The Diary Game Season sejarah para pejuang, (11 April 2021)

in Steem SEA3 years ago (edited)

‌Halo...para sahabat steemit semuanya kembali lagi bersama saya @rusmaniar, semoga hari ini hari yang sangat indah bagi kita semua dalam melaksanakan tugasnya masing-masing
‌Salam sejahtera buat semuanya di manapun berada, semoga segala urusan kita di mudahkan oleh Nya dan di beri kesuksesan. Aamiin

Di pagi hari ini saya terbangun pada
pukul 06:20 wib dan saya melihat ibunda saya sudah tidak ada di kamar nya ter yata ibunda saya kemarin sudah ada kesepakatan bersamaan dengan warga untuk ikut serta berkunjung ke uteun bayi Lhokseumawe yaitu ketempat permakaman para perjuangan Samudera pasai ,
Ketika Ibunda pulang menceritakan semua kisah-kisah para pejuang tersebut kepada kami
Seperti kisah makam Sultan Zainal Abidin ini

Foto !

Pada nisan makamnya sudah tidak bisa terbaca lagi. Cuma satu -dua kata saja masih dampak jelas seperti kata Ahmad" Namun, inskripsi seperti ayat Al-Qur'an yang ter dapat pada makam, begitu pula ornamen seperti motif-motif, selain juga terbuat dari marmer, semua itu menunjukkan bahwa makam pahlawan tersebut dibuat untuk mengenang seorang sultan para perjuangan besar. !

Tulisan di batu nisan

Diantara sebagian inskripsi yang masih terbaca pada batu nisan tersebut sebaris doa " khalladahullah mulkahu, Amin"( semoga Allah melanggengkan kerajaan, Ami). Doa semisal ini tentu di peruntukkan untuk se-seorang yang kuat, dan kerajaan sudah mencapai suatu tingkat kestabilan yang paripurna. Tapi hanya dari keletakkan makam di sisi barat makam Malikah Nahrasyiyah-lah yang membuat kita dapat menyakini bahwa makam pahlawan tersebut diperuntukkan untuk mengenang Sultan Zainal' Abidin bin Sultan Ahmad.

Sultan Zainal'Abidin mulai memerintah setelah Samudera pasai melewati masa-masa yang redup yang sampai kini masih misterius di paroh
Kedua abad Ke -14 M. Permulaan abad ke -15 M, Sultan Zainal' Abidin ,di nyakini, berhasil bangkit dan kembali mempelopori jalan yang pernah dirintis oleh kakeknya, Sultan Al-Malik Ash-Shalil. Ia membuka lembaran baru bagi sejarah samudera pasai.

Makam-makam tersebut dari marmer dan bersimbolkan kandil yang bermakna penerang muncul pada masa pada ia memerintah. Tokoh-tokoh yang di makam kan itu adalah mereka para Yang telah berperan dalam menyebarkan agama Islam dan memperluas kan negeri kaum Muslimin di Asia tenggara.
Sultan Zainal'Abidin memimpin gerakan dak'wah yang besar itu, yang kemudian di lanjutkan oleh putrinya, Nahrasyiyah-lah serta para penguasa samudra pasai berikut nya. Dan karena itulah ia pantas di gelar dengan Asy-Syahid (yang syahid di jalan Allah) sebagai mana terdapat di makam putrinya, Malika Nahrasyiyah.

Inilah ceritanya tentang para perjuangan Samudera pasai yang saya dengar dari ibunda .!

Inilah cerita saya hari ini :
Saya merencanakan menulis diari game saya hari ini untuk mengupload steemit, menulis cerita kegiatan harian saya di hari ini.

SEMUA GAMBAR SAYA AMBIL DENGAN SMARTPHONE REDMI 6PRO
Salam @rusmaniar

Saya ucapkan Terima kasih kepada :
@steemcurator01
@steemcurator02

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57856.68
ETH 2352.26
USDT 1.00
SBD 2.43