25 reward postingan ini saya dedikasikan buat @steem.amal (The diary game kamis 27 mei 2021) |BELAJAR PERDANA USAI LEBARAN|

in Steem SEA3 years ago

Assalamualaikum wr wb.
Selamat malam sahabat stemean, selamat bermanja dengan keheningan malam, dan jangan lupa menyiapkan strategi untuk memecahkan teka-teki kehidupan😊.
Pada kesempatan ini saya ingin membagikan sebuah story saya pada hari ini, semoga membuat anda terhibur, selamat membaca!!! 👌

20210527_084852.jpg

SANTRI SEDANG BELANJA DIKANTIN

Pukul 5:30 subuh saya terbangun dari tidur, kemudian saya langsung mengambil uzuk dan segera bergegas kemushalla untuk melaksanakan shalat subuh.
Seusai shalat subuh saya mampir sebentar dikantin yang berada dekat mushalla, sayapun memesan segelas teh hangat, sebungkus nasi guri dan beberapa kue kering seperti bakwan untuk melengkapi sarapan pagi saya.
Nampak foto diatas ada beberapa santri sedang memesan minuman pada tgk yang jualan dikantin tersebut, sebut saja namanya 'tgk fadli S.H', beliau juga merupakan seorang staf pengajar dipesantren ummul ayman.
Beragam makanan dan minuman tersedia dikantin tersebut sebagai kebutuhan jajanan santri didayah ummul ayman.

20210527_184728.jpg

SANTRI BERSHALAWAT

Tak berlama lama di kantin sayapun kembali kekamar saya dan mengambil peralatan mandi untuk mandi, seusai mandi saya langsung bergegas kekelas untuk mengajar murid murid tercinta saya.
Pukul 8:30 wib saya tiba dilokal, sebagai mana biasanya bentuk adab dari seorong murid yaitu mereka akan berdiri sejenak saat guru masuk kedalam lokal dan mereka melanjutkan dengan bershalawat sebagai mana mestinya, seusai shalawat saya mempersilahkan mereka untuk duduk kembali dan menyuruhnya membuka kitab bajuri yang sekian lama tidak kami buka pasca libur puasa kemaren.
Seusai membuka kitab, sayapun bertanya pada mereka, sampai dimana sudah pelajaran kita?
Salah satu dari merekapun menjawab "kita sudah sampai difasal tentang iktikaf ya ustds, jawabnya".

20210526_092320.jpg

20210526_090807.jpg

MULAI BELAJAR KITAB KUNING

tak berlama lama lagi dengan mengucapkan bismillah juga doa kamipun langsung memulai pelajaran.
Sedikit ilmu dari saya tentang iktikaf semoga bisa bermanfaat bagi sahabat semua.
perlu kita garis bawahi yang bahwa iktikaf itu merupakan satu ibadah sunat yaitu dengan menetap didadalam masjid, namun sewaktu waktu iktikaf bisa berobah menjadi wajib jika kita telah mewajibkannya misalnya seseorang berkata "jika saya pulih dari sakit maka saya akan iktikaf dalam mesjid selama dua jam", maka saat orang tersebut pulih dia wajib melakukan iktikaf dimesjid selama dua jam karena iya telah mewajibkannya yaitu dengan bernazar.

20210526_104223.jpg

20210526_104221.jpg

SANTRI BERSALAMAN USAI BELAJAR

Pukul 10:30. Dua jam telah kami isi dengan belajar agama tibalah waktu pulang, sebagai mana biasanya sebulmu oara santri meranjak oulang kekamar, mereka bangun sejenak dan melantuntuk shalawat kemudian satu persatu dari mereka berantrian untuk berjabat tangan dengan saya sebagai bentuk adab seorang murid terhadap gurunya.
Seusai bersalaman mereka tidak langsung keluar melainkan menunggu saya untuk keluar terlebih dahulu, sesudah semuanya selesai akhrinya sayapun keluar duluan sembari mengucapkan salam "assalamualaikum". Dan merekapun serentak menjawab " waalaikumussalam". Sungguh tatakarama yang sangat luarbiasa ❤️.

20210527_185230.jpg

20210527_185218.jpg

NGOPI diMS COFFE

Setelah selesai belajar saya langsung pergi ke kedai samalanga tepatnya dikedai ms coffe shop, sesampai disana saya langsung bertemu dengan baristanya yaitu mas bimo dan sya langsung memesan segelas kopi idaman yaitu sanger panas kemudian saya langsung beranjak kemeja, sesampai disana saya berjumpa dengan dua kawan saya dan sayapun bergabung dengan mereka.
Dan inilah storyku hari ini, semoga menjadi motivasi buat kawan kawan semua, jika ada tanggapan, Jangan lupa dikoment ya!!! 🙏🙏

📷 PictureSmartphone
ModelSamsung galaxy m30
Photographer@nailul97
LocationAceh

Saya ucapkan Terima kasih kepada @anroja yang telah mengajak saya berpartisipasi di The Diary Game.
Terimakasih juga kepada :
@steemcurator08, @muzack1, @el-nailul, @nazarul, @ikhsan01, @khairil98 dan komunitas Asia Tenggara.


Salam @nailul97
Sort:  
 3 years ago 

Postingan ini telah dihargai oleh @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info tentang Steemit dan kontes.

Anroja

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.026
BTC 57419.72
ETH 2441.05
USDT 1.00
SBD 2.41