THE DIARY GAME, SELASA 13 APRIL 2021 {PUASA HARI PERTAMA}

in Steem SEA3 years ago (edited)

20% hasil postingan ini saya dedikasikan untuk @steem.amal yang sedang menjalankan program kemanusiaan

Assalamu'alaikum sahabat steemian semua, bagaimana kabarnya hari ini?
marhaban ya Ramadhan kembali lagi bersama saya @syakbans, semoga puasa hari ini berjalan dengan lancar amiiinnn......🤲

Selasa, 13 April 2021
Alhamdulillah tarawih malam pertama kemarin saya masih di berikan kesehatan dan kesanggupan oleh Allah SWT, dalam menjalankan perintah ilahi di bulan suci Ramadhan ini. Terbangun dengan deringan alarm yang tentunya sudah saya save pukul 04:10 wib, sejenak menenangkan diri supaya rasa kantuk hilang kemudian saya bergegas mencuci muka dan sedikit membersihkan diri kemudian lanjut dengan makan sahur dengan lauk-pauk yang masih tersisa hari meugang. setelah makan, juga tak lupa meniatkan puasa dengan lafal sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latinnya: "Nawaitu shauma ghadin an'adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita'ala"

Artinya: "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

sambil menunggu suara azan subuh, Saya membuka handphone untuk melihat beberapa postingan diary steemia.

Jam 05:13 wib
Allah akbar.....
Allah akbar.....
Suara azan subuh terdengar di mesjid, saya langsung mengambil sarung dan peci kemudian memakainya untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah di mesjid, Setelah shalat dan berdzikir, saya langsung bergegas pulang ke rumah dan melanjutkan mimpi yang sempat tertunda.


Peci dan sarung

Terbangun jam 13:10 wib, setelah merapikan tempat tidur dan membuka jendela agar sinar matahari terpancar, saya langsung mandi dan berwudhu untu melaksanakan shalat zuhur, Hari ini saya harus ke bank BPD Aceh karena harus mengecek dana ADG, sudah masuk bulan April kami aparatur desa dan lembaga lain nya belum menerima gaji, padahal keadaan bulan ramadhan ini sangat di perlukan biaya hidup untuk keperluan sehari-hari.


Sedang menunggu petugas bank

Jam 17:00 wib
Seperti biasa setelah mandi kemudian shalat ashar, pengumuman khanduri kanji di meunasah ter dengan hingga ke plosok-plosok desa, saya juga tak tinggal diam dalam hal mendapatkan jatah khanduri kanji bulan ramadhan, ini sudah menjadi adat orang Aceh di dalam bulan suci ramadhan, kanji merupakan makanan sejenis bubur yang mengandung banyak khasiatnya.


Pembagian khanduri kanji

Setelah mengambil jatah khanduri kanji, saya di suruh ibu untuk membeli beberapa menu untuk buka puasa di pasar kota samalanga, Suasana kota yang begitu padat sehingga memerlukan waktu yang lama untuk saya melakukan transaksi. kurang lebih 40 menit saya berada di pasar samalanga, kemudian saya bergegas pulang karena waktu untuk berbuka sudah hampir tiba






Suasana padatnya pasar samalanga

Jam 19:05 wib
Alhamdulillah puasa hari ini berjalan lancar walaupun saya merasa sedikit lesu dan lemas mungkin ini hari pertama puasa jadi wajar hal itu terjadi. Setelah berbuka puasa dengan menu seadanya saya langsung bergegas ke meunasah untuk melaksanakan shalat maghrib dan menunggu Insya dan di lanjutkan dengan shalat tarawih, ke utamaan shalat tarawih Pada malam kedua, Orang yang melaksanakan Sholat Tarawih akan diampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.

sekian diary saya hari ini mohon masukan dan bimbingan nya

📷 PicturePhotography
ModelRedmi Note 8
Android11
Camera usedHandphone
Photographer@syakbans
LocationAceh

Salam @syakbans

hormat saya kepada:@anroja selaku admin steem sea

Terimakasih juga kepada :
@nazarul
@el-nailul
@ikhsan01
@deksyech
@mirzamg dan komunitas Asia Tenggara.

Sort:  

MEnunggu 50pc 😬

 3 years ago 

Wkwkwk

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 59583.90
ETH 2578.21
USDT 1.00
SBD 2.48