceh.

IMG20210505102151.jpeg
Nasabah yang antrian ingin menutup Rekening.


Setelah bulan Juni semua nasabah yang masih mempunyai Rekening konvensional akan dipindahkan ke Cabang Medan. Jadi nanti kalau kita ada bermasalah dengan Buku Tabungan atau misalnya Kartu ATM kita hilang, harus pergi ke Medan untuk pengurusannya, akan sangat ribet untuk urusan Kartu ATM hilang harus pergi ke Medan. Pemerintah pusat sudah membentuk merger 3 Bank Kovensional menjadi Bank BSI, Bank Syariah Indonesia untuk mendukung regulasi Qanun pemerintah Aceh ini.

IMG20210505104544.jpeg
Menunggu antrian dicounter Customer Service.


Dibawah ini saya akan menyimpulkan segala informasi yang saya dapatkan baik dari pihak Bank BNI maupun beberapa berita dari koran lokal yang pernah saya baca, mungkin ini bisa bermafaat bagi kawan-kawan Stemian yang belum tahu, terutama yang berdomisili di Aceh :

1. Bahwa Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah yang berlaku sejak diundangkan pada 4 Januari 2019 lalu. Semua lembaga perbankan kovensional diberikan waktu 2 tahun untuk sosialisasi dan persiapan untuk beralih ke Bank Syariah. Bagi perbankan yang tidak mau akan dilarang beroperasi di Aceh. Karena Aceh akan memberlakukan semua lembaga keuangan yang ada di Aceh harus menggunakan prinsip Syariah.

2. Semua Bank Kovensional sampai akhir Mei ini hanya melayani nasabah yang menutup Rekening dan di sarankan untuk beralih dan membuka Rekening Syariah. Bagi nasabah yang tetap menggunakan Rekening Kovensional nanti setelah bulan ini akan di alihkan ke Cabang konvensional terdekat, yaitu di wilayah Sumatera Utara atau Medan. Artinya untuk urusan Print Rekening, hilang ATM, tidak keluar uang dari ATM tapi saldo tetap terpotong dan lainnya kita harus mengurusnya ke Cabang yang ada di Medan.

3. Ada 3 Bank Pemerintah saat ini sudah merger yaitu BNI Syariah, Mandiri Syariah dan BRI Syariah sudah membentuk BSI (Bank Syariah Indonesia), dan sudah mulai beroperasi di Aceh. Walaupun Pas saya ke BNI Syariah mereka bilang belum berjalan, saya masih disuruh Buka Rek Syariah BNI, baru akhir tahun nanti akan diubah atau dialihkan ke Rekening BSI, itu kata CS nya BNI Syariah.

4. Saat ini ATM Bank Kovensional sudah beralih ke ATM Bank Syariah, walaupun belum semua, Tapi mulai bulan Juni nanti ATM kovensional akan ditutup total. Dan bagi nasabah yang masih menggunakan ATM kovensional akan dikenakan biaya bila melakukan transaksi di ATM Bank Syariah.

IMG20210505145946.jpeg
Kantor Cab. BNI Syariah Kota Lhokseumawe, samping KFC.


Akhirnya setelah saya dapat banyak informasi dari BNI Cabang Kutablang, saya disarankan ke Cab. BNI samping KFC depan Mesjid Islamic Center. Sesampai di BNI Syariah banyak nasabah yang lagi mengantri, saya harus menunggu sesuai no antrian yang saya dapat. Setelah menunggu 1 jam akhir sampai giliran saya. Tapi sampai tedengar suara Azan di Mesjid Islamic, urusan saya di kantor BNI Syariah samping KFC belum selesai juga, CS nya pun istirahat dulu, jam 1.30 saya disuruh balik lagi.

IMG20210505223511-01.jpeg
Buku Rekening, hal depan sudah tertulis Bank BSI, tapi hal belakang masih BNI Syariah.


Saya pun dengan senang hati beranjak dari BNI menuju ke Mesjid Islamic sekalian bisa Itikaq dan dengar ceramah. Selama Bulan suci Ramadhan Mesjid Islamic, setiap selesai sholat Dzuhur membuat kegiatan Taushiyah selama 30 menit serta ada tanyak jawab sesuai dengan topik syariat yang dibawa oleh Ustazd, tiap hari beda-beda topik syariat yang dibahas. Jadwalnya sudah disusun dengan Rapi oleh pengurus Mesjid Islamic.

IMG20210505135343.jpeg
Bersama kawan-kawan lagi di Mesjid Islamic Center


Sekitar jam 2 siang, saya balik lagi ke BNI Syariah untuk melanjutkan urusan buka Rekening yang tadi tertunda. Dan pada jam 2.30 sore saya baru selesai untuk mendapatkan Buku Rekening Syariah. Di buku Rekening halaman depan tertulis BSI tapi halaman belakang BNI Syariah dan no Rekening masih atas nama Bank Syariah baru nanti akan dialihkan akhir tahun ini, kata CSnya begitu.

IMG20210505143304.jpeg
Di kantor Pajak Pratama untuk melaporkan pajak tahunan


Setelah itu saya menuju ke Kantor Pajak Pratama, karena waktu sudah mepet saya gerak cepat menuju kesana untuk melaporkan pajak tahunan. Sebenarnya batas waktu pelaporan pajak akhir bulan April kemarin, Cuma karena kesibukan dilapangan saya belum sempat mengurus laporan pajak tersebut. Sesampai disana mengantri lagi, sekitar 1 jam kemudian saya dapat gilirannya. Setelah selesai saya melaporkan pajak tahunan, saya pergi menuju ke Jl. Gudang untuk membeli Kelapa muda tempat langganan saya. Setelah itu saya pulang ke rumah, istirahat sejenak sambil menunggu waktu berbuka puasa.

IMG20210505143550.jpeg
Menunggu antrian di Kantor Pajak Pratama


Demikian Kegiatan Diary saya pada hari ini Rabu 5 Mei 2021. Terima kasih saya ucapkan kepada semua Sahabat Steemians yang mau berkunjung dan memberikan dukungan semangat kepada saya. Terima kasih juga kepada @steem.amal yang telah membuat program bantuan amal lewat Program ”Steem For Better Life” dan juga kepada seluruh anggota komunitas Steem SEA. Semoga Allah SWT memberikan Rahmat dan Ampunan bagi kita semua dalam bulan Suci Ramadhan ini.

Selamat menjalankan ibadah Puasa bagi semua
Tengku Yusak (@tucsond)
IMG_2021_02_28_083628-edit-01.jpg

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

Salam @ernaerningsih.

 3 years ago 

Terimakasih atas dukungan dari @steemcurator08 dan Ibu @ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62629.89
ETH 2572.37
USDT 1.00
SBD 2.74