THE DIARY GAME | SENIN, 24 JANUARI 2022 | BERZIARAH KE KUBURAN ALMARHUM AYAHANDA, NENEK DAN KAKEK

in Steem SEA3 years ago

IMG_20220124_181000.jpg

Senin, 24 Januari 2022

Salam sehat dan semangat sahabat steemians, apakabar hari ini ? semoga kita selalu dalam lindungan Allah. Ketemu lagi dengan saya @rika96 di platform hebat ini.

Pagi ini saya mengerjakan tugas rumah, layaknya sebagai ibu rumah tangga yang bertanggung jawab. Memasak nasi dan membuat sarapan pagi, mencuci pakaian dan piring kotor. Kemudian menyapu ruangan rumah dan halamannya hingga bersih, tibalah saatnya saya mandi pagi agar badan menjadi segar. Ketika suami dan anak bangun, mereka juga mandi dan mengepang rambut. Suami saya mengajak anak ke warung kopi di simpang desa, saya dan ibu duduk di rumah menunggu anak pulang. Disaat mereka pulang dan membawakan kue dari warung kopi, suami saya bersiap pergi ke sekolahnya. Kemudian ibu yang pulang ke rumah sendiri untuk mengambil nasi, kemudian makan di rumah saya. Saya, Aisha dan Aishwa berpamitan sama ibu untuk pergi ke kuburan ayahanda dan ibu masih di rumah. Tiba di kuburan ayahanda, nenek dan kakek kami, yang dalam sehari mereka bertiga meninggalkan kami untuk selamanya. Masih tersesak di saat mengingat kembali kejadian 5 bulan yang lalu, rasanya waktu begitu cepat berlalu.

IMG_20220124_085336.jpg
Potret buah cokelat ungu di rumah yang dekat kuburan ayahanda

Selama 5 bulan ayahanda sudah tidak bersama kami, hari ini saya baru ke kuburannya. Saya mengirim do'a setelah setiap saya shalat dan baru hari ini bisa berdo'a langsung di kuburan. Aisha dan Aishwa yang sangat merindukan kakeknya, terasa sekali pada mereka semenjak meninggalnya ayahanda. Apalagi Aisha yang melihat langsung saat saya bertemu yang terakhir kalinya dengan jenazah ayahanda di dunia. Aisha dalam gendongan saya, kemudian melihat jelas sampai ayahanda di kuburkan hingga selesai. Pagi ini kami sekeluarga berziarah ke kuburan dengan niat "Peusijuek turap kuburan" nenek dan kakek, sedangkan kuburan ayahanda kami sudah duluan kami indahkan dengan batu kecil. Abang, kakak ipar dan anaknya yang sering berziarah, hampir setiap pagi mereka ke kuburan almarhum ayahanda. Di sana Aisha dan Aishwa bermain bersama anak abang yang juga hampir seumuran.

IMG_20220124_120038.jpg
Tugas di toko tetap saya lakukan

Ketika saya sudah berdiri jauh dengan kuburan almarhum ayahanda, handphone berdering dan adik ipar yang menelfon. Berhubung tugas di toko juga sudah menumpuk, melajukan motor pergi ke toko dahulu. Seperti biasa saya melakukan tugas sendiri, ketika siang saya harus pulang ke rumah. Melihat anak yang menunggu saya pulang, dari kejauhan memanggil ibunya dan menyapa. Kemudian saya meluangkan waktu bersama anak, setelah itu saya harus menyiapkan bekal jualan suami. Lanjut membersihkan rumah di sore hari, kemudian mandi sendiri dan memandikan anak yang kotor bermain di luar. Selesai mandi anak ke rumah ibu, sedangkan saya di rumah merapikan pakaian yang sudah bersih. Menunggu waktunya untuk shalat magrib, selesai magrib saya dan anak berbaring di kasur dan suami keluar jualan bakso bakar lagi.

IMG_20220124_163248.jpg
Kebahagiaan dua putri kecil

Sekian diary saya hari ini, teruslah berkarya di dunia steemit. Karena usaha sungguh akan membuahkan hasil yang tangguh. Salam saya @rika96

Terimakasih saya kepada :
@anroja @nazarul @herimukti @ikhsan01 yang telah membimbing saya sampai sekarang ini.

Sort:  
 3 years ago 

Selamat tman atas trplih pstingannya

 3 years ago 

Sepertinya keponakan saya sangat senang sekali.

 3 years ago 

This post has been rewarded by @steemcurator08 with support from the Steem Community Curation Project.

Follow @steemitblog to get info about Steemit and the contest.

Anroja

 3 years ago 

Semoga selalu dalam doa orang tua.

 3 years ago 

Amin. 🙏

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 68598.13
ETH 2704.77
USDT 1.00
SBD 2.72