growyourown - MEMBUDIYAKAN IKAN CUPANG

in Steem SEA3 years ago (edited)

Hello Steemit dan kawan-kawan semua... Apa kabarnya semua ? Semoga teman-teman Steemit semua selalu sehat serta semakin sukses amin ya robal alamin....

Mungkin saya akan bercerita pengalaman breeding ikan cupang atau bisa di sebut juga betta

Iya mungkin ini dimulai bulan maret tahun 2020 dimana itu menjadi awal-awal covid19 sekolah di online kan kuliah pun sama
Nah saya pun berputar otak selama kuliah di online kan apa yang bisa saya lakukan sehingga tidak berdiam dirumah..
Kebetulan tetangga saya sudah mulai usaha cupang dari awal covid19 dan diajak lah saya untuk memulai usaha cupang awal saya tidak tau jenis-jenis cupang itu seperti awal mulai lah saya mencoba dengan beli jenis yang termurah....
Memang untuk nya lumayan bagi saya walaupun tidak banyak hari demi hari saya belajar lagi dengan jenis baru saya cari tau ikan yang kualitas bagus dan kualitas kontes dengan menonton youtube dan buka instagram
Mulai lah dibulan mei saya memberanikan diri untuk terjun di kualitas tinggi
Modal dengan menjual ps4 saya dan langsung membelikan ikan seharga 2juta rupiah sepang

9E28672F-EBB2-4198-B33F-963590C00E20.png

Ini lah cupang pertama saya walaupun saya nekat wawasan belom banyak saya mencoba langsung saya breed beruntung sayaa anakan itu banyak dari awal netas sampe seminggu saya kasih kuning telur
Setelah seminggu saya kasih kutu air yang biasa ada di empang berjalan nya waktu anakan ikan cupang saya umur 2bulan...
Tetangga saya bawa pengepul ikan langsung dia nembak harga ikan-ikan dengan harga 4juta tergiur lah saya,saya jual dengan harga segitu
Hari demi hari saya rajin mengawinkan cupang-cupang saya
Bertambah lah besar saya jual-jual ke online dan ofline
Dengan harga 400ribu seekor waulupun mahal tetap saja banyak yang minat dengan ikan saya karna saya jual kualitas bukan kuantitas
Sebulan saya bisa menghasilkan 4juta rupiah lumayan bukan
Pernah datang orang dengan melihat-lihat ikan saya dan dia pun tergiur dengan satu ikan saya dan dia tawar lah dengan harga 1juta rupiah
Langsung saya jual ke dia bulan demi bulan saya berjualan di rumah hari demi hari penghasilan pun bertambah untuk biaya saya sendiri
Memang bisnin yang sebentar lama kelamaan ikan pun jatuh harga nya dikarena kan oknum ikan yang biasa saya jual di atas rata-rata dia bisa menjual dibawah
Itulah terjadi penurun harga petani pun mulai kesal dengan oknum tertentu
Memasuki awal 2021 ikan benar-benar tidak ada harganya saya pun memutuskan untuk selesai bisnis ini...

Itulah pengalaman saya berbisnis cupang di awal-awal covid19...

2C8B3D5E-713A-4023-A66C-897278038AAB.jpeg

DD1DB7CA-BCFD-4F35-86C1-2C0FADBBF3BD.jpeg

82AD6E49-066A-424A-81B6-71633DC22C75.jpeg

Demikianlah Diary ini saya buat dengan sebenar - benarnya sesuai pengalaman yang saya alami lansung

Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih banyak kepada @chimot23 dan @alhasan yang mengenalkan saya tentang steemit. Dan tidak lupa saya mohon bimbingan kepada @radjasalman, @nazarul, @imamalkimas dan @anroja @steemcurator01 @steemcurator02 @steemcurator08 untuk melakukan penulisan - penulisan di blog ini
Mohon maaf bilamana ada kata - kata yang tidak tersusun rapi dan tidak berkenan di hati teman - teman yang membaca diary saya.
Salam hormat dari saya, kalian semua luar biasa dan sukses selalu
@teage

Sort:  

Mantap ada kang cupang 😁. Cocoknya bikin postingan #growyourown aja klo mau berbagi ternak ikan cupangnya.

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

Salam @ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64689.90
ETH 3450.92
USDT 1.00
SBD 2.50