THE DIARY GAME ||BETTERLIFE|| (04 APRIL 2021) PERPISAHAN PASANTREN. LIBUR RAMADHAN

in Steem SEA3 years ago

DSC_4885.JPG
"foto santriwati malam perpisahan"

Seperti biasa nya, saya di bangunkan oleh alarm jam handphone, saya melihat jam baru pukul 05:00, lalu saya bergegas ke kamar mandi untuk berwudhuk dan melaksanakan shalat subuh secara berjamaah dengan para dewan guru dan santri, kemudia saya mengulang kitab sebentar untuk menambah ilmu agama bagi saya.

Hari itu merupakan hari yang bahagia bercampur kesedihan karna merupakan hari yang di tunggu tunggu oleh semua santri baik santriwan maupun santriwati, yaitu hari libur karna berjumpa dengan bulan yang sangat mulia yaitu bulan Ramadhan dan menyambut hari raya Idul Fitri, suatu kesedihan bagi kami para dewan guru karna berpisah dengan para santri yang kami sayangi.

Namun perpisahan ini bukanlah perpisahan untuk selamanya tetapi hanyalah perpisahan libur sementara untuk menyambut bulan suci Ramadhan dan berjumpa dengan orang tua dan keluarga masing masing, libur di jadwal kan selama 50 hari, sepuluh hari sebelum Ramadhan dan sepuluh hari setelah Ramadhan, dan pas di lebaran ke 10 para santri sudah kembali dan aktif lagi belajar di pasantren.

DSC_4880.JPG
"foto santriwan malam perpisahan"

Sekitar jam 08.00 pagi para santri sudah berkumpul untuk bergotong royong membersihkan halaman pasantren, saya melihat dari raut wajah mereka begitu gembira, senang dan juga saya melihat kesedihan di wajah mereka karna berpisan dengan guru guru nya, kemudian saya bertanya kepada salah satu santri “apakan kamu senang dengan libur ini” dan bia menjawab “yang kami rasakan sekarang senang, gembira bercampur dengan sedih” lalu saya bertanya lg “kenapa kamu merasa senang dan kenapa kamu merasa sedih” santri tersebut menjawab “kami senang karna kami segera berjumpa dengan orang tua kami yang sudah lama kami tidak berjumpa dengannya, dan kami sedih karna kami berpisah dengan guru guru kami”. Begitulah jawaban dari santri tersebut.

Jam sudah menunjukkan pukul 11:00 dan sudah waktu nya bagi santri untuk tidur qailulah, dan saya dengan para dewan guru lain mempersiapkan pentas untuk acara pada waktu malam.

DSC_4920.JPG
"foto saat pimpinan menyampaikan arahan malam perpisahan"

Malam pun tiba yang merupakan malam terakhir bagi santri tinggal di dayah, para santri melaksanakan acara makan makan bersama gurunya masing masing di kelas, banyak pembahasan juga antara guru dan muridnya karna kami akan berpisah dengan mereka, dan para guru pun menasehati murid nya supaya dalam suasana libur mereka tidak lupa dengan kewajiban nya, dan mereka juga tidak boleh lalai dengan masa libur tersebut, dan juga mereka tidak lupa dengan apa yang telah di pelajari nya untuk di amalkan di tempat mereka masing masing.

Setelah acara makan makan para santri melaksanakan shalat insya berjamaah, setelah itu barulah tiba acara perpisahan pasantren, para santri pun tidak sabar mendengarkan pengumuman libur dan pengumuman kapan kembali ke dayah, para santri pun berkumpul di depan pentas acara perpisahan, saya belihat raut wajah mereka yang begitu gembira bercampur dengan kesedihan.

DSC_4898.JPG
"foto santriwan"

Inilah cerita saya hari ini
Semoga teman-teman semua senang membaca kegiatan saya.

Terimakasih sebesar-besarnya kepada @anroja yang telah mengajukan kontes The Diary Game, saya sangat senang berkumpul di sini.

Terima kasih juga untuk @nazarul @herimukti @sailor01 @ikhsan01 @green07 yang telah membimbing saya di @steemit

Sort:  
 3 years ago 

IMG_20201008_202623.jpg


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Firyfaiz

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 57346.65
ETH 3107.45
USDT 1.00
SBD 2.40