The Diary Game Season 3, Better Life 04 Febuari 2021: Dari mengajar, rapat, dan memimpin kegiatan guru -- steemit

in Steem SEA4 years ago (edited)

Hai steemian!

Salam sukses dan sehat selalu saat kamu membaca ini dan seterusnya.

Hari ini saya akan berbagai cerita aktifitas harian Kamis, (4/2). Dimulai dari pukul 05.40 wib dengan shalat subuh, dilanjutkan bersarapan dan mandi untuk selanjutnya bersiap melaksanakan aktifitas yang sangat padat hari ini. Tentunya tetap semangat dan harus menunjukkan dedikasi sebagai ASN yang profesional.

Pukul 07.15 wib, saya mengantar sepupu ke MAN Lhokseumawe. Kondisi jalan pagi ini dipadati oleh para pelajar, pegawai dan karyawan. Secara umum kedisiplinan pengguna jalan mematahui rambu lalu lintas terpantau tertib, namun para pelajar yang diantar menggunakan sepeda motor umumnya tidak menggunakan helm. Selesai mengantar sepupu saya segera menuju ke tempat kerja

IMG_20210204_072952.jpg

Sepupu, Fadlon menuju gerbang masuk MAN Lhokseumawe


Pukul 07.30 wib saya masuk kelas. Sebenarnya ini bukan jam mengajar saya, namun karena saya harus mengikuti rapat pada pukul 10.00 wib di Kantor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe mewakili kepala madrasah yang sedang sakit, maka saya meminta pergantian jam pada guru yang mengajar jam pertama. Setelah selesai berdoa dan membaca beberapa surah dalam juz amma, saya melanjutkan pembelajaran.

Hari ini agenda pertama adalah pengumpulan hasil proyek membuat montase. Montase adalah karya seni tempel yang mengombinasikan banyak gambar yang dipadukan menjadi gambar baru.

IMG_20210204_085842.jpg

Montase karya siswi


Selanjutnya agenda kedua adalah belajar tentang alat transportasi zaman dahulu seperti pedati dan delman. Mereka membuat sebuah cerita berdasarkan pengalaman masing-masing saat menggunakan delman dan sejenisnya. Setelah selesai, beberapa perwakilan dari siswa membacakan pengalaman yang ditulis di depan teman-temannya.

IMG_20210204_085735.jpg

Membacakan cerita pengalaman menggunakan delman


Sebelum memasuki agenda selajutnya, siswa bersama-sama menyanyikan lagu Apuse. Adapun agenda ketiga adalah pembelajaran tentang penggunaan gaya otot dalam aktifitas sehari-hari. Berbagai kegiatan umumnya dilakukan dengan bantuan gaya otot seperti mengangkat, menarik, menggeser, dan mendorong. Dalam kehidupan sehari-hari kegiatan tersebut sangat mudah ditemukan. Misalnya aktifitas mengangkat semen, beras, menarik pintu, menggeser letak meja, kursi, lemari, mendorong mobil, meja, dan gerobak. Siswa selanjutnya secara individu mengidentifikasi berbagai kegiatan lainnya yang memanfaatkan gaya otot.

Agenda keempat adalah pembelajaran tentang penyebab keragaman Indonesia. Indonesia merupakan negara yang dihiasi dengan warna keragaman suku, bahasa, adat, agama, dan berbagai hal lainnya. Keragaman Indonesia secara umum dikarenakan faktor letak, negara kepulauan, perbedaan kondisi alam, keadaan transportasi dan komunikasi, serta penerimaan masyarakat terhadap perubahan.

IMG_20210204_083957.jpg

Suasana kelas dalam proses pembelajaran Kamis, 4 Febuari 2021


Pukul 09.50 wib saya mengakhiri proses pembelajaran dan segera menuju Kantor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe. Sesuai undangan, jadwal rapat para kepala madrasah dengan kepala kantor dimulai pukul 10.00 wib, namun karena dalam ruang kepala masih ada tamu dari aparat keamanan, saya duduk di pekarangan kantor sambil berbincang dengan para kepala madrasah.

Pukul 10.15 saya dipanggil oleh Kasi Pendidikan Islam yaitu bapak Tarmizi ke ruang Kasubag Tata Usaha. Sehari sebelumnya saya sebagai ketua KKG MI mengabarkan ingin berjumpa dengan beliau untuk melaporkan program kegiatan Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKG MI). Dalam perbincangan singkat tersebut saya melaporkan perihal program yang telah kami buat dan sedang berlangsung. Mendegar penjelasan tersebut, beliau sangat mendukung dan menanyakan seputar kendala dalam pelaksanaan program. Bincang-bincang ini kami akhiri pukul 10.30 wib karena rapat dengan Kepala Kemenang yaitu bapak Boihakki akan segera dimulai.

Pukul 10.30, Kasubag TU, Drs. H. Muzakkir,MA memimpin rapat. Dalam penyampaiannya beliau mengutarakan perihal kegiatan pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Satker (RKA-SK) tahun 2022. Tujuan rapat ini untuk melihat persiapan panitia pelaksana dan peserta masing-masing satker dalam kegiatan RKA-SK tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Hotel Harmoni Langsa pada tanggal 9 s.d. 11 Febuari 2021. Peserta rapat adalah para Kepala MIN, MTsN, MAN, Kepala KUA, Para Kasi dan Staf. Senada dengan hal tersebut, Kepala Kementerian Agama Kota Lhokseumawe Drs. H. Boihakki, M.Sos mengutarakan pentingnya anggaran sebagai jantung kegiatan satker. Beliau menyampaikan arahan teknis untuk kesuksesan kegiatan tersebut. Kegiatan ini berakhir pukul 11.40 wib.

IMG_20210204_113143.jpg

Suasana rapat dalam ruang Kakankemenag Kota Lhokseumawe


Pukul 11.45 wib saya berbincang-bincang dengan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, bapak Ruslan, S.Ag, M.Pd. sambil menunggu para kepala madrasah berkumpul. Berdasarkan jadwal, saya ingin mengadakan pertemuan bersama para kepala MI membahas anggaran dan program kerja KKG MI.

IMG_20210204_114215.jpg

Bincang bersama Kasi PHU Kemenag Kota Lhokseuamwe


Pukul 12.00 wib, saya menuju mushalla Kantor Kemenag, sesuai jadwal saya ingin mengadakan rapat kecil bersama ketua Kelompok Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K2MI) Kota Lhokseumawe membahas beberapa point penting mengenai anggaran dan kegiatan KKG. Kegiatan ini berlangsung sampai pukul 13.40 wib. Ketua dan pengurus K2MI menyampaikan dukungan atas berbagai rencana kerja yang digagas oleh KKG MI.

IMG_20210204_115309.jpg

Rapat bersama K2MI Kota Lhokseumawe


Pukul 13.50 wib saya segera pulang dan langsung menuju rumah. Selesai shalat zuhur, saya makan siang dengan sedikit terburu-buru karena harus kembali ke tempat kerja dengan agenda memimpin kegiatan KKG MI dalam pembuatan silabus tematik kelas 1, 2, dan 3. Selesai mandi siang, saya segera menuju ke tempat kegiatan.

Pukul 14.00 wib saya memulai pembukaan kegiatan KKG MI perdana bagi guru kelas tematik 1, 2 dan 3. Saya menyampaikan perihal program kegiatan dan teknis pelaksanaan. Kegiatan KKG MI ini turut dihadiri oleh pengawas MI yaitu Ibu Rosnidar, S.Ag. Kegiatan berlangsung dengan beberapa catatan penting yang perlu dilakukan evaluasi agar tidak terulang pada pertemuan selanjutnya. Beberapa kendala teknis seperti kesulitan copypaste redaksi kompetensi dasar dari file PDF ke dalam file microsoft word. Namun secara umum kegiatan ini dapat berjalan lancar dan peserta kegiatan terlihat semangat mengerjakan tugas kelompok yang telah ditentukan bersama. Kegiatan ini berakhir pukul 16.50 wib.

IMG_20210204_162922.jpg

Kegiatan pembuatan silabus tematik kelas 1,2, dan 3


Pukul 17.00 wib saya mengerjakan shalat ashar di madrasah. Setelah itu saya menuju ke rumah nenek untuk menyerahkan uang belanja beliau. Beliau adalah orang yang telah mengasuh saya sejak bayi semenjak ibu saya meninggal dunia di saat usia saya baru 19 bulan. Biaya hidup beliau adalah tanggungjawab saya sepenuhnya sebagai cucu beliau. Saya sangat bahagia dan bangga memiliki beliau yang telah mendidik dan membesarkan saya.

Pukul 17.20 wib saya pulang ke rumah dengan badan yang terasa sangat lelah. Setelah mandi sore saya kembali membuka labtob dan mendesai denah lokasi rumah untuk acara pesta adik ipar saya. Setelah shalat magrib saya menulis diary ini. Biasanya saya mengajarkan anak mengaji dan membaca, namun karena kondisi anak saya sedang sakit gigi, ia pun tertidur di ruang tamu.

Demikian diary saya hari ini. Mohon kritik dan saran dari rekan-rekan semua.

Salam kenal kepada para CR @anroja @ernaerningsih @nazarul, salam kenal juga kepada rekan-rekan semua.

Sort:  
 4 years ago 

Luar biasa padatnya kegiatan, saya baca aja terasa lelah, apalagi menjalankannya nya, jaga kondisi tubuh tetap vit, jangan sampai tumbang ditengah kesibukan.

 4 years ago 

IMG_20201008_202623.jpg


SELAMAT

Postingan anda telah mendapat kurasi secara manual dari akun komunitas @steemseacurator.
Terimakasih telah berpartisipasi dalam komunitas Steem SEA

Kami akan sangat berterimakasih jika anda bersedia mendelegasikan Steem Power (SP) anda untuk kemajuan komunitas Steem SEA ini

Salam hangat
Anroja

Link pintas untuk delegasi:
100SP 200SP 500SP 750SP
1000SP 1500SP 2000SP 2500SP 3000SP

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 58447.11
ETH 2624.03
USDT 1.00
SBD 2.45