The Diary Game Season 3, Better Life 22 Mei 2021: Membantu teman belajar steemit dan ikut berpartisipasi dalam penyerahan bantuan @steem.amal - steemit

in Steem SEA3 years ago

50% payout dari postingan ini untuk @steem.amal

Hai steemian!

Salam sukses dan semoga sehat selalu. Terimakasih atas dukungan yang telah dan akan diberikan. Semoga Allah membalas dengan berbagai kemudahan rezeki dan kesuksesan bagi sahabat steemian semuanya.

Pagi ini di ruang kerja, seorang sahabat @nafisahsaidah menghampiri dan menanyakan kepada saya beberapa hal tentang steemit. Beliau adalah anggota baru di steemit. Akhirnya saya mencoba membantu beliau mengatasi kendala yang beliau hadapi.
IMG_20210522_075925.jpg
Berbagi pengetahuan tentang steemit


Beliau menanyakan bagaimana memposting sebuah diary dalam steemit. Secara umum saya mengarahkan beliau untuk memposting diary di komunitas Steem SEA. Selanjutnya membuat tagging sesuai tema yang dibahas, seperti misalnya cerita harian dari pagi hari sampai dengan sore atau malam, maka tagging yang digunakan #thediarygame. Cerita tentang kepedulian seperti memberi bantuan kemanusian, menolong hewan, dan lainnya, maka masuk dalam kategori #actsofkindness. Penjelasan selengkapnya merujuk pada postingan @el-nailul berikut ini:

https://steemit.com/hive-103393/@el-nailul/konten-di-steemit-01-menggunakan-tagging-yang-sesuai-dengan-tema


Saya memberi contoh bagaimana beliau menulis berdasarkan sebuah tema yang ingin beliau urai, yaitu tentang memelihara ayam. Saya jelaskan kepada @nafisahsaidah bahwa tema tersebut tergolong dalam tagging #growyourown. Selanjutnya mulailah menceritakan segala sesuatu tentang ayam, seperti bagaimana cerita awal yang membuat ketertarikan memelihara ayam, berapa jumlah ayam, bagaimana merawat, mengembangbiakan dan memberi makan atau membersihkan kandangnya. Saya juga menjelaskan agar beliau fokus pada tema tersebut dan jangan dicampur dengan cerita lain yang akan menyebabkan postingan menjadi gado-gado.

Selesai menjelaskan pengenalan tersebut, saya melanjutkan tugas mengajar di kelas IV-Teuku Umar. Hari ini anak-anak mendapat materi tentang kewajiban dan hak terhadap energi. Selesai mengajar saya memimpin rapat bersama Panitia Penerimaan Murid Baru di ruang kelas VI-Malikussalah. Agenda rapat membahas persiapan dan teknis pendaftaran murid baru.
IMG_20210522_115830.jpg
Rapat Panitia PPDB MIN 3 Lhokseumawe


Selesai rapat, saya mengedit beberapa soal ujian semester sampai akhirnya @radjasalman mengajak saya ikut serta untuk berbelanja barang untuk bantuan korban kebakaran. Akhirnya kami menuju ke sebuah toko untuk membeli barang-barang yang akan disumbangkan kepada korban musibah kebakaran. Turut ikut serta dalam rombongan @radjasalman, @ibnusakdan75, @nafisahsaidah, @muhammadbakrie, dan @ruqaiyah. Sebagian berangkat dengan mobil dan sebagian lainnya menggunakan sepeda motor.
IMG_20210522_122008.jpg
Perjalanan menuju toko untuk membeli barang bantuan


Akhirnya kami tiba di tempat tujuan, kami membeli beberapa barang kebutuhan seperti kipas angin, dispenser air, ember air, tikar, beras, telur, susu, dan sembako lainnya.
IMG_20210522_122704.jpg
Tim sedang berbelanja barang kebutuhan untuk sumbangan korban kebakaran


Setelah semua barang terpenuhi, kami memasukkan barang-barang ke dalam mobil @radjasalman. Selanjutnya karena waktu shalat zuhur telah tiba kami singgah untuk shalat di masjid Baiturrahman Lhokseumawe.
IMG_20210522_131249.jpg
Suasana sejuk dan nyaman dalam Masjid Baiturrahman


Selesai shalat, kami mencari warung nasi untuk makan siang bersama. Sayangnya dari dua warung nasi yang kami kunjungi, nasinya semuanya telah habis. Kami harus mencari makan siang di tempat lain. Selesai makan siang, kami melanjutkan perjalanan menuju Paloh Punti tempat korban musibah kebakaran. Dalam perjalanan bergabung bersama kami @heriadi dan @el-nailul. Dalam perjalanan tersebut saya duduk di jok belakang sambil menyelesaikan pengeditan soal ujian semester. Tidak terasa perjalanan kami akhirnya tiba di lokasi yang kami tuju.
IMG_20210522_145008.jpg
Kondisi tenda tempat tinggal korban kebakaran


Kami para tim segera menurunkan barang-barang dari mobil dan membawanya ke depan tenda. Dalam perbincangan kami peroleh informasi bahwa musibah kebakaran terjadi pada 20 Ramadhan sekitar pukul 22.00 wib. Penyebab kebakaran dikarenakan gas. Ketiadaan air serta sulitnya medan menuju lokasi menyebabkan seluruh isi rumah ludes terbakar oleh si jago merah.
IMG_20210522_145537.jpg
Tim berpose bersama di depan rumah darurat korban kebakaran


Sampai saat ini bantuan yang telah diterima baru sebatas tenda darurat bantuan dari Kementerian Sosial. Di samping itu beberapa sumbangan dari masyarakat sekitar. Kehadiran @steem.amal tentunya sangat membantu meringankan mereka yang tertimpa musibah. Di samping menyumbangkan barang-barang yang diperlukan korban, turut juga diserahkan bantuan tunai dalam bentuk uang. Saat ini kondisi di sekitar tempat tersebut sangat sulit air. Menurut informasi yang kami terima, mereka sangat membutuhkan aliran air untuk kebutuhan sehari-hari.
IMG_20210522_150028.jpg
Penyerahan bantuan tunai yang diterima keluarga korban kebakaran


Setelah selesai penyerahan bantuan, kami pulang dan singgah di sebuah cafe. Di sana kami minum bersama dan mengobrol. Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 16.40 wib, @radjasalman meminta izin lebih dahulu pulang untuk menjenguk anaknya di dayah “pesantren”. Sementara kami harus kembali ke sekolah.
IMG_20210522_164744.jpg
Anggota tim naik beca penuh gembira pulang ke sekolah


Sampai di sekolah kami segera melaksanakan shalat ashar. Saya menuju masjid Baitul Huda di samping madrasah tempat saya bekerja. Selesai shalat saya masih harus melanjutkan pekerjaan mengedit dan mengeprint soal ujian semester genap di ruang kerja saya. Waktupun telah menunjukkan pukul 18.25 wib. Magrib hampir tiba, saya segera mengakhiri pekerjaan di madrasah dan pulang ke rumah. Se sampai dipintu pagar rumah saya baru teringat belum absen pulang “fringerprint”. Akhirnya saya kembali lagi ke madrasah untuk melakukan fringerprint.

Sampai di rumah azan magrib berkumandang, saya segera mandi dan menunaikan shalat magrib. Setelah selesai shalat saya menulis cerita seharian di steemit. Mata saya sangat lelah dan sudah memerah. Kira-kira daya tahannya sekitar 2 watt lagi. Beberapa cara saya lakukan untuk menopang daya tahan mata ini, mulai dari membalikkan kepala ke bawah dan kaki ke atas di tempat tidur. Namun semakin lemah dan lelah. Akhirnya saya akhiri diary saya sampai di sini.

Terimakasih banyak telah membaca diary saya hari ini. Salam sukses dan sehat selalu. Senang bisa berbagi cerita untuk semua. Terima kasih @anroja @ernaerningsih @radjasalman @nazarul @el-nailul @steemitblog @steemcurator01 @steemcurator02 @cicisaja dan kepada steemian lainnya. Saya menyadari bahwa penulisan ini masih banyak kekurangannya. Saran sangat saya harapkan dari steemian semuanya. Selamat beristirahat maupun beraktivitas (tergantung kondisi saat saudara membacanya. Hehe)!

#betterlife
#thediarygameseason3
#thediarygame
#Indonesia
#steemamal

Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

@ernaerningsih.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 58589.32
ETH 2636.10
USDT 1.00
SBD 2.45